10 Manfaat Timun Untuk Kesehatan, Sangat Baik Bagi Tubuh!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Selain untuk kecantikan, ternyata timun menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat timun untuk kesehatan

Indiffs – Selain untuk kecantikan, ternyata timun atau yang sering kita dengar mentimun ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti mengobati berbagai penyakit, atau juga sebagai anti-inflamasi. Mengonsumsi mentimun sangat baik untuk kesehatan, terlebih jika dikonsumsinya dengan bijak setiap harinya.

Manfaat Timun

Timun mengandung nutrisi seperti antioksidan, vitamin C, rendah kalori, natrium dan rendah lemak. Berikut manfaat timun untuk kesehatan:

1. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu kondisi apabila tubuh kehilangan banyak cairan. Nah, dengan mengkonsumsi timun dapat mencegah dehidrasi. Karena, mentimun ini menambah asupan cairan di dalam tubuh.

2. Memperkuat tulang

Timun mengandung kalsium untuk nutrisi tulang sehat dan kuat. Vitamin K juga membantu membekukan darah. Kandungan vitamin K ini ditemukan dalam studi dari jurnal PLos Medicine. Peneliti menemukan wanita menopause rutin konsumsi 5 mg vitamin K tiap hari dalam 2 tahun. Hasilnya sebanyak 50% wanita mengalami sedikit resiko patah tulang.

3. Sebagai anti-inflamasi

Mentimun atau timun memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan ini berfungsi mencegah peradangan dan menambah sistem kekebalan tubuh. Para ahli percaya kandungan anti-inflamasi ini mencegah penyakit jantung, diabetes, autoimun, depresi, sampai kanker.

4. Menurunkan berat badan

Kandungan air yang tinggi dalam timun membantu mencapai rasa kenyang dengan cepat. Sehingga mampu mengontrol makan berlebihan yang dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan. Mentimun bebas dari lemak dan rendah kalori. Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang bagus untuk siapa pun yang mencoba menurunkan berat badan.

5. Melancarkan pencernaan

Mentimun mengandung serat dan sejumlah air yang membantu pencernaan. Vitamin dalam mentimun juga membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Mengkonsumsi mentimun setiap hari dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan buang air besar sehingga membantu pola hidup yang sehat.

6. Menghilangkan racun di tubuh

Mentimun diyakini bahwa memiliki sifat detoksifikasi alami dan asupan teratur dari buah ini dapat menghilangkan kotoran dan racun dari hati dan usus, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

7. Menangkal radikal bebas

Zat antioksidan pada timun, seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin, dan tanin, dapat mencegah dan menangkal efek radikal bebas yang merusak sel tubuh. Senyawa-senyawa tersebut juga berperan penting dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, radang sendi, dan penyakit Alzheimer.

8. Menjaga kesehatan kulit

Mengkonsumsi timun sangat baik untuk mencukupi asupan cairan, mineral, vitamin, dan antioksidan guna menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Selain itu, timun juga bisa digunakan sebagai masker alami kulit untuk mengatasi kulit kering, iritasi kulit, dan kulit terbakar akibat sinar matahari.

9. Mengontrol kadar gula darah

Berdasarkan beberapa studi menjelaskan bahwa timun terbukti efektif dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes. Konsumsi mentimun sebagai minuman jus dapat membantu meningkatkan hormon khusus yang diperlukan oleh pankreas dalam memproduksi insulin.

10. Tingkatkan fungsi otak

Fisetin adalah salah satu zat anti-inflamasi yang terdapat dalam buah mentimun dan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan otak. Fungsi fisetin yaitu untuk mengurangi risiko penyakit neurologis yang berkaitan dengan usia pada fungsi otak. Selain itu, juga dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif pada penderita Alzheimer.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru