10 Tips Interview Kerja Online Agar Diterima, Wajib Dipelajari!

Resa Azzahra 0 Komentar

Umumnya, interview dilakukan tatap muka secara langsung. Namun, di era digital ini ada perusahaan menggunakan sistem interview kerja online.

INDIFFS.COM – Sebelum kan mempelajari tips kerja interview online yang baik. Kamu perlu mengetahui sesuatu hal, bahwa ternyata pengalaman kerja bukanlah faktor tertinggi dalam kelancaran wawancara kerja. Sebab hal pertama yang diperhatikan oleh HRD adalah kepribadian.

Kepribadian pelamar kerja dapat mempengaruhi penilaian perusahaan bersama dengan keterampilan dan pengalaman. Sedangkan ciri-ciri hal yang paling tidak diinginkan dari seorang kandidat karyawan adalah arogan, kurangnya keandalan, pikiran sempit dan yang paling penting adalah ketidak jujuran.

Tips Interview Kerja Online

Seiring degan perkembangannya teknologi, dunia online pun mulai meraja lela dimana-mana. Kini, bentuk interview tidak hanya sebatas kehadiran di perusahaan, tapi juga kehadiranmu secara online. Wawancara ini pun menjadi trend di era digital, karena dianggap praktis dan dapat menghemat waktu serta biaya.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat interview online. Berikut beberapa tips yang dapat kamu terapkan:

1. Periksa Internet Kamu Stabil

Kestabilan koneksi internet tentunya akan membuat interview akan berjalan lancar dan membantumu untuk lebih fokus. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan wifi yang kuat dan siapkan juga model sebagai cadangan baik ketika interview online lewat HP maupun komputer.

2. Cari Tempat yang Tepat

Sebelum memulai wawancara online, pastikan tempat yang jauh dari keramaian. Jika kamu sedang dirumah, perhatikan ruangan yang digunakan. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan kerapihan, ketenangan serta cahaya sekitar yang tidak terlalu terang maupun gelap. Kalau bisa pilih latar belakang yang polos dan tidak mencolok, agar interview fokus menatap ke arah kamu, bukan ke sekitarmu.

6. Pilihlah Pakaian Rapi dan Sopan

Walaupun wawancara hanyalah secara online, kamu juga perlu memperhatikan pakaian saat interview. Berpakaian lah dengan  formal dan rapi seperti menggunakan kemeja dan celana maupun rok. Dengan berpakaian formal, kamu akan tampil lebih percaya diri dan siap menghadapi interview online.

7. Siapkan Dokumen Penting

Pastikan kamu dapat memahami isi CV mu terlebih dahulu, karena kemungkinan besar rekruter akan meminta untuk menjelaskan lebih detail tentang apa yang ditulis dalam CV. Hal ini dapat menjadi pendukung wawancara dan mempermudah kamu untuk mencatat poin penting saat interview.

8. Siapkan Untuk Menjawab Pertanyaan

Langkah selanjutnya yang dapat kamu siapkan ialah dengan menyiapkan jawaban atas pertanyaan yang paling umum dilontarkan. Pikirkan dan carilah rangkaian soal wawancara yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Hal ini akan membantumu dalam melancarkan interview.

9. Persiapkan Apa yang akan Ditanyakan

Jika HRD memberikan kamu kesempatan untuk bertanya pada akhir interview, gunakanlah kesempatan ini untuk bertanya. Jika kamu melontarkan pertanyaan, maka HRD akan menganggapmu adalah orang serius, antusias dan memiliki ekspetasi terhadap perusahaan dan posisi yang dilamar. Sebelum menanyakan pertanyaan, ada baiknya untuk mencari tau mengenai perusahaan yang kamu lamar.

10. Kirim E-mail Saat Selesai Interview

Mengirimkan e-mail adalah hal terakhir yang harus kamu lakukan. Sampaikan ucapan terimakasih kepada HRD karena telah meluangkan waktu untuk mewawancarai. Hal ini bisa menjadi salah satu penilaian HRD terhadap kepribadian dalam dunia kerja.

Demikian beberapa hal yang dapat kamu ketahui dalam proses wawancara online. Semoga dapat membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru