10 Cara Mudah Untuk Mengatasi Tumbuhnya Jerawat di Punggung

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Jerawat punggung sering memuat kita tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit. Untuk itu lakukan cara berikut untuk mengatasi jerawat punggung!

INDIFFS.COM – Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat pada punggung, yang terkadang keberadaannya membuat kamu tidak nyaman. Bukan hanya itu, jerawat pada punggung pun sering mengganggu penampilan, dan ini bisa menjadi sebuah tantangan karena terkadang sering menimbulkan rasa sakit.

Tak hanya itu, penyebab munculnya jerawat pada punggung ini tidak jauh berbeda dengan jerawat di bagian tubuh lain. Dimana jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak alami kulit (sebum).

Bukan itu saja, jerawat pada punggung ini sering dianggap sebagai bentuk jerawat yang cukup parah. Karena, jerawat ini sering menimbulkan dalam bentuk benjolan merah atau komedo. Dimana jerawat ini sering mengganggu dan menyebabkan rasa sakit.

Untuk itu, jerawat pada punggung ini harus cepat-cepat diatasi, meskipun tidak menular tapi, ini terkadang membuat punggung terasa perih.

Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Lakukan cara-cara berikut untuk bisa mengatasi dan menghilangkan jerawat pada punggung:

1. Selalu Menjaga Kebersihan Tubuh

Cara pertama yang harus kamu lakukan dalam membersihkan jerawat pada punggung ini ialah dengan menjaga kebersihan diri. Karena pasalnya, jerawat pada punggung ini muncul akibat keringat banyak yang menempel pada badan yang tidak dibersihkan.

Pada akhirnya, keringat tersebut akan menjadi sarang berkembang biak nya bakteri, dan ini menjadi pemicu tumbuhnya jerawat pada punggung kamu. Maka dari itu, rajin-rajinlah membersihkan diri untuk mencegah munculnya jerawat pada punggung.

2. Mandi Setelah Melakukan Olahraga

Setelah seharian melakukan aktivitas olahraga yang membuat keringat muncul pada tubuh kamu, sebaiknya bersihkan badan dengan cara mandi. Jangan biarkan keringat bekas olahraga menempel di badan kamu. Tentunya, ini akan mendorong pertumbuhan bakteri secara berlebihan. Untuk itu, segeralah mandi setelah berolahraga agar bakteri tersebut hilang dan sebaiknya mandilah menggunakan air yang mengalir.

3. Menggunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk mengatasi munculnya jerawat pada punggung, ialah dengan menggunakan pakaian yang menyerap keringat. Seperti yang sudah di ketahui sebelumnya, bahwasan nya jerawat pada punggung ini cenderung muncul akibat lembap nya pakaian yang disebabkan keringat.

Dengan itu, jika kamu akan melakukan olah raga gunakanlah pakaian yang mampu menyerap keringat kamu. Ini dilakukan agar keringat tidak akan menyumbat folikel rambut yang memicu terjadinya jerawat pada punggung.

4. Tidak Menggunakan Pakaian yang Ketat

Selanjutnya kamu sangat tidak disarankan untuk menggunakan pakaian yang ketat. Karena pasalnya, pakaian yang ketat bisa membuat kulit sulit bernapas dan ini akan meningkatkan produksi keringat pada kulit. Sehingga, keringat yang bercampur dengan minyak alami tubuh akan menyumbat pori-pori yang akhirnya akan menyebabkan komedo putih dan jerawat.

5. Mengganti Sprei

Penggunaan sprei yang terlalu lama, bisa menjadi pemicu tumbuhnya jerawat pada punggung kamu. Bukan tanpa alasan, melainkan sprei yang sudah lama tidak di ganti menjadi tempat berkembang biak nya bakteri. Bahkan, sprei yang sudah lama tidak dicuci bisa memicu tumbuhnya Backne pada tubuh, yang biasanya sering menghampiri mereka yang memiliki kulit sensitif.

6. Hindari Rambut yang Menjuntai

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat pada punggung ialah dengan mengikat rambut kamu. Memang terdengar sedikit aneh, namun rambut yang tergerai hingga ke punggung bisa memicu tumbuhnya jerawat di punggung. Ini terjadi karena kotoran dan minyak pada rambut bisa berpindah dan masuk ke dalam pori-pori kulit di punggung. Untuk itu, rambut yang menjuntai tidak disarankan untuk kamu yang memiliki jerawat pada punggung.

7. Lakukan Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi ini, bukan hanya pada wajah saja, melainkan pada jerawat yang berada di punggung juga bisa dilakukan. Dengan melakukan perawatan ini, sangat bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan minyak ekstra yang berada pada kulit.

Kamu juga bisa menggunakam scrub yang memiliki kandungan asam salicylic karena ini bisa mengurangi banyaknya kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori.

8. Mengunakan Pelembap yang Sesuai

Cara Selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi munculnya jerawat pada punggung ialah dengan menggunakan pelembap. Namun, perlu dipastikan bahwa pelembab yang kamu gunakan memiliki kandungan yang sesuai.

Kamu juga bisa menggunakan pelembab yang memiliki formula oil free dan non comedogenic untuk menghindari kelenjar minyak semakin banyak memproduksi sebum. Karena pasalnya, pelembab jenis ini juga bisa mencegah munculnya jerawat yang ada di punggung.

9. Hindari Makanan yang Memiliki Indeks Glikemik Tinggi

Makanan yang mengandung Indeks Glikemik tinggi, akan memicu tumbuhnya jerawat pada punggung kamu. Biasanya mengonsumsi makanan tinggi indeks glikemik dapat merangsang pelepasan hormon insulin di tubuh. Hormon insulin yang meningkat inilah akan memicu produksi sebum dan minyak di kulit dan akhirnya memicu munculnya jerawat di punggung.

Adapun makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi diantaranya roti putih, nasi putih, kentang goreng, minuman bersoda, dan makanan cepat saji lainnya.

10. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat pada punggung kamu ialah menghindari dari paparan sinar matahari langsung. Karena pasalnya, paparan sinar matahari langsung yang berlebihan akan menggelapkan jerawat dan bekas luka pada punggung kamu. Untuk itu, sebaiknya gunakan tabir surya agar kulit kamu tetap terlindungi dari terik sinar matahari secara langsung.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat pada punggung kamu. Namun, jika cara tersebut tidak berhasil, kamu bisa pergi konsultasi ke dokter agar di beri penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru