10 Makanan Penyebab Usus Buntu, Sangat Perlu Diperhatikan!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Banyak faktor yang diduga dapat memicu penyakit usus buntu ini, salah satunya adalah makanan penyebab usus buntu.

INDIFFS.COM – Penyakit usus buntu atau dalam bahasa medis dikenal sebagai apendisitis adalah kondisi ketika apendiks atau sebuah kantung yang merupakan bagian dari usus besar yang terletak di sisi kanan bawah perut mengalami peradangan. Banyak faktor yang diduga dapat memicu penyakit ini, salah satunya adalah makanan penyebab usus buntu.

Makanan Penyebab Usus Buntu

Orang yang memiliki kondisi ini ditandai dengan gejala mual, muntah, penurunan nafsu makan, nyeri perut mendadak yang bermula dari sisi kanan perut bagian bawah, nyeri perut yang bermula di sekitar pusar dan pindah ke perut bagian bawah, demam, serta perut kembung. Ada sejumlah makanan penyebab usus buntu yang dilansir dari berbagai sumber, berikut ini:

1. Makanan Pedas

Makanan pedas seperti cabai dan paprika, kerap disebut sebagai makanan penyebab usus buntu. Hal ini karena mengonsumsi makanan pedas berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada saluran cerna, sehingga memicu terjadinya radang usus buntu.

Pada beberapa kasus, dokter kerap menemukan biji cabai dan paprika saat proses operasi usus buntu. Hal ini menimbulkan asumsi bahwa biji cabai dan paprika sulit dicerna, sehingga menyebabkan penyumbatan serta peradangan pada usus buntu.

Namun, hal tersebut belum terbukti secara medis, karena minimnya angka kasus usus buntu akibat biji cabai maupun paprika. Meski demikian, Anda tetap disarankan untuk membatasi konsumsi makanan pedas, terutama yang mengandung cabai dan paprika serta bijinya.

2. Buah Berbiji

Buah-buahan yang mengandung biji di dalamnya, seperti anggur, jeruk, dan jambu biji diduga dapat menyebabkan penyakit usus buntu. Hal ini karena biji-bijian dari buah tersebut sulit dicerna oleh usus dan akhirnya dapat menyumbat usus buntu. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi buah-buahan tersebut. Anda tetap bisa mengonsumsi buah yang berbiji setelah menghilangkan bijinya terlebih dahulu.

3. Daging Merah

Daging juga berpotensi menjadi makanan penyebab usus buntu. Para peneliti di India menemukan suatu kasus seorang wanita yang berusia 38 tahun di diagnosis menderita penyakit usus buntu akibat terkontaminasi cacing pita dari spesies Taenia atau biasa dikenal sebagai ‘cacing pita sapi’ yang umumnya hidup di dalam tubuh sapi. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan daging terlebih dahulu kemudian masak sampai benar-benar matang sebelum Anda mengonsumsi nya.

4. Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Makanan yang mengandung pemanis buatan sebaiknya Anda hindari atau setidaknya batasi konsumsi nya. Apabila dikonsumsi secara berlebihan bukan tidak mungkin dapat menyebabkan peradangan pada usus yang bisa berujung pada penyakit usus buntu.

5. Makanan Mengandung Garam Tinggi

Makanan yang mengandung penyedap rasa serta bumbu instan lainnya, seperti mi instan dapat menjadi makanan penyebab usus buntu. Hal ini karena makanan yang memiliki kandungan garam tinggi bisa menyebabkan iritasi pada usus.

6. Makanan yang Digoreng

Gorengan atau makanan yang digoreng mengandung lemak tinggi yang bisa menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi makanan tinggi lemak sangat dilarang jika Anda menderita radang usus buntu atau dalam periode pasca operasi, karena makanan ini sulit dicerna.

7. Minuman Ber-Alkohol

Minuman mengandung alkohol juga secara tidak langsung bisa meningkatkan risiko penyakit usus buntu. Sifat keras yang dimiliki minuman beralkohol disebut-sebut dapat melukai usus dan lama-kelamaan bisa menyebabkan usus mengalami peradangan yang berujung pada penyakit usus buntu.

8. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji biasanya mengandung sedikit atau bahkan tanpa serat. Oleh karena itu, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji juga dapat memicu sembelit yang merupakan salah satu faktor risiko terjadinya radang usus buntu.

9. Makanan Rendah Serat

Daging dan produk olahan nya, seperti bakso dan sosis, juga berpotensi menjadi makanan penyebab usus buntu. Hal ini karena rendahnya kandungan serat dalam makanan tersebut yang bisa menyebabkan sembelit, bahkan memicu radang usus buntu. Untuk meminimalkan risiko radang usus buntu, Anda sebaiknya membatasi konsumsi makanan tersebut atau mengimbangi nya dengan konsumsi sayuran.

10. Makanan yang Tidak Hancur Dikunyah

Makanan yang tersumbat menjadi salah satu penyebab usus buntu. Potongan kecil makanan dapat memblokir permukaan rongga di sepanjang usus buntu. Hal tersebut dapat memicu pembengkakan dan pembentukan nanah. Potongan kecil makanan tersebut akan memicu bakteri berkembang biak dalam usus buntu. Jika tidak diatasi dengan baik, peradangan tersebut akan menyebabkan usus buntu pecah dan menyebarkan bakteri ke seluruh tubuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru