10 Hewan Terpintar di Dunia yang Jarang Diketahui!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut terdapat beberapa hewan terpintar yang ada di dunia, yang mampu meniru perilaku manusia. Berikut penjelasannya!

Indiffs – Tak hanya manusia yang memiliki kecerdasan, akan tetapi hewan juga memiliki kecerdasan. Memang secara keseluruhan kecerdasan yang dimiliki hewan tidak melebihi batas kecerdasan manusia. Namun, siapa sangka beberapa hewan ini termasuk dalam kategori hewan terpintar yang ada di dunia, berikut penjelasannya!

1. Gajah

Gajah

Gajah – DW

Ya, urutan yang pertama dalam daftar hewan terpintar di dunia adalah gajah. Siapa sangka hewan yang memiliki tubuh besar ini memiliki ingatan yang sangat baik dan tingkat kecerdasan emosional yang sangat tinggi. Memiliki otak seberat 5,4 kg. Seekor gajah bisa mengingat gajah atau manusia meski sudah bertahun-tahun tidak bertemu. Faktanya, gajah ini mampu mengenali bahasa manusia yang bisa di mengerti oleh gajah. Juga binatang yang memiliki tubuh besar ini mampu mengenali dirinya jika di hadapkan dengan cermin.

2. Orang Utan

Orang Utan

Orang Utan – Diskominfo Kaltim

Hewan terpintar selanjutnya ialah orang utan, kemampuan orang utan ini merupakan pengguna alat yang hadal dan mampu meniru perilaku manusia atau mengekspresikan naluri terprogram. Faktanya, mereka memiliki satu kemampuan yang sama dengan manusia, yang dikenal sebagai referensi pengungsi.

3. Kucing

Kucing

Kucing – kompas

Mungkin untuk jenis hewan yang satu ini tak aneh di dengar. Ya, kucing telah lama dianggap lebih pintar dari pada anjing. Memori superior kucing menjelaskan persepsi kecerdasan mereka yang lebih besar. Kucing memiliki memori 200 kali lebih kuat daripada anjing dan dapat mengingat detail sehari hingga 16 jam. Meskipun anjing mungkin lebih baik dalam membantu orang, namun nyatanya kucing memiliki otak yang jauh lebih pintar. Anjing hanya memiliki 160 neuron di otak dibandingkan dengan 300 neuron yang terdapat pada kucing, inilah yang menjadikannya salah satu hewan terpintar di Dunia.

4. Lumba Lumba

Lumba Lumba

Lumba Lumba – INews

Selanjutnya ialah lumba-lumba. Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang cerdas karena kemampuan lumba-lumba yang mampu memahami hubungan dengan manusia. Mungkin sebagian orang sudah banyak mengetahui tentang atraksi manusia dengan lumba-lumba. Otak lumba-lumba memiliki berat sekitar 3,5 lbs, dan membuat lumba-lumba memiliki rasio otak terbesar setelah manusia.

5. Burung Beo

Burung Beo

Burung Beo – Cermati.com

Kemampuan burung beo yang paling terkenal adalah mempelajari kata-kata dari bahasa manusia dan mengulangi nya kembali dengan ketepatan yang luar biasa. Ini karena DNA burung beo yang mampu berpikir secara abstrak, dan otak mereka tumbuh dengan cara yang menyerupai manusia.

Burung beo adalah makhluk ramah yang membutuhkan makhluk hidup lain untuk berinteraksi dan menghabiskan waktu bersama. Jika tidak, mereka mengalami depresi berat. Selain berbicara, burung beo menunjukkan tindakan cerdas umum lainnya, seperti menggunakan alat untuk memecahkan masalah. Mereka dapat belajar berbicara tentang berbagai pengaturan dan mengingat hingga seratus kata, bahkan lebih.

6. Kambing

kambing

kambing – Rumah Mesin

Siapa sangka ternyata binatang ternak yang satu ini termasuk ke dalam hewan yang memiliki kecerdasan yang bagus di banding hewan ternak lainnya lho. Kambing diyakini sama cerdasnya dengan lumba-lumba, paus, dan makhluk sangat cerdas lainnya. Bahkan kambing benar-benar memiliki sistem sosial yang canggih dan daya ingatan yang kuat. Bahkan, peneliti dari Institute of Agricultural Science di Swiss dan Queen Mary University of London berkolaborasi untuk mengembangkan tugas bagi kambing untuk menunjukkan kecerdasan kambing.

7. Anjing

Hewan Terpintar di Dunia

Anjing – Kompas

Anjing merupakan salah satu binatang yang sangat setia dan pintar, bahkan anjing sering di jadikan sebagai sahabat manusia yang ideal. Anjing terbaik dapat mempelajari bahasa manusia, memecahkan masalah, dan mengingat hubungan sebab-akibat. Tak hanya itu anjing telah melayani berbagai fungsi sepanjang sejarah, berkat kapasitas mereka untuk melaksanakan perintah yang rumit dari majikannya. Misalnya, anjing telah digunakan untuk mengendus penjahat, menjaga, menggiring, dan berburu.

8. Tikus

Hewan Terpintar di Dunia

Tikus – INews

Meski memiliki otak dan tubuh yang mungil, tikus ini adalah salah satu hewan terpintar yang ada di dunia lho. Tikus telah menunjukkan preferensi untuk hal-hal dan individu tertentu, seperti hewan peliharaan lainnya. Faktanya, tikus lebih mudah dilatih daripada spesies hewan pengerat rumah biasa, seperti kelinci misalnya.

Tikus belajar meniru perilaku tertentu dengan cepat jika dilatih dan diberi imbalan yang cukup seperti makanan. Namun, tikus akan lebih bahagia jika kamu mengajari nya lebih banyak trik karena ia akan memiliki lebih banyak stimulasi mental dan peluang untuk mendapatkan lebih banyak hadiah.

9. Simpanse

Hewan Terpintar di Dunia

Simpanse – Kompas

Binatang yang memiliki kecerdasan bagus selanjutnya ialah simpanse, ya seperti mirip dengan orang utan namun nyatanya ini berbeda. Simpanse dapat mengalami berbagai emosi, membentuk ikatan dengan berbagai jenis hewan, berbicara dengan lancar kepada manusia dan hewan lainnya. Simpanse juga sering meniru bagaimana anak-anak kecil menghabiskan hari-hari mereka dan kira-kira sama cerdasnya dengan anak berusia lima tahun. Bahkan, simpanse ini bisa menangis saat sedih dan tertawa saat bersenang-senang.

10. Berang-Berang

Hewan Terpintar di Dunia

Berang Berang – Liputan6

Berang-berang merupakan binatang yang suka berteman dengan sistem sosial yang maju dan rasa ingin tahu yang tinggi. Para ibu dan kelompok bentukan muda mereka memanggil keluarga untuk saling melindungi dari pemangsa dan memperoleh sumber daya yang mereka butuhkan untuk berkembang. Tak hanya itu, berang-berang juga termasuk ke dalam binatang pecinta kebersihan diri. Bukan tanpa alasan, kalau bulunya kotor mereka akan sulit menghangatkan diri dan ingin membersihkan badannya.

Itulah beberapa hewan yang memiliki kecerdasan melebihi dari hewan-hewan lainnya. Namun, tetap jika kamu ingin memiliki hewan peliharaan yang pintar kamu perlu melatihnya di usia kecil.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru