10 Manfaat Tape Singkong Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ternyata bukan hanya olahan makanan biasa yang lumrah, tape singkong ini memiliki manfaat di dalamnya salah satunya dapat mencegah hipertensi

Indiffs – Siapa sih, yang tidak tau terhadap olahan makanan yang satu ini? Kebanyakan orang pasti sudah tau bahkan mengenal dengan makanan yang satu ini. Apalagi cita rasa yang di sajikan pada olahan makanan yang satu ini begitu terasa. Ya, tape singkong yang memiliki cita rasa yang manis bercampur asam serta memiliki tekstur lembut, yang membuat orang ketagihan setiap kali mencicipinya.

Terkadang juga tape singkong sering dijadikan sebagai buah tangan, apa lagi ter-khusus di daerah jawa barat ini. Tape singkong selalu menjadi buah tangan yang utama bagi sebagian orang yang mengunjungi daerah bandung, jawa barat ini. Namun siapa sangka olahan makanan ini ternyata memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya lho. Penasaran apa saja manfaat yang terkandung dalam tape singkong ini?

Manfaat Tape Singkong:

Penasaran manfaat apa saja yang dihasilkan dari makanan tradisional satu ini? Berikut manfaat luar biasa tape singkong bagi kesehatan:

1. Melancarkan Proses Pencernaan

Pernah mendengar tidak setiap kali mengonsumsi tape atau segala sesuatu makanan yang di fermentasi membuat ingin buang air? Mungkin sebagian dari kalian pernah mendengar. Tetapi itu memang benar bahwa hasil fermentasi pada singkong ini dapat membuat pencernaan lancar karena beberapa kandungan yang terkandung di dalamnya. Bahkan menurut sebuah World Journal of Pharmaceutical and Life Sciences, proses fermentasi yang terjadi untuk membuat tape singkong mampu meningkatkan produksi probiotik serta asam laktat. Pribiotik ini berfungsi dapat membantu menjaga daya tahan tubuh serta dapat melancarkan pencernaan.

2. Dapat Mencegah Anemia

Ternyata tape singkong ini cocok buat kamu yang sering mengalami anemia karena faktanya kandungan yang terkandung dalam tape singkong ini yakni kandungan mikroorganisme yang ada dalam ragi tape singkong dipercaya membantu produksi vitamin B12 bagi tubuh. Vitamin tersebut dapat membantu produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Maka dari itu tape singkong ini dapat membantu untuk mencegah anemia.

3. Menjaga Otot Serta Saraf

Pada proses fermentasi lah kandungan yang terdapat pada tape singkong ini bisa bermunculan seperti vitamin B1, yang di dapatkan pada proses fermentasi. Dengan kandungan vitamin tersebut dapat memberikan daya tahan pada tubuh serta dapat menjaga kekuatan otot dan saraf, maka dari itu biasanya setelah mengonsumsi tape singkong ini merasa lebih ber-energi itu karena beberapa kandungan di dalamnya.

4. Dapat Membuang Racun dalam Tubuh

Racun yang terdapat pada tubuh akibat beberapa asupan makanan yang di konsumsi namun dengan demikian tepe singkong ini dapat membantu membuang racun yang terdapat di dalam tubuh lho. Adanya aflatoksin atau senyawa beracun dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai hal, salah satunya adalah karena mengonsumsi makanan fermentasi lain yang mungkin mengandung aflatoksin. Akan tetapi sedikit berbeda dengan kandungan yang terkandung dalam proses fermentasi tape singkong ini akan membantu untuk membuang racun dalam tubuh, karena akan melancarkan proses pencernaan.

5. Dapat Menjadi Menu Diet

Kata siapa nih setiap orang yang akan melakukan diet tidak boleh mengonsumsi tape singkong ini karena tidak baik bagi pencernaan, itu salah ya. Karena faktanya tape singkong ini bisa menjadi menu diet kamu lho. Karena tape memiliki kandungan karbo, namun mudah diserap oleh organ pencernaan kita. Maka dari itu kandungan tape ini baik buat kamu yang ingin diet, akan tetapi perlu di perhatikan pola makan yang sehat juga dan jangan jadikan ini sebagai menu utama.

6. Menyembuhkan Jerawat

Kandungan dalam tape ini yang bisa menghilangkan aflatoksin atau senyawa beracun pada tubuh salah satunya racun yang tumbuh dan menjadi jerawat. Sedikit terdengar aneh namun ini memang adanya, kamu juga bisa memakan tape ini sebagai salah satu makanan yang berkhasiat terutama bagi penyembuhan jerawat.

7. Menjadi Sumber Energi

Kandungan karbohidrat yang banyak yang terkandung dalam tape ini yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Dalam artian dengan mengonsumsi tape singkong ini juga dapat menambah kebugaran pada tubuh serta protein di dalam tubuh. Namun pastikan juga terhadap mengonsumsi tape ini tidak secara berlebihan.

8. Mampu Menguatkan Tulang

Kandungan seperti mineral penting untuk tulang, seperti kalsium dan fosfor. Karena itulah tape singkong dipercaya dapat membantu menjaga kekuatan serta kesehatan tulang. Kandungan tersebut pula terdapat pada makanan khas satu ini, yang mampu menjaga serta menguatkan tulang kamu di setiap pergerakan nya.

9. Mampu Mengontrol Tekanan Darah

Buat kamu yang memiliki tekanan darah tape ini dipercaya mampu dan bisa mengontrol tekanan darah yang kamu alami. Terdapat sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kalium memiliki risiko terkena penyakit hipertensi jauh lebih rendah. Selain itu, tape singkong dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti serangan jantung. Itulah mengapa Tape singkong ini mampu membuat kamu lebih sehat dan bugar.

10. Mampu Meningkatkan Imunitas

Dengan ciri khas rasanya dan memiliki tekstur lembut ini ternyata dapat meningkatkan imunitas pada tubuh. Menurut Journal Agritech, tape singkong dipercaya mampu menangkal flu atau pilek musiman. Flu inilah yang disebabkan oleh virus, dan tape singkong ini mampu menangkal virus tersebut. Maka dari itu tape dapat membuat daya tahan tubuh lebih kuat.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung di dalam makanan olahan yakni tape singkong, selain sering dijadikan buah tangan atau santapan santai tape sing kong juga memiliki banyak kelebihan di dalamnya. Namun pastikan pada saat memakan tape singkong ini jangan terlalu berlebihan karena sesuatu yang berlebihab di konsumsi itu tidak baik bagi proses pencernaan nya nanti. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru