10 Manfaat Minyak Ikan Yang Baik Bagi Kesehatan

Resa Azzahra 0 Komentar

Manfaat minyak ikan ini sering kali digunakan sebagai suplemen kesehatan. Makanan yang mengandung asam lemak Omega 3 yang tinggi

Indiffs – Sudah tak di herankan lagi, manfaat minyak ikan ini sering kali digunakan sebagai suplemen kesehatan. Makanan yang mengandung asam lemak Omega 3 yang tinggi. Asam lemak ini merupakan nutrisi penting yang berasal dari makanan.

Minyak ikan berasal dari ikan yang tidak sembarangan diperoleh dari ikan berlemak atau berminyak. Seperti ikan meckerel, tuna, trout, herring, salmon dan sarden. Minyak ikan ini banyak mengandung Vitamin A dan D tiap 100 gram dari ikan yang mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak Omega 3.

Omega-3 utama dalam minyak ikan adalah asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), sedangkan omega-3 dalam sumber nabati masuk kategori asam alpha-linolenic (ALA). Meskipun ALA adalah asam lemak esensial, tetapi EPA dan DHA memiliki lebih banyak manfaat buat kesehatan.

Manfaat Minyak Ikan

Berkat kandungan asam omega-3 di dalamnya, minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu, berikut adalah sejumlah manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi minyak ikan:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan minyak ini bisa digunakan sebagai cara alami menjaga kesehatan mata. Asam lemak Omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan mampu mencegah penyakit degenerasi makula. Omega 3 ini merupakan komponen yang sangat penting untuk kesehatan retina kerana ia memperbarui sel-sel pada retina secara alami.

2. Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil

Omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan awal pada bayi. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mendapatkan cukup omega-3 selama kehamilan dan saat menyusui.

Suplemen minyak ikan pada ibu hamil dan menyusui dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata pada bayi. Mengonsumsi suplemen minyak ikan selama kehamilan dan menyusui juga dapat meningkatkan perkembangan visual bayi dan membantu mengurangi risiko alergi.

3. Membantu Mengobati Gangguan Mental

Gangguan mental dan gangguan jiwa memiliki kadar Omega 3 darah yang lebih rendah. Dan minyak ikan ini bisa menjadi suplemen yang dapat mencegah timbulnya atau memperbaiki gejala beberapa gangguan jiwa. Misalnya, dapat mengurangi gangguan psikotik pada mereka yang berisiko.

Sementara itu, minyak ikan dalam dosis tinggi dapat mengurangi gejala skizofrenia dan gangguan bipolar.

4. Menurunkan Berat Badan

Obesitas dapat secara signifikan meningkatkan risiko penyakit lain, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Suplemen minyak ikan dapat memperbaiki komposisi tubuh dan menurunkan faktor risiko penyakit jantung pada orang dengan obesitas.

Pasalnya, suplemen minyak ikan yang dikombinasikan dengan diet atau olahraga, dapat membantu menurunkan berat badan secara optimal.

5. Mengobati Gejala Depresi

Orang yang memiliki gejala depresi berat tampaknya memiliki kadar omega-3 dalam darah yang lebih rendah. Oleh karena itu,  minyak ikan dan suplemen omega-3 dapat memperbaiki gejala depresi. Dengan kandungan minyak yang kaya EPA membantu mengurangi gejala depresi lebih dari DHA.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Asam lemak omega 3 membuat blok bangunan penting untuk struktur dan membran sel otak. Akibatnya, mereka sangat penting untuk fungsi otak yang optimal. Selanjutnya, asam Omega 3 juga diperlukan untuk kinerja sel saraf yang memadai.

Telah ditunjukkan dalam penelitian tertentu bahwa minyak ikan dapat membantu meningkatkan daya ingat, meskipun seiring bertambahnya usia, efek ini cenderung menurun.

7. Mengurangi Lemak Hati

Hati manusia memproses sebagian besar lemak dalam tubuh dan dapat berperan dalam penambahan berat badan. Penyakit hati semakin umum ditemukan, terutama penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD), di mana lemak menumpuk pada hati

Suplemen minyak ikan dapat meningkatkan fungsi hati dan peradangan, yang dapat membantu mengurangi gejala NAFLD dan jumlah lemak di hati.

8. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Kesehatan kulit dapat menurun seiring bertambahnya usia atau faktor terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan. Hal ini dapat mencegah beberapa penyakit kulit seperti psoriasis dan dermatitis.

Kulit yang sehat dapat memberikan tampilan kulit yang cantik pada seseorang. Kulit merupakan organ terbesar di tubuh manusia yang mengandung banyak asam lemak omega 3.

9. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan minyak ikan yang memang kaya manfaat yang dapat membantu mencegah radikal bebes. Radikal bebas ini memiliki kaitan erat dengan proses penuaan dini. Kandungan EPA di dalamnya dapat membantu memblokir pelepasan enzim diinduksi UV yang mengikis kolagen yang menyebabkan garis dan kulit menjadi kendur.

10. Mengatasi Jerawat

Manfaat yang terakhir, minyak ikan ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi jerawat. Pasalnya kandungan Omega 3 yang kaya akan manfaat ini, dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan jerawat. Dengan mengonsumsi minyak ikan dapat membantu mengontrol minyak di wajah dan meningkatkan hidarasi kulit yang semaunya dapat mengatasi jerawat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru