10 Manfaat Melinjo (Tangkil) Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Resa Azzahra 0 Komentar

Walupun memiliki rasa yang agak pahit, manfaat melinjo ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu, kulitnya pun tak kalah bermanfaat

Indiffs – Buah melinjo atau buah tangkil yang sering diolah sebagai campuran sayur asam atau emping. Tak hanya digunakan sebagai bahan makanan. Manfaat dari buah melinjo atau manfaat tangkil ini bisa mengobati masalah penyakit pada tubuh manusia.

Tanaman ini dipercaya ampuh mengobati gigitan anjing, dan dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit anemia. Pasalnya, kandungan protein dalam melinjo dapat membantu dalam proses menangkal radikal bebas, radikal bebas ini dapat menyebabkan penyakit hipertensi. Kandungan antioksidan dalam melinjo ini setara dengan antioksidan vitamin C, hal inilah yang membuat melinjo baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Melinjo Atau Tangkil

Seperti diketahui, buah tangkil atau melinjo mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Lantas apa saja manfaatnya? Simak berikut ini:

1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Penyakit hipertensi dapat diatasi secara alami dengan mengonsumsi melinjo secara rutin, hal ini akan membuat tekanan darah tinggi menjadi normal kembali. Pasalnya, kandungan antioksidan yang ditemukan pada tangkil sangat baik untuk mencegah dan mengatasi penyakit hipertensi. Serta sebuah protein yang ada dalam buah ini dapat mengatasi darah tinggi dengan baik. Akan tetapi, sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya.

2. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Tak hanya buahnya, kulit melinjo ini bisa menjadi salah satu sumber kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Karena mineral kalsium sangat dibutuhkan untuk membangun serta memelihara kekuatan tulang maupun gigi.

Kekurangan kalsium dapat melemahkan kekuatan tulang, karena tubuh yang tidak mendapatkan asupan kalsium akan mengambil mineral ini dari tulang. Agar tubuh lebuh efektif menyerap kalsium, kamu bisa juga perlu mengonsumsi asupan vitamin D.

3. Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit yang terjadi karena tubuh kehilangan sel-sel darah merah yang dapat menyebabkan tidak adanya oksigen yang cukup dalam tubuh. Anemia ini akan menyebabkan tubuh menjadi lemah, lelah hingga tidak bersemangat. sakit kepala dan pusing menjadi gangguan utama yang menyebabkan tubuh semakin melemah. Dengan mengonsumsi buah tangkil ini dapat menambah jumlah sel darah merah sehingga bisa membantu mengatasi anemia.

4. Menjadi Obat Luka

Jika ada seseorang terkena gigitan anjing atau luka lain, buah melinjo ini bisa menjadi obat alami dalam mengatasi luka. Buah melinjo ini bisa diolah dengan menumbuk daun melinjo dengan menambah bawang putih, lalu terapkan pada luka selama beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih. Luka akan menjadi cepat kering dengan kandungan antioksidan alami pada daun melinjo.

5. Membantu Dalam Melindungi Otot

Kandungan protein merupakan zat gizi yang penting dalam koordinasi dan kontraksi otot. Protein di dalamnya dapat dijumpai pada jaringan otot yang memberikan struktur pada otot. Pertumbuhan otot juga tergantung pada jumlah protein dalam tubuh. Menjaga asupan protein juga membantu mencegah kehilangan massa otot ketika Anda menjalani program menurunkan berat badan.

6. Menambah Stamina

Buah ini tentunya bisa menjadi salah satu makanan ringan yang dapat meningkatkan stamina. Melinjo yang diolah menjadi berbagai makanan ringan dengan menjadikannya cemilan yang mengenyangkan dan memiliki kalori yang rendah serta dapat membuat tubuh menjadi lebih semangat. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang terdapat kandungan melinjo yang diolah menjadi emping.

7. Memperlancar Urin

Ketika kamu mengalami masalah urin yang tak lancar, melinjo ini bisa menjadi solusinya. Untuk mengatasi masalah ini maka kamu bisa mengonsumsi buah melinjo dengan cara merebusnya.

8. Bahan Pengawet Alami

Ekstrak yang dihasilkan dari buah melinjo banyak mengandung flavonoid dan antioksidan alami. Bahan-bahan ini ternyata bisa menjadi pengawet alami yang sangat baik untuk mengawetkan makanan tertentu. Buah ini juga dapat mengurangi potensi perkembangan bakteri dan jamur pada makanan. Bahkan olahan dari melinjo tidak membutuhkan bahan pengawet dan tetap bisa bertahan lama tanpa berjamur atau rusak.

9. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan antioksidan yang bekerja untuk menyerang semua radikal bebas dalam tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan bahan antioksidan yang ditemukan pada buah melinjo bisa bekerja seperti vitamin C yang ditemukan pada buah-buahan.

10. Memperkuat Ingatan

Kandungan antioksidannya dapat membantu meningkatkan daya ingat. Hal ini terjadi karena pohon melinjo adalah salah satu jenis pohon yang termasuk dalam tanaman Ginko atau tanaman yang memang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Buah melinjo bisa memperkuat daya ingat karena bisa mendukung pertumbuhan sel-sel aktif dalam otak dan darah.

Nah itulah 10 manfaat melinjo yang dapat kamu ketahui manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru