11 Tradisi Khas Lebaran Idul Fitri di Indonesia, Mana Favoritmu?

Admin 0 Komentar

Ada banyak Tradisi Lebaran Hari raya idul fitri di Indonesia. Menjadikan momen-momen paling ditunggu setiap tahunnya. mana tradisi Favoritmu?

INDIFFS.COM – Di Setiap tahunnya, umat muslim seluruh dunia maupun di Indonesia melakukan tradisi untuk merayakan keistimewaan Lebaran Hari Raya Idul Fitri setelah 30 hari menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Kamu mungkin cukup familiar dengan istilah Lebaran, istilah ini memang sudah populer dan identik di Indonesia.

Namun hingga saat ini, belum ada sumber otentik tertulis asal kata lebaran dan sejak kapan istilah ini mulai digunakan. Itulah mengapa istilah ini erat kaitannya dengan pengaruh budaya di Indonesia.

Tradisi Lebaran di Indonesia

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam hal yang telah menjadi sebuah tradisi selama lebaran. Tradisi turun-temurun tersebut telah ada sejak lama dan masih dilakukan hingga saat ini. Apabila salah satu tradisi tidak dilakukan, tentu perayaan lebaran akan terasa kurang. Berikut ini beberapa tradisi khas lebaran yang ada di Indonesia:

1. Menyiapkan Parcel atau Hampers Lebaran

Dalam menyambut hari raya lebaran idul fitri. Tradisi menyiapkan parcel atau hampers juga cukup populer di Indonesia. Biasanya orang-orang saling mengirim parcel, baik untuk keluarga, sahabat, rekan kerja atau orang di sekitarnya.

2. Mengirim Makanan/Sembako

Kebahagiaan menyambut lebaran juga biasanya ditunjukkan dengan mengirimkan makanan. Makanan berupa sembako, kebutuhan pokok yang dapat dibagi kepada tetangga, sanak saudara, teman, bapak ibu guru dan yang lainnya.

3. Baju Baru

Guna sambut momen spesial. Setiap orang berlomba-lomba untuk menggunakan pakaian terbaiknya. Hingga banyak dari mereka memilih untuk membeli baju baru. Akan tetapi, perlu diingat, membeli baju baru tentu bukanlah hal yang wajib dilakukan. Jika bujet yang dimiliki terbatas, tak ada salahnya menggunakan yang masih layak untuk digunakan.

4. Menyalakan Kembang Api

Tradisi menyelakan kembang api ini digunakan sebagai pengganti petasan. Masyarakat mengunakan kembang api untuk menambah semaraknya pesta kemenangan umat Islam. Hal ini karena kembang api tidak menimbulkan ledakan layaknya petasan. Namun perlu juga berhati-hati dalam bermain kembang api.

5. Takbiran/Menabuh Bedug

Takbiran adalah tradisi Lebaran di Indonesia selanjutnya yang berlangsung pada malam hari menjelang hari Lebaran dimana orang-orang akan berkeliling mengumandangkan takbir sembari menabuh beduk dengan meriah.

Ada yang menggumandangkan takbiran dimesjid hingga melakukan Pawai. Pawai takbiran ini sendiri bisa berbeda-beda di setiap daerah tergantung tradisi di daerah tersebut.

6. Makan Ketupat

Moment hari raya idul fitri rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran ketupat dan lauk pauk lainnya. Ketupat menajadi salah satu makanan khas indonesia saat hari lebaran tiba. Ketupat ini biasanya ditemani dengan opor, gulai, rendang, sambal goreng kentang dan masakan khas lainnya. Menikmati ketupat bersama sanak saudara besar membuat perayaan semakin spesial dan bermakna.

7. Membagikan THR

THR merupakan tradisi yang paling ditunggu-tunggu oleh sekian anak-anak kecil. Di tradisi ini orang dewasa menyiapkan sebuah amplop lucu atau berkarakter untuk mengisi uang saku yang akan dibagikan ke pada orang-orang lebih muda. Jadi untuk kamu yang sudah berpenghasilan, jangan lupa untuk menyiapkan THR, ya!

8. Silaturahmi atau Halal Bihalal

Setelah melaksanakan shalat EID, biasanya masyarakat indonesia melakukan silaturahmi dengan mengunjungi beberapa rumah sanak saudara, sahabat maupun tetangga. Biasanya masyarakat bersilaturahmi untuk mengucapkan maaf satu ama lain. Istilah ini lah yang dikenal sebagai Halal bi Halal.

9. Ziarah Makam

Nyekar atau ziarah, menjadi hal wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia di Hari Lebaran. Biasanya hal ini dilakukan selepas Shalat Idul Fitri atau di pagi hari Lebaran pertama tiba. Tak jarang pipla orang yang membawabunga-bunga atau kemenyan saat berziarah ke makam.

10. Mudik

Tradisi terakhir ialah mudik Pulang Kampung atau berlibur lebaran. Hal ini memang menjadi momen untuk bersilaturahmi dengan saudara atau keluarga yang jauh di kampung halaman. Biasanya saat leharan tiba, akan ada banyak para perantau melakukan mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga besar.

Tak heran jika momen mudik ini identik dengan kemacetan di beberapa titik. Sebab, setiap tahunya, pemudik bisa mencapai hingga puluhan juta per tahunnya.

11. Siapkan Persediaan Kue

Selain kesepuluh tradisi khas lebaran di Indonesia yang telah dibahas di atas, hal penting lainnya yang tidak boleh terlewatkan yakni mempersiapkan ketersediaan kue di rumah. Adanya aneka kue akan memudahkan mu dalam menyambut setiap tamu yang singgah ke rumah.

Itulah berbagai tradisi Lebaran yang ada di Indonesia. Tradisi Lebaran mana yang tak pernah kamu lewatkan dan jadi pilihan favoritmu?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru