12 November: Peringatan Hari Ayah Nasional, Begini Sejarahnya!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ketahui sejarah Hari Ayah Nasional yang diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya, ini sebagaimana digagas semenjak tahun 2006.

INDIFFS.COMHari Ayah Nasional atau National Father’s Day selalu diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Meski demikian, sayangnya tak banyak orang yang mengenal dengan peringatan ini.

Saking tidak mengenalnya, banyak orang yang tak terlalu antusias merayakan momen ini. Padahal, perlu kamu ketahui, peringatan ini dibuat sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap peran ayah atau bapak dalam keluarga.

Terlebih, dalam suatu keluarga jasa seorang ayah sangatlah besar. Yang mana, ayah berperan untuk mencari nafkah agar kebutuhan keluarga terpenuhi.

Maka dari itu, tak ada salahnya jika kamu mengapresiasi jasanya dengan ikut serta memperingati dan merayakan hari ayah ini.

Sejarah Hari Ayah Nasional

Seperti peringatan hari penting lainnya, Hari Ayah juga memiliki sejarah dan asal usulnya. Melansir dari berbagai sumber, berikut sejarah awal mula terbentuknya peringatan hari ayah nasional.

Peringatan Hari Ayah di Indonesia sendiri diprakarsai oleh paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada tahun 2006. Peringatan ini bermula, saat PPIP merayakan Hari Ibu dengan mengadakan Lomba Menulis Surat untuk Ibu.

Pada akhir acara, mayoritas peserta lomba mempertanyakan kepada panitia mengenai penyelenggaraan lomba menulis surat untuk Hari Ayah. Saat itu, belum ada agenda nasional yang secara khusus memperingati ayah. Padahal, peran bapak atau ayah sebagai bagian dari keluarga, juga memegang peran penting dalam pembentukan karakter keluarga.

Para peserta tersebut juga menganggap sosok Ayah juga menjadi bagian penting dalam sebuah keluarga. PPIP pun kemudian melakukan audiensi ke DPRD Surakarta menyusun agenda peringatan Hari Ayah di Indonesia.

Penetapan Hari Ayah di Indonesia

Setelah melalui kajian cukup panjang, PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk diperingati di Indonesia. Melalui deklarasi itu, pada tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional yang juga bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional.

Deklarasi Hari Ayah Nasional yang kala itu mengusung semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya‘ diselenggarakan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga, diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Selanjutnya, PPIP mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah Nasional kepada Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di empat penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

Hari Ayah Nasional 12 November pertama kali dideklarasikan pada tahun 2006 di Solo pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sejak itu dan hingga kini, setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional.

Demikianlah penjelasan seputar National Father’s Day yang diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahunnya. Kendati demikian, berbeda dengan Hari Ayah Se-Dunia yang diperingati pada tanggal 19 Juni.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru