11 Ciri-Ciri Orang yang Sedang Berbohong, Awas Jangan Tertipu!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Untuk memastikan lawan bicaramu sedang bohong atau tidak, ketahui beberapa ciri-ciri orang berbohong yang kerap membuat kamu tertipu.

INDIFFS.COM – Dibohongi memang bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Namun, dalam hidup ini pasti kamu pernah menghadapi orang yang berbohong. Nah agar tidak tertipu, kamu perlu  mengetahui ciri-ciri orang pada saat ia berbohong.

Ciri-Ciri Orang Berbohong

Melansir dari berbagai sumber, berikut ada beberapa tanda bahwa seseorang atau lawan bicara telah berbohong kepada kamu.

1. Menghindari Kontak Mata

Menjadi salah satu ciri yang mendasar ketika seseorang sedang berbohong ialah ia tidak akan sanggup untuk menatap mata lawan bicaranya. Dalam artian, seseorang yang sedang berbohong sering melirik kesana-kemari.

Hal ini karena mungkin, ia sedang memikirkan apa yang harus dikatakan selanjutnya. Karena memang, mata merupakan cerminan jiwa. Dengan menghindari pandangan secara langsung, ia mungkin dapat menyembunyikan isi hati yang sebenarnya.

Alasan lain juga karena ia mencari perlindungan atau topik pengalihan, apabila secara tiba-tiba kebohongan yang ia sembunyikan terbongkar.

2. Menatap Terlalu Tajam

Biasanya ini dilakukan bagi oleh seseorang yang ahli berbohong. Saking beraninya ia menatap mata lawan bicara terlalu serius atau tajam saat sedang menyampaikan kebohongan tersebut. Ini juga dilakukan agar meyakinkan seseorang yang ia bohongi.

Bahkan ada sebuah studi yang menyatakan, bahwa sekitar 70 persen orang yang diteliti ternyata menatap langsung lawan bicaranya saat ia berbohong.

3. Terlihat Gugup Pada Saat Berbicara

Rasa gugup tak jarang membuat kalimat yang keluar jadi terbata-bata. Hal ini karena saat seseorang merasa gugup, otot yang berada di sekitar pita suara akan mengencang, sehingga membuat seseorang kesulitan bicara. Nah, ini juga sering terjadi pada seseorang yang sedang berbohong. Ya, meskipun tidak 100 persen di tandai dengan perasaan gugup.

4. Penjelasan yang Ia Berikan Tidak Jelas

Ciri selanjutnya yang sering terjadi pada seseorang yang berbohong ialah sering menjelaskan sesuatu namun terkesan berputar-putar. Semakin kamu dekat dengan orang tersebut, semakin rumit penjelasan yang ia berikan.

Bahkan untuk menjawab pertanyaan sederhana pun, mereka akan memberikan jawaban yang panjang. Tentunya ini akan membuat kamu sendiri heran, aneh dan kebingungan. Untuk itu, kamu perlu waspada terhadap seseorang yang sering membuat kamu bingung.

5. Pura-Pura Tidak Mengerti

Ketika kamu membicarakan sesuatu terhadap seseorang, cenderung orang yang berbohong akan pura-pura tidak mengerti apa yang kamu maksud atau bicarakan. Bahkan ia akan memasang wajah polos dan mungkin akan bertanya balik padamu. Hal ini ia dilakukan, karena ia takut jika kamu mengetahui kebohongan yang dia sembunyikan.

6. Memberikan Reaksi yang Berlebihan

Berbeda dengan orang jujur yang jika di beri pertanyaan ia akan santai dan tenang menjawabnya. Orang yang berbohong akan cenderung akan memberikan reaksi yang berlebihan. Sebagai contoh,
semakin kamu mendesaknya, reaksi yang ia keluarkan akan semakin berlebihan. Hal ini karena, reaksinya menunjukkan bahwa ia merasa tertekan dengan pertanyaan yang kamu berikan kepadanya.

7. Menutup Mulut dengan Tangan

Ketika seseorang sedang berbohong, cenderung ia akan berbicara sembari menutupi mulutnya dengan tangan. Hal ini merupakan bahasa tubuh yang dilakukannya secara refleks. Karena memang secara naluri seseorang tersebut sebenarnya tidak nyaman saat berbohong. Maka dari itu, tanpa disadari tubuh akan berusaha untuk menghentikannya.

8. Tubuh Berkeringat

Ciri selanjutnya pada saat seseorang berbohong ia mengalami tubuh yang berkeringat. Hal ini karena, tubuh tidak merasa nyaman saat berbohong, sehingga akan muncul keringat. Selain itu, keringat juga disebabkan karena adanya tekanan, rasa gugup, dan stress yang dirasakannya.

9. Wajah Menjadi Pucat

Siapa sangka ternyata seseorang yang berbohong wajah nya akan berubah menjadi pucat. Hal ini karena, terjadi tekanan darah yang turun. Yang mana penurunan tekanan darah ini sendiri disebabkan oleh rasa cemas, dan stress yang mereka rasakan.

10. Bibir Kering

Seseorang yang berbohong, akan mengalami gangguan saraf otonom yang mana dapat membuat seseorang sulit mengontrol pengeluaran cairan tubuh. Disamping itu, ia juga akan mengalami kekurangan cairan, termasuk pada mulut yang tiba-tiba terasa kering.

11. Sering Berdehem

Ketidaknyamanan yang ia rasakan, akan membuat pita suara dan tenggorokannya tiba-tiba mengering. Maka tak jarang seseorang yang berbohong ia sering berdehem.

Ini dilakukan olehnya untuk meredakan ketegangan yang memengaruhi tenggorokannya. Pasalnya saat suaranya jernih kembali, ia akan beranggapan bahwa orang akan menganggapnya berkata jujur.

Itulah beberapa tanda atau ciri seseorang berbohong yang bisa kamu perhatikan. Untuk itu, jangan lupa untuk mewaspadainya agar kamu tidak tertipu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru