13 Fakta Menarik Panda Si Beruang Lucu yang Jarang Diketahui!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Hewan pada umumnya menghabiskan 60 persen energi dalam sehari, namun fakta Panda berbeda yang hanya menghabiskan 30 persen energi dalam sehari.

IndiffsPanda merupakan salah satu jenis hewan mamalia, hewan berbulu hitam putih ini juga selalu menunjukan tingkahnya yang mengemaskan sehingga disukai banyak orang. Namun tak hanya itu, ada beberapa fakta menarik Panda yang mungkin jarang diketahui banyak orang, yuk simak dibawah ini:

1. Hewan yang Suka Menyendiri

Fakta panda yang pertama, jelas berbeda dengan hewan peliharaan lain seperti kucing yang suka bermain terhadap manusia atau mungkin terhadap kucing lainnya. Namun, Panda ini lebih suka menyendiri dan menikmati makanan yang dimilikinya. Karena jika panda ini berkumpul dengan sekumpulan panda lain mungkin hal negatif akan terjadi seperti berebutan makanan yang dimilikinya, tentu hal inilah yang tidak disukai oleh hewan berbulu hitam putih ini.

2. Memiliki 6 Jari

Kita sering mengira bahwasanya jari panda memiliki lima seperti manusia, namun ternyata itu salah. Faktanya panda memiliki 6 jari lho, jari panda ke-6 ini seperti ibu jari manusia. Dimana memiliki fungsi yang sama dengan ibu jari, tetapi sebenarnya ini merupakan tulang pergelangan tangan yang tidak biasa seperti tumit kaki yang berlawanan dengan otot yang kuat tetapi tidak memiliki sendi yang dapat digerakkan.

3. Menelantarkan Anak, Jika Memiliki Anak Kembar

Jelas dan jangan samakan dengan manusia, ketika memiliki anak kembar justru akan merasa sangat bahagia. Berbeda dengan panda, panda liar biasanya hanya memiliki satu anak, sedangkan panda di penangkaran lebih cenderung memiliki anak kembar. Di alam liar, jika ibu panda memiliki dua anak, dia hanya akan memberi makan anaknya yang dia anggap lebih kuat dari yang satunya dan yang lain dibiarkan berjuang sendiri.

Alasannya adalah bahwa bayi yang baru lahir sangat lemah, dan mampu mengonsumsi bambu pada usianya yang berusia sekitar 12 bulan. Namun, panda betina tidak memiliki cukup air susu untuk merawat dua anaknya.

4. Lebih Suka Memanjat Pohon dan Berenang

Tentu hal ini merupakan identik wajar yang kita ketahui mengenai panda, namun lebih dari pada itu ternyata manjatnya panda dewasa ini bisa hanya sekedar melihat pemandangan saja lho. Selain itu, panda ini juga menyukai berenang seperti beruang.

5. Menghabiskan Waktunya untuk Makan dan Tidur

Panda dewasa khususnya, akan menghabiskan waktunya 12 jam untuk makan, bahkan Panda ini bisa memakan bambu sebanyak 38 kilo gram. Tak hanya itu, apabila Panda ini tak mendapatkan makanan, ia akan tertidur pulas untuk mengisi waktu kekosongannya sebanyak 2 sampai 4 jam.

6. Umur Panda

Panda yang berumur satu tahun sama seperti manusia yang berumur tiga tahun, dan bahkan panda dewasa hidup hingga 18-20 tahun di alam liar dan 25 sampai 30 tahun di penangkaran. Panda raksasa tertua di dunia adalah Xinxing (‘Bintang Baru’) di Kebun Binatang Chongqing pada usia 38 tahun dan empat bulan (1982–2020). Itu setara dengan 115 tahun manusia.

7. Dapat Buang Air Sebanyak 28 Kilogram Per Hari

Memang terdengar aneh dan sedikit tidak dapat dipercaya, namun ini karena panda dewasa ini mengonsumsi bambu yang mengandung air dan tak hanya itu bambu sendiri termasuk ke dalam rendah nutrisi. Maka dari itu panda harus memakan bambu dengan jumlah yang besar. Dan jelas ini akan membuat panda lebih banyak untuk melakukan buang air. Dan ia akan lakukan buang air setiap 15 hingga 20 menit itu karena sebagian bambu yang tidak dicerna dengan baik.

8. Bulu Hitam Putih Panda Memiliki Fungsi Komuflase

Warna  hitam dan putih panda adalah komuflase yang bagus. Panda perlu menghabiskan sebagian besar waktunya mencari bambu untuk dimakan di habitatnya, yang sebagian besar adalah hutan dan pegunungan bersalju. Warna hitam dan putih mereka membantu mereka menghindari perhatian yang tidak diinginkan. Bulu putih mereka membantu panda bersembunyi di salju pada habitat asalnya, dan warna hitam membantu mereka menyatu dengan bayangan hutan.

9. Anak Panda Memiliki Warna Pink

Jelas ini aneh yang biasanya panda memiliki warna ciri khasnya yaitu hitam putih, tapi ini warna pink. Tentunya warna pink ini dimiliki oleh panda yang baru lahir, dan ia tidak berbulu serta cenderung memiliki warna merah muda atau pink. Dan bayi panda ini biasanya memiliki berat hanya 100 gram, yang berbeda disaat usia dewasa yang mencapai puluhan kilo gram.

10. Tidak Berhibernasi

Berbeda dengan hewan lainnya, binatang yang satu ini tidak berhibernasi. Penyebab hewan berhibernasi ini karena agar mereka bisa menghemat energi tubuh dan bertahan hidup selama musim dingin saat makanan langka. Namun berbeda dengan panda, karena pola makan mereka yang besar dan mampu mencegah dari hibernasi serta mampu menyimpan cukup lemak untuk tidur selama musim dingin pada tempat asalnya.

11. Menandai Wilayahnya dengan Menempelkan Aroma Tubuhnya

Panda dewasa akan menandai wilayah mereka dengan meninggalkan aroma mereka di kulit pohon melalui air seni, dengan menggosok-gosoknya pada pohon. Semakin tinggi mereka dapat menandai aroma mereka di pohon, semakin kuat mereka dalam mempertahankan wilayah mereka.

12. Mampu Bertahan Hidup Hanya dengan Makan Bambu Saja

Aktivitas panda yang sedikit, akan tetapi sering melakukan makan yang banyak ini membuat pada mampu bertahan hidup. Karena hasil penelitian mengungkapkan ternyata ia mengkonsumsi rata-rata 4,6 megajoule energi per hari. Ini setara dengan membakar 1.100 kilo kalori. Untuk hewan yang berbobot rata-rata 91 kilogram, konsumsi itu terbilang sangat rendah, dan tentunya menjadi kekuatannya.

13. Termasuk ke Dalam Hewan yang Sangat Pemalas

Fakta Panda yang terakhir nyatanya hewan lain menghabiskan energi sebanyak 60 persen, namun panda ini hanya menghabiskan 30 persen saja. Sungguh ini terbilang sangat pemalas, untuk mengetahui apa yang dilakukan panda-panda itu, para ilmuwan memantau panda-panda di kandang setiap 100 menit dan mencatat apakah si panda sedang makan, duduk, tidur, atau melakukan yang lain. Sementara panda di alam liar dilacak dengan GPS untuk mengetahui seberapa banyak mereka bergerak, ternyata sama aja Panda itu tak banyak bergerak. Di alam liar, panda secara fisik hanya aktif 49 persen dari keseluruhan waktu. Ketika bergerak, kecepatan rata-ratanya hanya 26,9 meter per jam.

Itulah beberapa fakta mengenai panda hewan lucu berwarna hitam putih ini, yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Semoga menambah wawasanmu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru