13 Oktober 2022: Hari Pengurangan Risiko Bencana Sedunia

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Setiap tanggal 13 Oktober diperingati sebagai Hari Pengurangan Bencana Sedunia. Dimana peringatan ini diinisiasi oleh PBB pada tahun 1989.

INDIFFS.COMHari Pengurangan Risiko Bencana Sedunia atau International Day for Disaster Risk Reduction, diperingati setiap tanggal 13 Oktober. Peringatan ini dibuat untuk menghormati orang-orang dan komunitas di seluruh dunia yang bekerja untuk mengurangi kerentanan terhadap bencana.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap tindakan-tindakan yang dapat dilakukan guna mengurangi resiko bencana. Dimana, masyarakat di negara-negara rawan bencana, seperti Indonesia. Memang, sudah sepatutnya memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengantisipasi resiko dan dampak bencana alam, yang sampai saat ini yang belum cukup.

Tema Hari Pengurangan Risiko Bencana Sedunia

Hari Pengurangan Risiko Bencana yang diperingati 13 Oktober 2022 adalah kesempatan untuk mengakui kemajuan yang dibuat dalam mencegah dan mengurangi risiko bencana.

Adapun tema hari Pengurangan Risiko Bencana ini ialah “Akses ke sistem peringatan dini dan informasi serta penilaian risiko bencana“.

Pada tahun 2022, hari ini akan akan fokus pada Target G Kerangka Sendai: “Secara substansial meningkatkan ketersediaan dan akses ke sistem peringatan dini multi-bahaya dan informasi dan penilaian risiko bencana kepada orang-orang pada tahun 2030.”

Urgensi untuk mencapai target ini diperkuat pada Maret 2022 dengan pengumuman yang dibuat oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. Menyatakan bahwa: “PBB akan mempelopori tindakan baru untuk memastikan setiap orang di Bumi. Dilindungi oleh sistem peringatan dini dalam waktu lima tahun.” Dikutip dari Tirto.id.

Sejarah Hari Pengurangan Risiko Bencana

Hari Internasional untuk Pengurangan Risiko Bencana ini telah diperingati pada 13 Oktober 1989. Peringatan itu dilakukan setelah adanya seruan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait kesadaran risiko dan pengurangan risiko bencana.

Tahun 2015 diselenggarakan Konferensi Dunia PBB yang ketiga tentang Pengurangan Risiko Bencana di Sendai, Jepang. Konferensi tersebut mengingatkan masyarakat internasional, bahwa bencana paling parah terjadi di tingkat lokal. Bencana berpotensi menimbulkan korban jiwa, pergolakan sosial dan ekonomi yang besar.

Setiap tahunnya, bencana yang terjadi secara tiba-tiba menyebabkan jutaan orang di dunia tergusur dari rumahnya. Tentunya bencana ini akan berisiko menghambat investasi dalam pembangunan berkelanjutan dan hasil yang diinginkan.

Sehingga di tingkat lokal kapasitas pengurangan risiko bencana perlu segera diperkuat. Untuk itu, Kerangka Kerja Sendai ditujukan untuk Pengurangan Risiko Bencana berfokus pada orang dan berorientasi pada tindakan dalam pendekatannya terhadap pengurangan risiko bencana.

Untuk setiap tahun, United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR) bekerja bersama para praktisi, pakar, dan inovator untuk menyelidiki keadaan risiko di seluruh dunia. Menyoroti apa risiko baru lain yang mengancam, melihat tren yang muncul, mengungkapkan pola yang mengganggu, memeriksa perilaku, dan menyajikan kemajuan dalam mengurangi risiko.

Ucapan Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional

Adapun beberapa ucapan peringatan, sebagai bentuk kepedulian terhadap pencegahan bencana:

  1. Menjadi sedikit proaktif tentu bisa menyelamatkan kita dari banyak komplikasi dalam hidup. Salam hangat di Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional untuk Anda!
  2. Bahkan bencana terbesar pun dapat dikurangi, jika kita berhati-hati dalam berbagai hal. Selamat Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional!
  3. Dalam rangka Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional, marilah menyadarkan semua orang di sekitar bahwa kita dapat mengendalikan risiko dan mengurangi bencana.
  4. Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional merupakan pengingat bagi semua bahwa ada bencana di sekitar dan kita dapat bekerja sama untuk mengendalikannya.
  5. Mari kita tambahkan lebih banyak makna pada Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional dengan mempelajari fakta bahwa masing-masing memiliki kekuatan untuk mengendalikan bencana.

Demikian informasi mengenai Hari Peringatan Bencana Internasional, dan diperingati dengan tujuan utamanya adalah pencegahan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru