16 Jenis Tipe Kepribadian MBTI Atau Myers-Briggs Type Indicator

Wiwin Indriani 0 Komentar

Kepribadian menurut Myers-Briggs Type Indicator digolongkan menjadi 16 jenis. Berikut ini Ke-16 tipe kepribadian dalam MBTI

INDIFFS.COMMyers-Briggs Type Indicator atau disingkat menjadi MBTI adalah tes kepribadian dengan serangkaian pertanyaan tentang preferensi seseorang pada domain yang berbeda. Penggagas tipe kepribadian MBTI ini adalah Katharine Cook Bridges dan Isabell Briggs Myers pada tahun 1940-an.

16 Jenis Kepribadian MBTI

Kepribadian menurut Myers-Briggs Type Indicator di golongkan menjadi 16 jenis. Ke-16 tipe kepribadian dalam MBTI tersebut diantaranya:

1. INTJ

Introvert, Intuitive, Thinking dan Judging atau INTJ adalah orang-orang yang dapat dengan cepat memahami pola atas suatu peristiwa yang tengah terjadi, kemudian menyusun perspektif dalam jangka panjang. Mereka mandiri, terorganisir, serta memiliki standar kompetensi dan kinerja yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain.

Pemikir yang imajinatif dan orisinil ini memiliki motivasi untuk menjalankan ide-idenya hingga mencapai tujuan. Visioner, mandiri, dan percaya diri memiliki kemampuan menganalisa yang bagus skeptis, kritis, logis, dan kadang keras kepala. Maka dari itu, pribadi INTJ mendapat julukan “Si Ahli Strategi”

2. ENTJ

Orang yang memiliki kepribadian ENTJ atau Extrovert, Intuitive, Thinking, dan Judging biasanya adalah sosok ekstrovert yang tegas, percaya diri, dan blak-blakan. Umumnya, pribadi ini juga sangat visioner, yang artinya ia lebih fokus memikirkan masa depan daripada masa kini. Itulah mengapa pribadi ini kerap dijuluki sebagai sang komandan.

Berkat pengetahuannya yang luas, ENTJ adalah pembaca keadaan yang baik. Ia peka dalam memilah prosedur atau kebijakan yang kurang efisien, bahkan mampu mengembangkan sistem guna mengatasi persoalan dalam organisasi. Tipe kepribadian MBTI ini tak segan memaksakan idenya.

3. INTP

Introverted, Intuitive, Thinking, dan Perceiving adalah orang-orang yang teoritis dan abstrak, dengan tampilan yang cerdas dan tenang. Karena inilah INTP mendapat julukan “Si Logis” atau “Si Pemikir”.

Namun, pribadi INTP biasanya tidak menyukai aturan dan perencanaan. Sebaliknya, ia lebih suka memiliki banyak pilihan terhadap suatu hal. Jika memiliki minat atau ketertarikan terhadap sesuatu, seseorang dengan tipe kepribadian INTP mampu fokus mendalami suatu masalah sampai menemukan solusi.

4. ENTP

Extroverted, Intuitive, Thinking, Perceiving atu ENTP biasa dikenal sebagai pribadi yang logis, cerdas, kreatif, dan paling suka berargumen. Berkat sifat-sifatnya tersebut, pribadi ENTP mendapat julukan “Si Pendebat”.

Sisi ekstrovert kepribadian MBTI ini menjadikannya sosok yang blak-blakan. Mereka tak ragu bila harus memecahkan masalah dengan cara-cara yang menantang, namun sekaligus strategis. Tipe ENTP menyukai kegiatan-kegiatan yang menarik dan mudah merasa jenuh dengan rutinitas.

5. ISTJ

ISTJ atau Intovert, Sensing, Thingking, dan Judging biasanya tipe orang yang cenderung pendiam dan serius. Namun, mereka sangat gigih, bertanggung jawab, dan dapat diandalkan. Pribadi ISTJ umumnya juga selalu menginginkan ketertiban dan keteraturan dalam setiap aspek hidupnya. Oleh sebab itu, ia dijuluki sebagai “Si Perencana yang terorganisir”.

6. ESTJ

Kepribadian ESTJ atau Extroverted, Sensing, Thinking, Judging cenderung konservatif, menyukai sistem dan memberikan saran penyelesaian masalah berdasarkan nilai-nilai yang diterima dalam masyarakat. Tipe ini memahami apa yang benar dan salah dalam lingkungan kemasyarakatan. Mereka menolak rasa malas dan kecurangan dalam pekerjaan, berpegang pada prinsip lalu menunjukkan pembuktian. ESTJ dijuluki sebagai “Si Pengarah yang tegas”

7. ESTP

Kepribadian MBTI ESTP atau Extroverted, Sensing, Thinking, Perceiving adalah sosok yang fleksibel dan toleran, suka menjalin berkomunikasi aktif. Bagi ESTP, teori itu membosankan. Justru mereka belajar dengan baik saat harus melakukan sesuatu secara langsung.

8.ISTP

Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving kerap dijuluki sebagai “Si Mekanik” atau “Si Pengrajin”. ISTP adalah pengrajin yang jeli dengan pemahaman tentang mekanik dan minat dalam pemecahan masalah. Mereka mendekati lingkungan mereka dengan logika yang fleksibel, mencari solusi praktis untuk masalah yang dihadapi.

9. ISFJ

Introverted, Sensing, Feeling, Judging atau ISFJ adalah pengasuh yang rajin, setia pada tradisi dan organisasi. Mereka dikenal sebagai pribadi yang praktis, penyayang, peduli, kehangatan dan aura positifnya yang bisa membawa ketenangan pada orang-ornag di sekitarnya. Karena hal inilah ISFJ di juluki sebagai “Si Pelindung”

10. ESFJ

Extroverted, Sensing, Feeling, Judging atau ESTJ adalah karakter yang suka bekerja sama dalam lingkungan yang harmonis. Orang dengan kepribadian ini mampu memahami kebutuhan orang lain berusaha memenuhinya. Kepribadian MBTI ESFJ ingin dihargai sebagai pribadi dan atas apa yang telah di kerjakan nya. Inilah alasan pribadi ESFJ disebut sebagai “Sang Pengasih”.

11. ISFP

Orang dengan kepribadian ISFP atau Introvert, Sensing, Feeling, Perceiving di juluki sebagai “Si Seniman”. Mereka adalah sosok yang tenang, sensitif dan baik hati. Orang dengan tipe kepribadian ini membutuhkan ruang sendiri, bekerja sesuai dengan waktunya sendiri, hadir dan menikmati masa kini. Mereka berkomitmen pada orang atau prinsip yang penting bagi dirinya. Karena tak menyukai perselisihan atau konflik, ISFP takkan memaksakan pendapat atau prinsipnya.

12. ESFP

Ekstrovert, Sensing, Thinking, Judging kerap di juluki sebagai “Si Pengarah yang tegas”. ESFP di kenal sebagai pribadi yang menghibur. Kebanyakan dari tipe ini adalah aktor/aktris yang bergelut di dunia entertainment di mana mereka senang mendapat perhatian dari lingkungan.

Mereka menjadikan dirinya bintang yang suka menghibur orang di sekitarnya. Dengan sense of humor serta kepribadian yang rendah hati, mereka dapat menyentuh orang lain.

13. INFP

Introvert, Intuitive, Feeling, Perceiving di juluki sebagai “Si Mediator”. Mereka adalah idealis, imajinatif, perfeksionis dan memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Saat terdapat konflik, pribadi INFP biasanya sangat pandai menjadi mediator untuk menengahi konflik tersebut.

14. ENFP

Pada umumnya orang dengan kepribadian ENFP atau Ekstrovert, Intuitive, Feeling, Perceiving di juluki sebagai “Sang Motivator”. Ini karena orang dengan tipe kepribadian ENFP sangat senang mengumpulkan berbagai ide positif untuk membantu orang lain dan mampu mengalirkan energi positif tersebut pada orang-orang di sekitarnya.

15. INFJ

Kepribadian INFJ atau Introverted, Intuitive, Feeling, Judging yang kerap di juluki sebagai “Sang Penasihat”. INFJ adalah tipe kepribadian yang paling langka. Pribadi INFJ biasanya sangat suportif, peka terhadap perasaan orang lain dan suka menolong. Tidak hanya itu, mereka juga terkenal dengan idealisme nya untuk mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang.

16. ENFJ

Kepribadian ENFJ atau Extroverted, Intuitive, Feeling, Judging terkenal akan kemampuannya untuk menjalin persahabatan dengan hampir setiap kepribadian lainnya, bahkan dengan pribadi yang sangat tertutup. Biasanya, Individu ENFJ juga memiliki empati yang tinggi. Sehingga mereka sangat senang membantu orang lain untuk mencapai tujuan mereka. Berkat karakteristik nya ini, pribadi ENFJ di juluki sebagai “Sang Protagonis”.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru