11 Makanan Yang Dapat Menghilangkan Stres, Apa Saja?

Wiwin Indriani 0 Komentar

Banyak cara untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan makanan. Ternyata ada beberapa makanan yang dapat menghilangkan stres.

Indiffs – Stres terkadang sulit untuk dihindari, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres. Salah satunya dengan memakan makanan yang enak. Tetapi tidak semua makanan bisa meredakan stres, seperti makanan yang bergula dan berkalori tinggi yang bahkan tidak baik bagi tubuh. Ternyata ada beberapa makanan sehat yang dapat menghilangkan stres. Simak berikut ini.

1. Kacang Mede

Kacang mede dinilai sebagai cemilan terbaik dalam menghilangkan stres diantara jenis kacang lain. Ini karena kacang mede mengandung kadar zinc yang tinggi. Kadar zinc yang rendah dalam tubuh dikaitkan dengan kecemasan tinggi dan kecenderungan depresi. Karena tubuh tidak memiliki fasilitas untuk menyimpan cadangan zinc, maka tubuh harus mendapatkan asupannya setiap hari. Caranya bisa dengan memakannya utuh begitu saja, atau cincang kasar kacang mede dan taburkan di atas roti panggang yang dioles alpukat. Tapi, batasi porsinya karena kacang mede tinggi kandungan kalorinya.

2. Bayam

Rendahnya magnesium dalam tubuh bisa menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Kedua hal ini bisa mendatangkan stres. Oleh sebab itu, makanlah bayam yang kaya akan magnesium itu, untuk menghindari sakit kepala serta kelelahan. Selain itu, sayuran berdaun hijau lainnya juga bisa jadi pilihan. Sebab, kebanyakan sayuran berdaun hijau mengandung folat, vitamin A yang bisa memproduksi serotonin.

3. Teh

Teh juga bisa menjadi minuman penghilang stres yang ampuh. Dalam sebuah studi, para responden yang mengonsumsi teh sebanyak 4 cangkir dalam sehari, selama 6 minggu, mengalami penurunan hormon kortisol dalam situasi yang memicu stres. Menurut seorang ahli gizi, meminum teh hangat di pagi hari juga bisa membuat menjadi lebih tenang.

4. Kuaci

Biji bunga matahari atau kuaci adalah sumber yang kaya vitamin E. Vitamin yang larut dalam lemak ini bertindak sebagai antioksidan yang kuat dan penting untuk kesehatan mental. Asupan rendah nutrisi ini dikaitkan dengan suasana hati yang berubah dan depresi. Biji bunga matahari juga kaya akan nutrisi penurun stres lainnya, termasuk magnesium, mangan, selenium, seng, vitamin B, dan tembaga.

5. Berry

Berry merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Kandungan antosianin pada blueberry dan stroberi khususnya bermanfaat menajamkan kognitif otak sekaligus dapat melindungi jantung. Buah berry juga terbukti dapat mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah teroksidasi, dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Semua buah-buahan keluarga berry (termasuk raspberry, blackberry, hingga bahkan tomat, pisang, dan semangka) mengandung tinggi vitamin C yang mampu melawan stres.

6. Cokelat Hitam

Meski rasanya memang tidak semanis cokelat yang dijual di swalayan, tapi ternyata cokelat hitam mampu menjadi penghilang stres. Menurut sebuah penelitian, cokelat hitam mengandung banyak antioksidan yang bisa meredakan kadar hormon stres dalam tubuh. Usahakan tidak mengonsumsi cokelat hitam terlalu banyak. Selain itu, carilah cokelat hitam yang murni, tanpa adanya gula tambahan.

7. Jeruk

Jeruk adalah makanan penghilang stres yang manis dan juga lezat. Menurut penelitian, vitamin C bisa membuat kadar kortisol (hormon stres) kembali normal, sehingga stres bisa diredakan. Selain itu, vitamin C yang dikandung jeruk juga dapat memperkuat sistem imun tubuh.

8. Alpukat

Alpukat adalah buah sehat yang banyak manfaat, buah dengan kulit berwarna hijau gelap ini bisa menjadi camilan yang tepat saat perasaan stres membuat ingin memakan makanan berlemak. Alpukat mengandung lemak baik yang menyehatkan tubuh. Tetapi, jangan mengonsumsi alpukat terlalu banyak. Karena, buah ini juga mengandung kalori yang tinggi.

9. Susu

Susu adalah minuman penghilang stres, karena mengandung kalsium yang bisa meredakan gangguan cemas dan suasana hati yang tak menentu akibat menstruasi. Akan tetapi, para ahli diet menyarankan untuk meminum susu skim dan juga rendah lemak.

10. Roti Gandum

Roti gandum yang mengandung karbohidrat dapat meningkatkan kadar serotonin atau hormon yang dapat meningkatkan suasana hati. Sehingga sangat baik dikonsumsi orang yang sedang stres atau kesulitan fokus

11. Kacang Arab

Kacang Arab dikemas dengan vitamin dan mineral pelawan stres, termasuk magnesium, kalium, vitamin B, seng, selenium, mangan, dan tembaga. Kacang lezat ini juga kaya akan L-triptofan, yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan neurotransmiter yang mengatur suasana hati.

Itulah beberapa makanan yang dapat menghilangkan stres. Selain enak makanan tersebut juga sehat sehingga mampu menurunkan tingkat stress pada tubuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru