10 Cara Mengobati Tipes Secara Alami & Efektif Dirumah, Coba!

Resa Azzahra 0 Komentar

Kebiasaan buruk bisa menjadi penyebab tifus. Untuk mempercepat pemulihan, gunakan beberapa cara mengobati tipes secara alami berikut ini!

Indiffs – Penyakit tipes (tifus) atau demam tifoid adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh air atau makanan yang ter kontaminasi. Hal ini dapat mempengaruhi saluran usus, kemudian dapat menyebar ke aliran darah. Tifus sering terjadi akibat kebiasaan yang tak disadari, semisal seperti jajan sembarangan, minum air tak bersih, atau bahkan kebiasaan buruk lainnya dalam sehari-hari. Untuk itu kamu perlu memperhatikan sebagai bentuk atau cara mengobati gejala tipes dengan menjauhi hal yang dapat mengakibatkan tipus lebih parah.

Karena tipes disebabkan oleh bakteri yang disebut Salmonella typhi. Sehingga kondisi higniene yang buruk, minum yang tak aman, seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya. Hal tersebut bisa menjadi penyebab umum tifus. Untuk mempercepat pemulihan, gunakan beberapa cara ini sebagai pengobatan rumahan dengan pengobatan teratur. Dan berikut beberapa cara mengobati tipes yang bisa kamu lakukan:

1. Gunakan Kompres Air Dingin

Untuk memerangi demam tinggi, gunakan kompres dingin untuk menurunkan suhu. Kamu dapat Menggosok ketiak, kaki, selangkangan, dan tangan. Menerapkan kompres dingin pada ekstremitas menurunkan demam paling efektif.

Kamu juga bisa merendam waslap dalam air es, memeras kelebihan air dan meletakkannya di dahi. Ganti waslap sesering mungkin.

2. Bawang Putih

Bawang putih yang memiliki sifat antimikroba yang ada dalam bawang putih dapat membantu untuk melawan bakteri tipus. Bawang putih juga dapat mempercepat pemulihan, karena sifat antoksidannya ini dapat meningkatkan kekebalan dan mendetoksifikasi tubuh. Untuk itu kamu bisa memakan 2 siung bawang putih saat perut kosong. Akan tetapi sebaiknya jangan lakukan cara ini untuk ibu hamil maupun anak anak.

3. Cengkih

Manfaat Cengkih ini dapat melawan bakteri penyebab tifus. Minyak atsiri dalam cengkeh memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit tipus . Hal ini juga mengurangi mual dan muntah yang disebabkan karena tipus . Rebus air dengan cengkeh, saring dalam cangkir dan minum dua cangkir setiap hari.

4. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dapat membantu mengurangi keparahan demam dalam tubuh, dengan membatasi produksi lendir di sepanjang saluran pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru. Ini mengurangi jumlah pertumbuhan mikroba, yang dapat mengurangi gejala tipus. Sebagai bonus, daun jambu biji kaya akan zat besi dan vitamin C, yang keduanya dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh.

5. Jeruk

Kandungan jeruk ini kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi penting dalam jumlah yang besar. kandungannya dapat membantu mengisi kembali tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk melewati demam. Selain itu, jeruk mengandung air yang dapat mengurangi dehidrasi. Kamu bisa memakan beberapa potong atau 1 jeruk utuh, cara ini agar tubuh mendapatkan vitamin yang dibutuhkan. 

6. Delima

Delima ini bisa menjadi salah satu pengobatan rumahan yang efektif untuk melawan gejala tifus. Karena kandungannya dapat membantu dalam mencegah dehidrasi. Namun hal ini juga perlu dibarengi dengan resep obat dokter, buah ini bisa digunakan sebagai obat terapi tambahan. Dengan memakan buah delima atau ambil olah sebagai jusnya. Dan jangan lupa untuk istirahat yang cukup, makanan ringan, air bersih.

7. Pisang

 Kandungan yang ada dalam buah pisang ini dapat menurunkan demam dan mengobati diare pada penderita tifus. Karena pisang memiliki pektin, serat larut yang dapat membantu menyerap cairan sehingga dapat menyembuhkan diare. Kandungan kaliumnya dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang melalui gerakan longgar.

8. Susu Mentega

Buttermilk sarat dengan probiotik yang tidak hanya meningkatkan kesehatan usus tetapi juga mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu, membantu memecah protein yang dapat membantu proses pemulihan setelah demam berlalu. Ini adalah salah satu pengobatan rumah untuk tifus yang harus digunakan menjelang akhir demam.

9. Meminum Sari Cuka Apel

Sari cuka apel dapat menjaga pH yang tepat dalam tubuh. Dengan menarik keluar panas dari kelit dan mengurangi suhu tubuh. Hilangnya mineral karena diare dikopensasikan dengan sari cuka apel dapat membantu untuk mengatasinya. Campurkan satu sendok teh sari cuka apel dalam air, tambahkan madu jika perlu. Minum sebelum makan.

10. Tingkatkan Asupan Cairan

Demam tifoid dapat menyebabkan muntah dan diare yang dapat menyebabkan dehidrasi parah. Untuk mencegah dehidrasi, tetap minum cairan. Tetap terhidrasi juga membantu menghilangkan bahan limbah dan racun dari tubuh secara tepat waktu. Selain air, minum jus buah, air kelapa dan sup.

Oralit adalah solusi terbaik untuk mengatasi dehidrasi akibat demam tifoid. Pastikan kamu memiliki oralit yang direkomendasikan dokter. Beli sachet dari apotek mana pun atau simpan kemasan tetra rasa yang lezat di rumah. Kamu bahkan bisa membuatnya di rumah dengan mencampurkan gula dan garam ke dalam satu liter air matang.

Dan itulah 10 cara mengobati tipes atau meredakan tifus sebagai cara pengobatan alami rumahan. Semoga cepat sembuh yah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru