10 Jenis Sayur Yang Baik Untuk Ibu Hamil, Agar Si Bayi Sehat!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Mengonsumsi sayur bagi ibu hamil sangat diperlukan karena terdapat kandungan nutrisi dalam sayuran yang baik untuk janin.

Indiffs – Dalam masa kehamilan, asupan nutrisi sangat penting dan harus diperhatikan. Makanan yang sehat dapat menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Kurangnya asupan nutrisi akan berakibat buruk bagi tubuh serta tumbuh kembang janin dalam rahim. Seperti halnya sayur kaya nutrisi yang perlu untuk ibu hamil. Mengkonsumsi sayuran hijau sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah kelelahan, pusing serta anemia.

Jenis Sayuran untuk Ibu Hamil

Ada banyak jenis sayuran sehat dan bernutrisi yang baik untuk kehamilan. berikut 10 jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil:

1. Brokoli

Jenis sayur yang baik bagi ibu hamil yang pertama adalah brokoli. Brokoli mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti serat, vitamin, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Karena kandungan seratnya yang tinggi, sayuran untuk ibu hamil yang satu ini juga dapat membantu mencegah sembelit. Mengkonsumsi sayuran untuk ibu hamil yang berdaun hijau juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko berat badan lahir rendah.

2. Kale

Kale merupakan salah satu pilihan sayur untuk ibu hamil karena mengandung berbagai nutrisi yang baik. Di dalamnya, terkandung vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Tidak hanya itu, kale juga dapat memenuhi lebih dari 10 kali kebutuhan vitamin K harian. Ini sangat penting untuk mendukung pembekuan darah dan mencegah kekurangan vitamin K saat bayi lahir.

3. Bit

Bit kaya akan kandungan nitrat yang dapat diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Zat ini berperan dalam menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah. Selain vitamin C, asam folat, dan zat besi yang tinggi, bit juga akan menyehatkan sistem pencernaan saat hamil. Konsumsi bit juga dapat menurunkan risiko diabetes gestasional karena bit mengandung senyawa kimia yang dapat mengendalikan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh.

4. Buncis

Dalam 150 gram buncis mengandung 28 kalori, 5,66 karbohidrat, 2,6 gram serat, 1,94 gram gula, 1,42 gram protein. Selain itu, buncis juga kaya akan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin K, dan folat.

5. Kol

Kol mengandung tinggi serat yang bisa melancarkan pencernaan. Sembelit merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Asam folat yang ada pada kol baik untuk tumbuh kembang janin. Asam folat mampu mengatur sel saraf pada otak si Kecil yang memengaruhi kecerdasannya.

Kol mengandung rendah kalori sehingga cocok untuk dikonsumsi ibu hamil yang rentan mengalami kenaikan berat badan. Selain itu kol juga bisa membantu ekskresi atau mengurangi cairan berlebih pada kaki ibu hamil. Sehingga bisa terhindar dari masalah kaki bengkak selama masa kehamilan.

6. Daun singkong

Daun singkong yang diolah dengan cara yang tepat untuk ibu hamil mampu mengatasi kondisi kekurangan darah. Ini disebabkan karena kandungan nutrisinya yang kaya, mulai dari vitamin B1, vitamin C, fosfor, zat besi, karbohidrat, lemak serta protein.

Selain itu, daun singkong dipercaya dapat meningkatkan selera makan. Kandungan vitamin C yang ada pada daun singkong bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

7. Kacang polong

Kacang merupakan sumber protein serta sumber zat besi, asam folat, kalium, magnesium, dan asam lemak esensial yang sangat baik dan penting ketika hamil. Makanan ini juga merupakan sayuran untuk ibu hamil yang bagus untuk mendapatkan serat guna membantu mencegah dan meredakan sembelit dan hemoroid.

8. Wortel

Wortel mengandung banyak beta karoten yang berguna untuk perkembangan sel dan jaringan saraf pada janin. Selain itu, sayuran ini mengandung kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi bayi, serta mampu memperkuat sistem imun ibu selama masa kehamilan.

9. Biji gandum

Biji-bijian utuh menghasilkan 8 gram protein, 5 gram serat dan hampir 3 gram zat besi per cangkir yang dimasak, bersama dengan sejumlah kecil kalsium, magnesium, kalium dan seng. Keuntungan lainnya, biji gandum bisa dimasak dalam waktu kurang dari 20 menit.

10. Tomat

Tomat memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Tidak hanya itu tomat juga sangat baik untuk dikonsumsi perempuan yang sedang hamil. Kandungan vitamin C dan zat besi yang tinggi dalam tomat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel pada ibu hamil. Tomat mudah diolah menjadi berbagai hidangan, mulai dari sayur tumis, jus tomat, hingga sup tomat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru