15 Pahlawan Nasional Indonesia Paling Dikenang Sepanjang Masa

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Inilah beberapa pahlawan nasional yang memiliki peranan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan tanah air Indonesia. Simak selangkapnya!

INDIFFS.COM – Banyak sekali pahlawan nasional yang tercantum dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Hal ini karena perjuangan dan tindakan merekalah yang membuat bangsa Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda.

Terlebih tanpa adanya jasa para pahlawan, mungkin bangsa ini tidak bisa merdeka seperti sekarang. Mengingat bahwasannya tanggal 10 November mendatang merupakan hari Pahlawan, marilah kita kenali lebih dalam pahlawan-pahlawan bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan Tanah Air.

Nama-Nama Pahlawan Nasional Indonesia yang Paling Dikenal

Tidak luput dari sejarah, mengetahui berbagai sejarah dan pahlawan Indonesia merupakan salah satu cara menghargai jasa para pahlawan kita. Untuk itu, simak beberapa pahlawan perjuangan Indonesia yang merintis kemerdekaan:

1. Ir. Soekarno

Ir. Soekarno

Ir. Soekarno – Indiffs

Seorang proklamator Indonesia yang berasal dari Surabaya, Ir. Soekarno berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Terlebih ia seorang proklamator yang lugas ketika menyampaikan pidato nya. Seorang presiden pertama dalam sejarah Indonesia, Ir. Soekarno juga merupakan pencetus dasar negara Pancasila.

2. Mohammad Hatta

Moh. Hatta

Moh. Hatta – Indiffs

Dikenal sebagai Bung Hatta, ia adalah seorang pahlawan bangsa yang berperan besar dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sejak masih muda ia merupakan seorang aktivis, yang memiliki semangat patriotisme tinggi. Hingga tumbuh menjadi seorang negarawan yang turut mendampingi Soekarno untuk memperjuangkan Indonesia dari penjajahan Belanda.

3. Hasyim Asy’ari

KH. Hasyim Asyari

KH. Hasyim Asyari – Indiffs

Dikenal sebagai pendiri Nahdlatul Ulama (NU), salah satu organisasi Islam pertama dan terbesar di Indonesia. Kyai Haji Mohammad Hasyim Asy’ari juga merupakan intelektual muslim yang mewarnai perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan gagasan-gagasannya yang lestari hingga sekarang.

4. Jendral Soedirman

Jendral Soedirman

Jendral Soedirman – Indiffs

Salah satu tokoh besar yang pernah dilahirkan oleh suatu revolusi, bahkan saat berusia 31 tahun, ia telah menjadi seorang Jendral. Meskipun sedang sakit, ia tidak menyerah dan melawan musuh bersama anak buahnya. Biarpun harus membuatnya ditandu keluar masuk hutan selama 8 bulan.

5. Bung Tomo

Bung Tomo

Bung Tomo – Indiffs

Dikenal dengan aksi heroik nya saat membangkitkan semangat arek-arek Surabaya dalam melawan kembali tentara Belanda dalam pertempuran 10 November. Bung Tomo juga merupakan seorang jurnalis asal Surabaya dan ia juga dikenal dengan semboyan “Merdeka atau Mati”.

6. Agus Salim

KH Agus Salim

KH Agus Salim – Indiffs

Selain memimpin organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Sarekat Islam, ia pun masuk sebagai anggota PPKI dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Kemahiran nya dalam banyak menguasai bahasa asing, membuatnya dikenal sebagai diplomat yang cerdik. Ia juga memiliki pribadi yang alim dan kritis, serta seorang ulama yang moderat.

7. Otto Iskandardinata

Otto Iskandardinata

Otto Iskandardinata – Indiffs

Seorang pahlawan yang mengusulkan Soekarno dan Moh. Hatta menjadi presiden dan wakil presiden pertama untuk Indonesia. Otto Iskandardinata merupakan salah satu anggota BPUPKI dan PPKI, di mana ia aktif mengikuti persiapan kemerdekaan.

8. Ki Hadjar Dewantara

Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara – Indiffs

Seorang pahlawan nasional yang berasal dari Yogyakarta. Ki Hadjar Dewantara merupakan salah satu aktivis pergerakan kemerdekaan. Terlebih di sepanjang hidupnya ia berperan besar dalam pendidikan Indonesia.

9. Sultan Sjahrir

Pahlawan Nasional Indonesia Sultan Sjahrir

Sultan Sjahrir – Indiffs

Seorang intelektual, perintis, dan revolusioner kemerdekaan Indonesia, sultan sjahriri juga dikenal karena jasanya dalam meng-organisasi kemerdekaan Indonesia. Terlebih, ia menjadi politikus dan perdana menteri pertama Indonesia. Kala itu, bersama dengan Bung Karno dan Bung Hatta, ketiganya disebut dengan triumvirate kemerdekaan republik.

10. Muhammad Yamin

Pahlawan Nasional Indonesia Muhammad Yamin

Muhammad Yamin – Indiffs

Seorang pemikir sejarah, sastrawan, ahli bahasa, politisi, dan ahli hukum di samping menjadi tokoh pergerakan nasional. Moh. Yamin juga dikenal sebagai bagian dari tokoh yang merumuskan Sumpah Pemuda dalam Kongres Pemuda II serta penggagas falsafah Pancasila dalam BPUPKI.

11. H.O.S Tjokroaminoto

Pahlawan Nasional Indonesia H.O.S Tjokroaminoto

H.O.S Tjokroaminoto – Indiffs

Seorang tokoh pergerakan nasional, Haji Oemar Said Tjokroaminoto dijuluki Raja Tanpa Mahkota oleh Pemerintah Belanda. Tjokroaminoto merupakan tokoh penentang feodalisme dan seorang guru politik serta induk semang Presiden Sukarno. Beberapa pidato dan tulisan nya sangat meng-inspirasi puluhan ribu orang dan mampu menumbuhkan semangat kebangsaan.

12. Achmad Soebardjo

Pahlawan Nasional Indonesia Achmad Soebardjo

Achmad Soebardjo – Indiffs

Seorang pahlawan nasional yang berasal dari Karawang, Jawa Barat. peran Achmad Soebardjo tak terlepas dari terjadinya proklamasi. Terlebih ia merupakan bagian dari kaum tua yang membujuk Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, Achmad Soebardjo merupakan Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama.

13. Soepomo

Pahlawan Nasional Indonesia MR. Soepomo

MR. Soepomo – Indiffs

Merupakan seorang pahlawan nasional yang berasal dari Sukoharjo, Jawa Tengah. Soepomo memiliki peranan yang sangat penting dalam kemerdekaan Indonesia, terlebih ia terkenal sebagai perancang Undang-Undang Dasar 1945 bersama dengan Moh. Yamin dan Soekarno. Selain itu, Soepomo juga menjabat sebagai Menteri Kehakiman pertama di Indonesia setelah kemerdekaan.

14. Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro – Indiffs

Merupakan pahlawan yang berasal dari Yogyakarta, pangeran Diponegoro berperan besar dalam Perang Jawa. Terlebih Perang Jawa yang terjadi dalam kurun waktu lima tahun, yaitu pada tahun 1825 hingga 1830.

Perang ini juga merupakan salah satu perang terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah perjuangan melawan Belanda. Meskipun berakhir dengan kemenangan Belanda, Pangeran Diponegoro sempat membuat Belanda mengalami kerugian akibat gugur nya ribuan serdadu Belanda.

15. Kapitan Pattimura

Kapitan Pattimura

Kapitan Pattimura – Indiffs

Dijuluki sebagai ayam jantan dari timur, Kapitan Pattimura panglima perang dalam perlawanan rakyat Maluku dengan tentara VOC Belanda. Kapitan Pattimura juga berhasil menyatukan kerajaan Nusantara, tepatnya antara Ternate dan Tidore pada tahun 1817.

Itulah beberapa tokoh pahlawan nasional Indonesia yang memiliki peranan penting, terutama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Semoga menambah wawasan!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru