2 Bacaan Doa Sakit Gigi Yang Sesuai Dengan Ajaran Rasulullah

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut doa yang sebaiknya dibacakan ketika kamu sedang mengalami sakit gigi, dan sebagai ikhtiar lakukan beberapa cara untuk mengobati nya.

INDIFFS.COM – Sakit gigi ini mungkin kerap dialami oleh sebagian orang pada umumnya. Tidak jarang, sakit gigi ini sering kali membuat seseorang untuk kesulitan makan, hingga kesulitan untuk tidur. Dengan itu, sebagai umat muslim sangat di anjurkan untuk senantiasa memanjatkan doa sakit gigi agar diberi kesembuhan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Meskipun termasuk penyakit ringan, sakit gigi ini terkadang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi rasa nyeri yang ditimbulkan tidak main-main. Bahkan, sakit gigi juga biasanya diikuti dengan sakit kepala.

Itulah mengapa kita sangat dianjurkan untuk membaca doa agar senantiasa dihilangkan rasa sakit yang dirasa. Untuk itu, ada beberapa doa sakit gigi yang sesuai ajaran Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam.

Doa Sakit Gigi  

Berikut beberapa doa yang bisa dibacakan pada saat kamu mengalami nyeri akibat sakit gigi, atau nyeri lainnya:

Doa Pertama

doa pertama yang sebaiknya dibacakan ialah, 

(7x)  أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ  (3x)  بِسْمِ اللَّهِ  

Bismillaah, (dibaca 3 kali) A’udzu billahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru, (dibaca 7 kali)

Artinya: “Dengan nama Allah. Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan ku khawatirkan.”

Adapun doa tersebut sebagaimana tertuang dalam Hadist Riwayat Muslim, yang dikutip oleh Imam An Nawawi,

وروينا في صحيح مسلم رحمه الله، عن عثمان بن أبي العاص رضي الله عنه، أنه شكا إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وجعا يجده في جسده، فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم ضَعْ يَدَك عَلَى الَّذِي تَأْلَمُ مِنْ جَسَدِك، وَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ 

Artinya: “Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim rahimahullah, dari Utsman bin Abil ‘Ash RA bahwa ia mengadu kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam lalu mengatakan kepadanya, Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, ‘Bismillah.’ Lalu bacalah tujuh kali, ‘A’udzu billahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru,”

Doa Kedua

Adapun doa kedua yang bisa kamu bacakan untuk menghilangkan rasa sakit yang diderita

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا 

Allahumma rabban naasi adzhibil ba’sa syasfihi wa anta syaafii laa syiffaa’a illa syifaa uka syifaa ‘an laa yughaadiru saqama.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkan penyakit dan sembuhkanlah. Engkau adalah pemberi kesembuhan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sakit.”

Anjuran membaca doa tersebut sebagai mana tertuang dalam Hadist Riwayat berikut,

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ وَكِيعٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ عَنْ إِسْرَائِيلَ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ الْحَارِثِ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا عَادَ مَرِيضًا قَالَ اللَّهُمَّ أَذْهِبْ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ وَاشْفِ فَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ

Telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Waki’, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Adam, dari Israil, dari Abu Ishaq, dari Al Harits, dari Ali, radliallahu ‘anhu, ia berkata:
Nabi Shalallahu A’laihi Wasallam apabila menjenguk orang sakit beliau berdoa:
Allahumma rabban naasi adzhibil ba’sa syasfihi wa anta syaafii laa syiffaa’a illa syifaa uka syifaa ‘an laa yughaadiru saqama” Abu ‘Isa berkata: hadis ini adalah hadis hasan.

Cara Mengobati Sakit Gigi

Selain membaca doa tersebut, alangkah baiknya kamu melakukan beberapa cara untuk mengobati rasa nyeri akibat sakit gigi. Diantaranya:

  1. Kompres pakai es batu
  2. Kumur dengan air garam
  3. Meminum obat pereda nyeri

Demikian doa yang sebaiknya dibaca agar senantiasa di berikan kesembuhan oleh-Nya. Selain itu juga, kamu bisa melakukan beberapa cara sebagai ikhtiar agar rasa sakit yang diderita dapat hilang.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru