13 Manfaat Mandi Pagi Dengan Air Dingin, Jangan Malas!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Mandi di pagi hari dengan air dingin tentunya membuat badan menggigil, namun perlu di ketahui ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Indiffs – Mandi di pagi hari menggunakan air dingin mungkin sering di lakukan oleh sebagian orang, memang hal ini membuat kamu terasa dingin bahkan menggigil. Akan tetapi, di balik efek sementara yang kamu rasakan itu ada beberapa khasiat serta manfaat yang dapat kamu dapatkan ketika kamu melakukan mandi di pagi hari dengan air dingin tersebut.

Manfaat Mandi Pagi

Ada beberapa manfaat melakukan hal ini yang baik bagi  tubuh kamu:

1. Meningkatkan Proses Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh ini tentunya sangat di perlukan bagi setiap orangnya, karena pada saat metabolisme tubuh ini bekerja, akan memproses makanan dan minuman kamu menjadi energi, maka dari itu proses metabolisme tubuh ini sangat penting. Kamu bisa meningkatkan metabolisme tubuh ini dengan cara mandi di pagi hari, ini tentunya akan membuat kamu lebih segar di siang hari dan menumbuhkan semangat kamu untuk menjalankan aktivitas.

2. Dapat Mengurangi Obesitas

Ternyata seseorang yang mengalami obesitas ini dapat di turunkan dengan cara sederhana dan tidak terlalu sulit untuk mengubah gaya hidupnya, dengan melakukan mandi di pagi hari juga ini akan mengurangi berat badan yang berlebih. Hal ini karena proses peningkatan metabolisme tubuh yang terjadi dan mempercepat memproses makanan atau minuman yang ada di tubuh kamu serta dapat menyembuhkan sistem pencernaan dan menyebabkan penurunan berat badan.

3. Meningkatkan Sirkulasi Tubuh

Mandi di pagi hari dengan menggunakan air dingin ini memang terasa tidak nyaman, tetapi hal ini juga bisa menyebabkan kamu terasa lebih segar. Ini karena air yang lebih dingin dari suhu alami tubuh kita menyebabkan tubuh bekerja sedikit lebih keras untuk mempertahankan suhu intinya. Bila hal ini dilakukan secara teratur, dapat membuat sistem peredaran darah kita lebih efisien. Hal ini juga baik bagi sistem sirkulasi tubuh, apabila ini dilakukan tentunya baik dan dapat meningkatkan sirkulasi tubuh kamu.

4. Membantu Melawan Penyakit

Tubuh kita memproses nutrisi yang dapat menjadi sel sel dan membuat tahan terhadap unsur-unsur yang kita hadapi. Pada saat melakukan mandi pagi ini juga dapat membuat leukosit yang dimana mampu membantu melawan infeksi di dalam tubuh. Sentuhan air dingin dalam aliran darah dapat merangsang leukosit ini, Dalam artian mandi air dingin dapat membantu daya tahan tubuh kamu terhadap penyakit pada umumnya, seperti pilek dan flu.

5. Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selanjutnya manfaat mandi di pagi hari juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena  jika kamu mandi dengan air dingin, akan ada persentase sel darah putih yang lebih tinggi dan ini dapat meningkatkan metabolisme yang tinggi dan menyebabkan kekebalan tubuh ini meningkat.

6. Mengurangi Depresi

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapat kan adalah mampu mengurangi depresi, karena sentuhan air dingin yang terjadi ini dapat memberikan efek positif bagi tubuh kamu, dan dapat meningkatkan mood baik bagi kamu. sehingga proses relaksi tubuh dapat terjadi dan inilah yang mampu membuat mengurangi resiko depresi.

7. Membantu Pemulihan Otot Lebih Cepat

Jelas ini akan terjadi pada tubuh kamu, karena pada saat sentuhan air dingin terjadi ini membuat otot otot kamu menjadi bergerak . Dikutip dari healthshots, “Mandi air dingin akan membantu seseorang untuk mengatasi nyeri otot. Ini seperti kompresi dingin,”. Tentunya hal ini baik bagi kamu para pekerja yang dapat membantu penguatan otot.

8. Bagus untuk Kulit dan Rambut

Tak hanya perawatan yang mampu memperindah kulit serta rambut kamu, ternyata dengan melakukan mandi pagi juga mampu memberikan efek yang bagus bagi kulit serta rambut kamu. Ini terjadi karena mandi air dingin cenderung mengencangkan kulit dan pori-pori, ini dapat mencegahnya tersumbat dan dapat mencegah kotoran masuk. HAl ini tentunya sangat baik bagi pertumbuhan rambut dan perkembangan kulit kamu.

9. Mampu Menghilangkan DOMS

DOMS atau Delayed Onset Muscle Soreness adalah rasa nyeri atau tidak nyaman yang terjadi setelah melakukan latihan terutama latihan kekuatan. Biasanya ini sering terjadi pada atlet atau orang yang terbiasa melakukan aktivitas berat. Tentunya ini dapat membuat rasa nyeri pada tubuh kamu timbul akibat aktivitas kemarin atau sebelumnya dilakukan. Tapi dengan melakukan mandi pagi menggunakan air dingin ini tentunya mampu menghilangkan hal tersebut. Ini karena rasa dingin menyebabkan arteri menyempit, yang mampu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri pada tubuh.

10. Meningkatkan Konsentrasi Kamu

Manfaat selanjutnya ialah mampu meningkatkan fokus atau konsentrasi kamu, yang paling mungkin bermanfaat bagi kamu tentunya kemampuan air dingin untuk mengurangi kelelahan sehingga baik dan dapat melakukan bekerja dengan lebih fokus.

11. Mampu Mengatasi Stres Lebih Efisien

Air dingin ini dapat meningkatkan kadar glutathione dalam darah, serta menyimpulkan bahwa ini membantu menurunkan tingkat produk sampingan biologis berbahaya seperti superoksida dismutase, glutathione peroksidase, dan katalase. Dalam artian mandi di pagi hari dengan menggunakan air dingin mampu membantu kamu mencegah dari berbagai penyakit yang timbul.

12. Meningkatkan Semangat

Karena sentuhan air dingin pada tubuh kamu ini akan memperkuat niat kamu, untuk melakukan guyuran selanjutnya karena rasa dingin yang kamu hadapi pada saat itu. Selain sari pada itu ini akan membuat kamu bersemangat untuk menjalani hari mu dengan efek positif tubuh yang baik.

13. Meningkatkan Imun Kamu

Studi mengatakan dan telah menemukan bahwa mandi air dingin meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh kamu. Sel-sel darah ini melindungi tubuh kamu dari penyakit. Para peneliti percaya bahwa proses ini terkait dengan peningkatan laju metabolisme, yang merangsang respons imun. Maka dari itu imun yang baik tentunya di perlukan bagi tubuh, dan ini bisa kamu dapatkan dengan melakukan mandi di pagi hari.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapat kan ketika melakukan mandi di pagi hari, selain baik bagi kesehatan tubuh tentunya aktivitas ini mampu memberikan efek positif  bagi tubuh kamu yang tentunya baik untuk melakukan rutinitas sehari hari kamu. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru