11 Cara Merawat Wajah Berjerawat Agar Mulus

Resa Azzahra 0 Komentar

Cara yang harus dilakukan, untuk upaya merawat wajah yang berjerawat menjadi mulus? Berikut cara yang bisa kamu lakukan dalam sehari-hari

Indiffs – Tentunya jika memiliki kulit wajah berjerawat, Anda membutuhkan perawatan ekstra. Cara merawat wajah berjerawat sangat penting untuk dilakukan secara rutin dan tepat, hal ini agar jerawat yang muncul dapat dengan mudah teratasi. Selain itu perawatan wajah yang benar juga dapat menghindari terbentuknya bekas jerawat dan mencegah kemunculan nya kembali.

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit umum, dan dapat terjadi pada siapa saja. Ada berbagai langkah mudah untuk menghilangkan nya. Salah satunya adalah merawat kulit berjerawat. Lantas, apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk merawat kulit berjerawat? Berikut ini tips merawat kulit berjerawat untuk mengatasi gangguan kulit tersebut :

1. Pilih Sabun Muka Sesuai Jenis Kulit

Mencuci muka sangat wajib untuk dilakukan dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Saat jerawat tengah meradang, hindari penggunaan sabun yang memiliki bahan dasar kimia yang keras. Tekstur bahan kimia tersebut akan meninggalkan sensasi kering dan kesat sehingga memicu terjadinya iritasi kulit. Untuk itu, pastikan Anda memilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit, dan pastikan bahwa produk tersebut diformulasikan untuk wajah.

2. Mencuci Muka Secara Rutin

Penting untuk selalu menjaga kebersihan muka, karena bakteri yang masuk ke dalam kulit, bisa menjadi penyebab infeksi kulit sehingga munculnya pertumbuhan jerawat. Pasalnya, mencuci muka adalah hal yang dilakukan untuk menghilangkan debu, kotoran, polusi dan minyak yang menempel di wajah.

Salah satu cara merawat kulit wajah berjerawat yang penting dilakukan adalah dengan mencuci wajah 2 kali sehari, gunakan air bersih serta sabun berbahan kimia ringan dan lembut agar tidak menimbulkan iritasi pada wajah. Anda juga bisa memilih sabun wajah yang mengandung sulfur. Dan lakukan pada pagi hari dan di malam hari sebelum tidur. Anda juga perlu membersihkan wajah ketika kulit wajah banyak berkeringat atau terlalu berminyak.

Hindari menggosok kulit wajah yang berjerawat terlalu kencang karena hal ini bisa membuat jerawat pecah dan semakin parah.

3. Gunakan Toner dan Pelembab

Setelah mencuci wajah, Anda juga bisa menjaga kelembapan kulit wajah dengan menggunakan toner dan pelembap. Namun, agar lebih aman, pilihlah produk perawatan wajah yang tidak mengandung alkohol dan lembut untuk wajah. Karena produk yang mengandung bahan iritatif, seperti alkohol, bisa memicu breakout dan membuat kulit wajah semakin berminyak. Hal ini justru membuat jerawat lebih parah atau muncul lebih banyak.

4. Hindari Penggunaan Scrub Wajah

Sabun cuci muka yang terdapat kandungan scrub memang ampuh untuk mengangkat sel kulit mati serta kotoran yang menyumbat di pori-pori wajah. Akan tetapi, jika dipakai oleh orang yang berjerawat, justru dapat memperbanyak jerawat. Hal ini dikarenakan, butiran scrub melukai kulit yang tengah meradang dan membuat iritasi semakin parah.

5. Jauhkan Wajah dari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara berlebih dapat meningkatkan produksi minyak atau sebum di wajah. Hal ini membuat wajah rentan mengalami komedo dan munculnya jerawat baru. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari saat wajah sedang berjerawat.

Sebaiknya, jika hendak beraktivitas di bawah terik sinar matahari, gunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pilihlah produk yang berlabel bebas minyak atau cocok untuk kulit wajah berminyak.

6. Hindari Menyentuh dan Memecah Jerawat

Hal ini merupakan salah satu hal yang sering disepelekan, jika terus di biasakan dengan menyentuh atau memecah jerawat dengan tangan yang kotor, hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi serta terbentuknya jaringan parut atau bekas jerawat yang parah di wajah. Untuk itu, sebaiknya hentikan, agar wajah bisa terjaga dengan maksimal.

7. Bersihkan Make-Up di Wajah

Jika Anda suka menggunakan make-up. Pastikan Anda membersihkan wajah setelah menggunakan make up. Sebisa mungkin, hindari kebiasaan tidur dengan make up masih menempel di wajah dan saat hendak menggunakan make up, Anda pun dianjurkan untuk memilih produk kosmetik dengan yang tepat dan cocok untuk kulit wajah berjerawat.

8. Kelola Stres

Pasalnya, semakin tinggi tingkat stres seseorang, maka semakin rentan terkena jerawat. Oleh karena itu, jika kamu sedang merasa stres, disarankan untuk segera mencari cara mengendalikannya.

9. Rutin Berolahraga

Dengan rutin berolahraga, tak hanya baik untuk kesehatan. Olahraga rutin secara tak langsung dapat membantu mengatasi jerawat. Karena keringat yang keluar saat berolahraga dapat membuka pori-pori, yang memudahkan kotoran dan bakteri di kulit mudah terangkat. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu disarankan untuk langsung mandi setelah berolahraga, agar kotoran dan keringat tidak menyumbat pori-pori.

10. Gunakan Produk untuk Wajah Berjerawat

Cara merawat wajah berjerawat lain yang tak kalah penting, yaitu menggunakan produk perawatan khusus untuk wajah berjerawat. Produk tersebut umumnya mengandung benzoil peroksida, retinoid, asam azaleat, asam salisilat, atau asam glikolat. Tidak hanya mengurangi peradangan di kulit wajah, penggunaan produk di atas juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mendukung perbaikan jaringan kulit setelah jerawat hilang.

Namun, sebelum membelinya, pastikan Anda membaca informasi kandungan yang tertera pada label kemasan produk dan selalu ikuti petunjuk penggunaannya.

11. Konsumsi Makanan Sehat

Meski tidak berdampak langsung terhadap kulit, tetapi ada beberapa jenis makanan yang memicu peningkatan produksi minyak pada wajah. Makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga memicu produksi insulin berlebih dalam tubuh. Jika sudah begitu, metabolisme tubuh menjadi berantakan yang berujung pada terhambatnya proses penyembuhan jerawat.

Kebiasaan mengonsumsi produk olahan susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi, misalnya makanan tinggi karbohidrat atau makanan yang terlalu manis, diketahui dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat, bahkan memperparah kondisi jerawat. Sebagai gantinya, jalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat untuk kulit yang mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin C dan vitamin E.

Jika berbagai perawatan wajah berjerawat di atas tidak efektif untuk menghilangkan jerawat yang muncul atau bahkan jerawat semakin parah dan menyebar ke area yang lebih luas, sebaiknya konsultasi kan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai kondisi jerawat yang Anda alami.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru