10 Kebiasaan Yang Menyebabkan Kulit Keriput, Jangan Sepelekan!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Selain karena faktor penuaan, ternyata terdapat sejumlah kebiasaan yang bisa menyebabkan kulit menjadi keriput.

INDIFFS.COM – Memiliki kulit keriput dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitasnya dan menjadi rapuh. Jumlah minyak alami di kulit juga dapat membuat kulit kering dan terlihat berkeriput. Akan tetapi, selain karena faktor penuaan ternyata ada sejumlah kebiasaan yang bisa menyebabkan kulit menjadi keriput.

Kebiasaan yang Menyebabkan Keriput

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini terdapat beberapa kebiasaan buruk yang dapat menjadi penyebab kulit cepat keriput.

1. Tidur di Atas Permukaan Kasar

Membiarkan tidur di atas sarung bantal yang kasar atau bantal yang sudah tidak empuk bisa membuat kulit wajah kamu menua lebih cepat. Tidur di atas permukaan yang kasar dapat mengiritasi kulit dan menekan wajah selama berjam-jam. Akibatnya, bisa menimbulkan kerutan pada kulit. Maka dari itu, sebaiknya kamu mengganti sarung bantalmu dengan kain yang lebih lembut. Kain berbahan silk atau katun lembut bisa menjadi pilihan saat kamu membeli sprei dan sarung bantal selanjutnya.

2. Begadang

Tidur merupakan hal yang penting untuk membuat tubuh berenergi dan meningkatkan konsentrasi saat mengerjakan sesuatu. Kurang tidur karena begadang dapat membuat tanda-tanda penuaan semakin terlihat jelas dan fungsi penghalang kulit buruk. Ini dibuktikan dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada Januari tahun 2015 lalu.

3. Tidur dengan Posisi yang Salah

Kebiasaan lain yang dapat menyebabkan keriput yaitu tidur dengan posisi yang salah. Posisi tidur yang menjadi pemicu munculnya keriput adalah miring atau tengkurap. Kedua posisi tersebut akan membuat wajah mendapatkan banyak tekanan, sehingga memicu munculnya garis halus di bagian pipi dan mata.

4. Tidak Memakai Pelembab

Area mata lebih rentan terhadap kerutan karena tidak memiliki kelenjar minyak, yang dapat menyebabkan kekeringan lebih sering. Karenanya, berinvestasi pada pelembab atau krim mata yang berkualitas bisa membantu mengurangi tampilan kerutan. Kamu bisa memilih produk yang mengandung retinoid, peptida, dan turunan vitamin A, sebab dapat merangsang produksi kolagen.

5. Tidak Menghapus Riasan Wajah

Selelah apapun, jangan pernah lupa untuk membersihkan wajah yang penuh dengan makeup. Membiarkan wajah dengan riasan sepanjang malam tidak baik untuk kulit. Jika membiarkan riasan wajah semalaman bisa membawa banyak dampak buruk pada wajah kamu. Pasalnya, riasan dapat menyumbat pori hingga menimbulkan jerawat, maskara, eyeliner, atau eye shadow kamu mungkin juga mengiritasi mata kamu. Pastikan untuk tidak melewati beauty routine di malam hari. Setidaknya kamu harus membersihkan wajah dua kali dengan menggunakan micellar water atau oil cleansing, dan memakai sabun wajah.

6. Membersihkan Riasan Wajah dengan Kasar

Selain tidak membersihkan makeup, kebiasaan membersihkan riasan wajah dengan kasar juga bisa menyebabkan wajah kamu keriput. Kulit wajah kamu lebih tipis dan sensitif dibandingkan dengan area tubuh lainnya. Oleh sebab itu, kulit wajah harus dirawat dengan halus dan lembut, termasuk saat membersihkan riasan.

7. Kurang Nutrisi

Menjaga pola makan nyatanya penting untuk meminimalisir tampilan kerutan dini. Kamu harus minum setidaknya 2-3 liter air setiap hari untuk membalikkan kerutan. Banyak penelitian menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Karena, makanan yang kaya vitamin C dapat membantu produksi kolagen dan juga melawan radikal bebas.

8.Kebiasaan Mengunyah Permen Karet

Jika hanya dikonsumsi sesekali saja, mengunyah permen karet tidak akan menyebabkan keriput. Namun, jika hal ini dilakukan setiap hari bahkan beberapa kali dalam sehari, maka akan memicu munculnya keriput di area pipi dan sekitar mulut.

9. Merokok dan Minum Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol, terutama sebelum tidur, hanya akan membuat kamu dehidrasi. Kondisi ini adalah penyebab kekeringan di wajah, yang berujung pada munculnya banyak kerutan. Sementara itu, kandungan nikotin pada rokok bisa menimbulkan kerutan dan kekusaman di kulit seluruh area tubuh. Terlebih lagi saat merokok, mulut kamu terus-menerus mengerucut untuk melakukan isapan. Jadinya, risiko terbentuknya lipatan dan keriput di kulit dapat meningkat berkali-kali lipat.

10. Jarang Minum Air Putih

Tubuh yang kekurangan air putih akan mengalami dehidrasi dan ini sangat merugikan tubuhmu. Selain kehausan, orang yang dehidrasi juga akan merasakan pusing dan kram otot. Dehidrasi juga dapat merugikan kulit karena kandungan air dalam jaringan-jaringan tubuh tertarik. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering, muncul cekungan di kulit, tidak elastis dan membuat penampilan lebih tua.

Nah, itulah kebiasaan-kebiasaan penyebab kulit keriput yang sering disepelekan. Dengan mengetahui beberapa kebiasaan tersebut, kamu mungkin dapat menghindarinya agar kulit tidak cepat keriput.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru