11 Ciri Baby Blues Syndrome Yang Jarang Disadari Seorang Ibu

Wiwin Indriani 0 Komentar

Baby Blues Syndrome cenderung muncul pada hari ke-2 atau ke-3 pascapersalinan. Ada beberapa ciri baby blues syndrome yang jarang disadari

INDIFFS.COM – Baby blues Syndrome adalah perasaan sedih yang dialami banyak wanita di masa-masa awal setelah melahirkan. Kondisi ini cenderung muncul pada hari ke-2 atau ke-3 pasca persalinan. Umumnya, kondisi ini juga biasanya hanya terjadi pada 14 hari pertama. Ciri-ciri baby blues sering kali tidak disadari oleh para ibu. Maka dari itu, simak ciri baby blues di bawah ini.

Ciri-Ciri Baby Blues Syndrome

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini terdapat beberapa ciri baby blues syndrome yang dapat kamu ketahui:

1. Menangis Tanpa Alasan yang Jelas

Ciri baby blues syndrome yang paling sering di alami yaitu menangis. Biasanya, seseorang akan menangis jika ada alasan. Namun, berbeda halnya pada kasus baby blues. Kamu akan menangis secara tiba-tiba, tanpa alasan yang jelas. Hal ini merupakan salah satu permulaan ketika kamu mengalami baby blues.

2.  Merasa Seperti Orang yang Berbeda

Menjadi ibu baru membutuhkan penyesuaian dan mungkin berbeda dari apa yang di bayangkan. Adanya tanggung jawab baru dengan lahirnya seorang anak membuat seorang wanita bisa merasa menjadi pribadi yang berbeda.

3. Lebih Mudah Tersinggung dan Cepat Marah

Ada saja perkataan atau perbuatan orang lain yang dapat membuat kamu tersinggung dan marah. Padahal mungkin maksud orang tersebut baik dan bukan bermaksud menyinggung perasaan kamu. Bisa juga kamu merasa kesal dan marah terhadap si kecil yang rewel atau sebab lainnya.

4. Cepat Merasa Lelah

Ciri lainnya jika mengalami baby blues syndrome yaitu kamu akan cepat merasa lelah, tidak bertenaga hingga konsentrasi menurun. Pasalnya, ketika baru melahirkan tenaga kamu memang akan banyak terkuras mengasuh bayi. Di tambah lagi jam tidur tidak menentu.

5. Mengalami Mood Swings

Mood swings atau perubahan suasana hati termasuk salah satu dari ciri-ciri baby blues. Biasanya perubahan suasana hati terjadi pada minggu pertama pasca persalinan. Meskipun begitu, sebagian orang juga baru akan mengalaminya beberapa minggu kemudian.

6. Tidak Sabaran

Jika biasanya kamu termasuk penyabar, tapi salah satu ciri baby blues adalah kamu bisa berubah menjadi tidak penyabar. Apa pun yang kamu atau orang lain lakukan terasa lambat dan tidak sesuai keinginan.

7. Merasa Cemas Berlebihan

Rasa cemas sebenarnya tidak menjadi masalah. Namun, jika kamu merasa khawatir atau cemas yang berlebihan terhadap sesuatu sebaiknya kamu perlu hati-hati karena bisa jadi hal itu adalah pertanda dari syndrome ini.

8. Merasa Terasing, Bersalah, serta Malu

Selama berada di rumah sakit begitu usai melahirkan, kamu mendapatkan perhatian penuh dari keluarga, kerabat, teman dan lainnya. Namun begitu pulang ke rumah, kondisi bisa berubah 180 derajat. Kamu kurang mendapat perhatian dari lingkungan terdekat, dan harus mengurus bayi lebih intens dari siapa pun.

Masalah bisa makin bertumpuk tatkala kamu menemui kesulitan dalam memberikan ASI misalnya. Sementara, tuntutan mengurus kebutuhan suami dan diri sendiri harus tetap dipenuhi. Bayangan semula yang terasa menyenangkan kini menyergap dalam bentuk aneka kerepotan.

Akibatnya, kamu merasa terasing. Belum lagi bila orangtua atau mertua banyak memberi komentar atau terlalu ikut campur soal pengurusan anak hanya karena merasa lebih berpengalaman.

9. Hipersensitif Terhadap Kritik

Ada saja kritikan ketika jadi ibu baru. Sebaiknya tidak perlu kamu tanggapi jika tidak penting. Tapi ketika kamu merasa sensitif terhadap kritikan tersebut, emosi bisa meluap-luap yang akhirnya bermuara pada syndrome baby blues.

10. Tidak Memiliki Ikatan dengan Bayi

Seorang wanita yang mengalami baby blues bisa merasakan tidak ada ikatan khusus dengan bayi yang baru dilahirkannya. Pada beberapa kasus, seorang yang mengalami syndrome ini bahkan merasa jika bayinya seperti milik rumah sakit dan bukan miliknya sendiri. Tidak adanya ikatan ini bisa juga terjadi karena merasa menjadi seorang ibu ternyata tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya.

11. Tidak Nafsu Makan

Setelah melahirkan biasanya kamu akan mempunyai nafsu makan yang lebih dari biasanya, terlebih lagi sambil memberi ASI. Namun saat kamu merasa tidak bergairah dan tidak nafsu makan, bisa jadi itu adalah pertanda umum baby blues syndrome.

Nah, itu dia beberapa tanda atau ciri baby blues syndrome pasca melahirkan yang dapat kamu ketahui. Jika kamu merasakan ciri baby blues ini, sebaiknya tidak menyimpannya seorang diri.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru