10 Ciri WhatsApp Disadap Oleh Orang Lain, Perlu Berhati-Hati!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Pengguna WhatsApp bisa mengenal ciri-ciri akun yang disadap atau dibajak. Berikut ciri WhatsApp yang disadap.

INDIFFS.com – WhatsApp yang menjadi salah satu platform bertukar pesan online, kini tak jarang dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan dunia maya yang berusaha menyadap akun WhatsApp seseorang. Pelaku kejahatan akan memperoleh data dan biasanya menjual data tersebut ke pihak lain atau menggunakannya sendiri untuk tujuan tertentu. Oleh karena itu, perlu kamu ketahui ciri WhatsApp yang disadap untuk berhati-hati.

Ciri WhatsApp Disadap

Pengguna juga bisa mengenal ciri-ciri akun mereka jika disadap atau dibajak. Berikut ciri WhatsApp disadap yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kode OTP

One time password (OTP) dikirimkan melalui SMS saat pengguna akan masuk ke akun WhatsApp. Jika ada SMS berisi kode enam digit tersebut, ada pihak lain yang mencoba mengakses akun di perangkat lain. Agar orang tersebut bisa masuk ke dalam akun, mereka harus mengisikan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS ke nomor yang dimasukkan saat login.

Hacker punya banyak cara licik untuk mendapatkan kode tersebut. Biasanya modus nya adalah mengirimkan pesan, berpura-pura salah kirim kode dan minta dikirim balik kode nya.

2. Akun WhatsApp Keluar Sendiri

Saat ini akun WhatsApp tak bisa digunakan pada dua perangkat secara bersamaan. Jika nomor yang sama digunakan pada perangkat lain, maka akun WhatsApp pada salah satu perangkat akan keluar dengan sendirinya.

Jika seperti ini, itu tandanya ada orang lain yang berusaha menyusup ke dalam akun WhatsApp Anda. Biasanya akan muncul notifikasi yang menginformasikan bahwa nomor telepon tidak lagi terdaftar dan telah didaftarkan pada telepon lain. Jika mendapatkan notifikasi seperti itu, jangan tekan ‘Oke’. Sebaiknya, lakukan verifikasi agar akun WhatsApp tidak berpindah ke ponsel lain.

3. HP Sering Panas

Jika baterai ponsel sering terkuras lebih cepat dari biasa dan melihat ada notifikasi pengunduhan yang sedang berlangsung tetapi tak dikenal, akun WA kamu berindikasi disadap oleh pihak ketiga. Tanda lain adalah HP sering panas dengan sendirinya bahkan ketika layar dimatikan. Gejala HP panas ini bahkan terasa lebih sering dari sebelumnya, maka kamu harus berhati-hati bahwa prosesor tengah melakukan pekerjaan berat dan kemungkinan disadap.

4. WA Sering Lemot dan Error

Jika WhatsApp tengah dimasuki orang lain, kamu mungkin memperhatikan bahwa ponsel kamu terutama WhatsApp, akan berjalan lebih lambat dari sebelumnya. Hal tersebut terjadi karena penggunaan RAM yang berlebihan untuk aplikasi tertentu.

5. Tidak Dapat Melakukan Panggilan

Untuk lebih yakin apakah akun WhatsApp kamu sedang disadap atau tidak, cobalah untuk menggunakan fitur panggilan WhatsApp. Biasanya, akun yang disadap tidak bisa menelpon kontak dalam akun WhatsApp mereka. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya pihak lainnya yang sedang menggunakan nomor telepon tersebut.

6. Cek WhatsApp Web

WhatsApp Web sudah bisa dipakai di empat perangkat berbeda. Karenanya wajib melakukan pemantauan pada WhatsApp Web dengan membuka titik tiga di pojok kanan, pilih WhatsApp Web.

Di sini akan terlihat di mana saja akun WA terkoneksi. Jika menemukan perangkat yang tidak dikenali, terkoneksi dengan WhatsApp kamu, itu artinya disadap. Remove langsung perangkat yang tidak dikenali seumpama menemukannya.

7. Pesan Terkirim Tanpa Sepengetahuan

Cara ini terbilang ampuh untuk memastikan akun kamu telah di-hack. Cobalah untuk memerhatikan aktivitas pengiriman pesan pada aplikasi WhatsApp kamu. Jika di dalamnya terdapat pemberitahuan pesan terkirim kepada seseorang tanpa sepengetahuan mu, kemungkinan pesan tersebut dikirim oleh pihak lain yang menyadap akun kamu.

8. Pesan yang Terbaca Padahal Belum Dibuka

Cara mengetahui WhatsApp disadap lainnya ialah dengan memerhatikan pesan masuk. Pesan yang sudah terbaca meskipun kamu belum membukanya mengindikasikan akun mu  sedang digunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Namun, hal ini hanya bekerja apabila kamu mengaktifkan tanda centang dua berwarna biru pada pesan yang telah dibaca. Jika kamu tidak mengaktifkan tanda centang tersebut, kamu masih bisa memerhatikan tanda angka pada notifikasi WhatsApp. Jika angka pada notifikasi pesan telah hilang padahal kamu belum membacanya, kemungkinan pesan tersebut telah dibaca oleh pihak lain yang menyadap akun kamu.

9. Ada Aplikasi Asing Terpasang

Keberadaan aplikasi tidak dikenal yang terpasang di smartphone harus untuk diwaspadai. Karenanya, menurut Nurcahya yang di lansir dari Kompas.com, aplikasi asing itu bisa jadi adalah alat yang digunakan pelaku untuk membajak WhatsApp. “Bisa jadi aplikasi ini adalah media yang digunakan oleh peretas untuk menyadap percakapan WhatsApp Anda,” ungkapnya.

10. Terlihat Online Padahal Tidak Aktif

Apabila status online namun WhatsApp sedang tidak aktif, kondisi tersebut bisa jadi tanda yang janggal, termasuk adanya potensi penyadapan. Untuk mengetahuinya, disarankan untuk melihat status WhatsApp kamu melalui akun lain, saat kamu tak sedang membuka aplikasi WhatsApp di ponsel maupun di desktop.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru