11 Tanda-Tanda Datangnya Kiamat Dalam Islam, Perlu Diketahui!

Resa Azzahra 0 Komentar

Tidak ada satupun makhluk yang mengetahui alam ini akan mengalami kehancuran. sebagai Muslim sudah diberitahukan akan tanda-tanda kiamat.

INDIFFS.COM – Tidak ada satupun makhluk yang mengetahui bahwasanya alam ini akan mengalami kehancuran. Hanya saja kita sebagai umat Muslim sudah diberitahukan akan tanda-tanda kiamat.

Hari kiamat dalam Islam yaitu peristiwa akhir dari seluruh kehidupan dengan hancur-nya seluruh alam semesta beserta makhluk hidup. Peristiwa hari kiamat ini wajib untuk diketahui bagi umat Islam. Pasalnya, iman kepada hari kiamat merupakan rukun ke-5. Untuk mengimani datang nya hari kiamat, umat Islam sebaiknya menghindari perilaku yang dilarang oleh Allah SWT serta lebih memperbanyak amalan baik agar mendapatkan pengampunan atas segala dosa yang telah diperbuat.

Tanda-Tanda Kiamat

Dalam Al Quran surat Al A’raf ayat 187, Allah SWT berfirman bahwa kiamat pasti akan terjadi di muka bumi. Waktu terjadinya pun hanya Allah yang mengetahui.

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ

Yas’alụnaka ‘anis-saa’ati ayyaana mursaahaa, qul innamaa ‘ilmuhaa ‘inda rabbii, laa yuiallihaa liwaqtihaa illaa huw, saqulat fis-samaawaati wal-arḍ, laa ta ‘tikum illaa bagtah, yas ‘alụnaka ka ‘annaka ḥafiyyun ‘an-haa, qul innamaa ‘ilmuhaa ‘indallaahi wa laakinna aksaran-naasi laa ya’lamụn

Artinya: “Mereka menanyakan kepadamu ( Muhammad ) tentang Kiamat,”Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada TuhanKu. Tidak ada ( seseorang pun ) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. ( Kiamat ) itu sangat berat ( huru-haranya bagi makhluk ) yang di langit dan dibumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba. “Merek bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah ( Muhammad ). ” Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya.” (QS. Al-Araf :187).

Berikut ini ada beberapa tanda datangnya kiamat yang wajib bagi kita untuk mengetahuinya.

1. Munculnya Kabut (Dukhan)

Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Ad-Dukhan ayat 10, mengenai munculnya kabut sebagai tanda akan datangnya hari kiamat. Berikut ini bunyi ayatnya.

فَارۡتَقِبۡ يَوۡمَ تَاۡتِى السَّمَآءُ بِدُخَانٍ مُّبِيۡنٍۙ

Fartaqib Yawma taatis samaaa’u bidukhaanim mubiin

Artinya: “Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas”

2. Muncul-nya Dajjal

Datangnya dajjal merupakan tanda akan datang nya kiamat yang sudah semakin dekat. Dajjal adalah makhluk Allah yang memiliki ciri tubuh yaitu mempunyai rambut keriting dan hanya mempunyai satu mata di sebelah kiri, karena mata kanannya buta. Pada bagian dahi tertulis kata kafir. Dajjal akan keluar dari tempat yang bernama Tiberias.

3. Muncul-nya Imam Mahdi

Imam Mahdi bukanlah nama, melainkan sebagai julukan yang diberikan untuk seseorang yang diutus oleh Allah. Imam dalam bahasa Arab berarti pemimpin, sedangkan Mahdi berarti orang yang mendapatkan petunjuk. Maka, Imam Mahdi merupakan utusan Allah yang dijadikan pemimpin dan telah diberikan petunjuk. Imam Mahdi muncul untuk menunjukan kebenaran kepada umat manusia bahwa ajaran yang diberikan oleh  Dajjal adalah ajaran yang sesat dan memerintahkan umat manusia untuk kembali ke jalan yang benar dengan meyakini bahwa Allah sebagai satu satunya Tuhan.

Ciri-ciri Imam Mahdi di antaranya salah satu keturunan Nabi Muhammad SAW, berkening lebar, dan hidungnya mancung. Imam Mahdi datang untuk memerangi kekejaman Dajjal yang tengah berkuasa. Kehadirannya akan menumpas segala bentuk perbuatan yang dilakukan Dajjal.

4. Turunnya Nabi Isa As Memimpin Dunia

Dalam surah An-Nisa ayat 159, Allah Swt berfirman bahwa Nabi Isa akan muncul di dunia dan menjadi saksi atas kehidupan umat manusia.

وَاِنْ مِّنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ اِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهٖ قَبْلَ مَوْتِهٖ ۚوَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يَكُوْنُ عَلَيْهِمْ شَهِيْدًاۚ

Wa im min ahlil-kitabi illaa layu’minanna bihi qabla mautih, wa yaaumal-qiyaamatu yakunu ‘alaihim syahiidaa

Artinya: Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka.

5. Munculnya Ya’Juj dan Ma’Juj

Dalam Al-Qur’an surah Al-Kahfi ayat 94, Allah Swt. berfirman mengenai Ya’juj dan Ma’juj.

قَالُوْا يٰذَا الْقَرْنَيْنِ اِنَّ يَأْجُوْجَ وَمَأْجُوْجَ مُفْسِدُوْنَ فِى الْاَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلٰٓى اَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا

Qaalu yaa zal-qarnaini inna ya’juja wa ma’juja mufsiduna fil-ardi fa hal naj’alu laka kharjan ala an taj’ala baiananaa wa bainahum saddaa

Artinya: Mereka berkata, “Wahai Zulkarnain! Sungguh, Ya’juj dan Ma’juj itu (makhluk yang) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?”

6. Terbitnya Matahari Dari Barat

Matahari terbit dari arah barat dan binatang menjadi tanda-tanda kiamat selanjutnya. Namun, tidak diketahui mana yang lebih dulu di antara kemunculan keduanya.

Dari Abdullah bin Amr, dia berkata, dia hafal sabda Rasulullah yang menyebutkan,

“Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi.” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

7. Munculnya Api

Berdasarkan hadits dari Hudzaifah bin Asid RA, kemunculan api yang mengumpulkan manusia menjadi tanda. Berikut bunyi haditsnya,

وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَْخْرُجُ مِنَ الْيَمَنِ، تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ.

Wakhir dhalik nar takhruj min alyamani, tatrud alnnas ‘iilaa mahsharihim

Artinya: “Dan yang terakhirnya adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul.” (HR Muslim).

8. Adanya 3 Gerhana, Di Sebelah Timur

Salah satu tanda lainnya ialah adanya 3 gerhana di sebelah timur yang dapat menggemparkan dunia seperti sudah di jelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, akan ada tiga gerhana sebagai tanda hari kiamat. Pertama adalah gerhana di timur, kemudian di barat, dan di Jazirah Arab.

9. Terjadi Gerhana Di Barat

Tidak hanya gerhana di barat, Rasulullah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan Ibnu Majah, dari Abdullah bin Amr, dia berkata: “Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu Dhuha.”

10. Gerhana di Jazirah Arab dan  Terjadinya Gempa

Selain gerhana di jazirah Arab, tanda kiamat lainnya adalah hancurnya Kabah. Hal tersebut tercantum juga dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam muslim dan Bukhari, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah saw. Bersabda: “Kabah diruntuhkan oleh Dzu Suwaiqatain dari Habasyah.”

Terjadinya gempa bumi saat hari kiamat dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Hajj ayat 1 yang berbunyi

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمْۚ اِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيْمٌ

Yaa ayyuhan-naasuttaqu rabbakum, inna zalzalatas-saa’ati syai’un ‘azim(un)

Artinya: Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhan-mu; sungguh, guncangan (hari) kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.

11. Kehancuran Kakbah

Hal ini sesuai dalam hadis riwayat Hakim dan Abu Ya’la, oleh Abu Sa’id Al Khudri RA yang berbunyi

“Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum Ka’bah ini tidak lagi didatangi orang untuk menunaikan ibadah haji.”

Dalam hadits riwayat muslim dan Bukhari, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah saw. bersabda, “Ka’bah diruntuhkan oleh Dzu Suwaiqatain dari Habasyah.”

Demikianlah beberapa tanda-tanda kiamat yang dapat disampaikan, semoga dapat membantu serta menambah wawasan. Jika ada yang salah mohon dimaafkan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru