11 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami, Wajib Coba!

Resa Azzahra 0 Komentar

Bingung bagaimana sih cara menghilangkan stretch mark? Nah, disini ada 11 cara yang bisa Anda gunakan dengan bahan alami yang ampuh dan mudah!

IndiffsStretch mark atau disebut striae, terjadi ketika kulit Anda berubah bentuk dengan cepat karena pertumbuhan atau penambahan berat badan. Hal itu biasanya bukan tanda bahwa ada yang salah dengan kesehatan Anda. Siapa pun bisa mendapatkan stretch mark, apa pun jenis kelaminnya. Kehamilan dan pubertas adalah dua waktu paling umum dalam hidup untuk mendapatkannya.

Pada awalnya, stretch mark akan muncul sebagai garis tipis berwarna merah atau ungu dengan tekstur berbeda dari kulit di sekitarnya. Sebagian besar stretch mark akan memudar dengan sendirinya seiring waktu. Banyak krim dan lotion mengklaim dapat menghilangkannya. Tapi hanya ada sedikit bukti bahwa ini berhasil.

Stretch mark yang memudar biasanya terlihat berwarna lebih terang dari kulit di sekitarnya dan sedikit mengkilat, seperti bekas luka. Tetapi beberapa pengobatan rumahan dapat membantu meminimalkan munculnya stretch mark dan dapat membantu memudar lebih cepat.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Dan berikut ini ada bahan alami rumahan yang bisa Anda coba sebagai obat natural untuk menghilangkan stretch mark tanpa menggunakan bahan kimia. Anda bisa saja langsung simak di bawah ini:

1. Gula

Gula yang memiliki bentuk seperti kristal kecil dengan lembut menggosok kulit mati dan membuat Anda merasa lebih halus. Metode ini juga pernah dilakukan oleh dokter kulit sebagai salah satu cara untuk membuat strech mark memudar. Jadi gula ini adalah obat rumahan yang dapat Anda coba.

Campurkan 1/2 cangkir gula dengan bahan pelembut, seperti minyak almond atau minyak kelapa. Campurkan minyak ke dalam gula, sedikit demi sedikit. Lulur Anda sudah siap saat terlihat seperti pasir pantai yang basah.

Anda mungkin perlu menambahkan hingga 1/2 cangkir minyak secara total. Gosokkan campuran tersebut dengan lembut ke bagian tubuh yang terdapat stretch mark. Ulangi 2 atau 3 kali per air.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya yang memiliki sejarah panjang sebagai perawatan kulit alami. Agar-agar dari dalam daun tanaman lidah buaya dapat dioleskan langsung ke kulit untuk menenangkan dan melembabkan. Kandungan lidah buaya dapat membantu menyembuhkan kulit dari luka bakar dan luka.

Karena stretch mark adalah jenis jaringan parut dari kulit yang rusak, sifat perbaikan kulit lidah buaya dapat membantu mencegah atau memudarkan stretch mark. Dan lidah buaya murni mungkin patut dicoba karena dapat melembutkan dan menyembuhkan kulit. Oleskan lidah buaya murni dari tanaman ke stretch mark, dan lakukan setiap hari setelah mandi.

3. Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni memiliki beberapa manfaat yang diketahui untuk kulit. Ini dapat membantu menjaga penghalang pelindung kulit Anda. Minyak kelapa memperbaiki kulit kering dan beberapa infeksi kulit yang sembuh secara cepat.

Anda bisa memijat minyak dengan lembut ke kulit Anda, hal ini dapat mencegah stretch mark,  Pijatan lembut setiap hari pada stretch mark Anda dengan minyak kelapa mungkin bisa membantu, dan tidak akan membahayakan.

Tentu saja, jika Anda alergi terhadap kelapa, Anda harus menghindari bahan ini.

4. Minyak Jarak

Karena strecth mark memiliki tampilan yang kering dan keriput, sehingga membutuhkan nutrisi dan kelembapan. Minyak jarak ini bisa dijadikan sebagai obat alami dalam menghilangkan strech mark secara alami. Anda bisa melakukannya seperti yang sudah di jelaskan di poin minyak kelapa murni.

Saat memijat kulit menggunakan minyak jarak dapat membantu menyembuhkan dan menghaluskan bekas luka secara perlahan. 

5. Kentang

Kentang jauh lebih bermanfaat daripada hanya menambahkan rasa ekstra pada resep Anda. Sayuran ini bekerja sangat baik dalam menyembuhkan bekas luka, lingkaran hitam, tanda yang tidak dibutuhkan, dan noda pada kulit Anda. Kentang sarat dengan pati dan elemen lainnya, termasuk zat pemutih yang disebut catecholase, yang membantu mencerahkan kulit.

Anda bisa menggunakan jus kentang sebagai cara untuk menghilangkan strech mark secara alami dengan menjadikan kentang sebagai jus dengan cara memarut kentang dan peras jusnya, lalu oleskan ke area strech mark. Biarkan selama setengah jam sebelum membilasnya dengan air dingin. Lakukan secara rutin untuk hasil lebih maksimal.

6. Baking Soda

Baking soda adalah sebuah exfoliant alami, baking soda membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati dan meninggalkan tekstur halus dan bersih. Itu menjadi lebih kuat setelah menambahkan jus lemon. Campuran ini dapat bekerja sangat baik untuk stretch mark karena yang terakhir memiliki sifat pemutihan yang mencerahkan kulit.

Ambil satu sendok makan soda kue, jus segar setengah lemon, dan roti gulung. Campur bahan bersama-sama dan menerapkannya ke daerah yang terkena. Tutup dengan gulungan dapur dan biarkan selama 20 menit. Setelah selesai, cuci dengan air. Namun jika Anda memiliki kulit yang sensitif sebaiknya hentikan penggunaan ini.

7. Putih Telur

Putih telur sangat baik untuk kulit. Ketika dioleskan ke area yang terkena, putih telur bekerja secara ajaib pada stretch mark Anda dan juga akan membantu mengencangkan kulit. Sarat dengan asam amino dan protein, bahan ini dapat menyembuhkan kulit Anda dengan baik.

Ambil dua putih telur. Terapkan ke daerah yang terkena. Biarkan campuran mengering di kulit Anda dan kemudian bilas dengan air. Sekarang oleskan pelembab atau minyak zaitun untuk menghindari kekeringan.

8. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh adalah bahan ajaib lain yang memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan. Ini dikenal untuk mengurangi jerawat dan bekas luka yang membandel pada kulit Anda. Selain itu, tea tree oil juga mengandung unsur antijamur, antivirus, dan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan alergi kulit.

Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan setengah sdt minyak zaitun. Pijat lembut minyak dengan lembut di seluruh stretch mark Anda.
Jika mau, Anda bahkan dapat mencampurkan minyak kelapa dan oleskan. Kemudian simpan semalaman sebelum mencuci muka dengan air keesokan harinya.

9. Lemon

Anda mungkin tahu bahwa jus lemon dapat menodai meja dan kain Anda . Tapi buah asam ini juga bisa “memudar kan” stretch mark dari kehamilan.

Cara Menggunakan: Rendam bola kapas dalam jus lemon, lalu diamkan di kulit Anda selama sekitar sepuluh menit. Jika Anda melakukan ini secara teratur, asam alami dari jus lemon akan meringankan stretch mark.

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan vitamin E. Jika Anda mengoleskan zat pelembab ke kulit Anda secara teratur, Anda dapat mengucapkan selamat tinggal pada stretch mark seiring waktu.

Cara Menggunakan: Ambil minyak zaitun Anda dari lemari dapur. Gosokkan ke stretch mark Anda dan biarkan kulit Anda menyerap kelembapannya. Biarkan semalaman, atau bilas dengan air hangat setelah 20-30 menit. Juga pertimbangkan untuk menghangatkan minyak zaitun sebelum aplikasi untuk meningkatkan sirkulasi darah.

11. Kunyit

Tak salah lagi, kunyit memang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, termasuk kemampuan untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan. Ternyata bahan aktif yang ada dalam bumbu kuning ini juga bisa mengobati stretch mark saat dioleskan ke kulit.

Cara menggunakannya. Campurkan bubuk kunyit atau akar kunyit yang dihancurkan ke dalam air, jus lemon, atau minyak kelapa untuk membentuk pasta. Oleskan pada stretch mark sekali atau dua kali sehari.

Dan itulah 11 cara menghilangkan strech mark yang bisa Anda lakukan dirumah dengan bahan yang ada dirumah loh!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru