2 Contoh Teks Ceramah Tema Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Hani Hnsa 0 Komentar

Dalam memperingati hari Isra Miraj biasanya akan ada kajian atau ceramah tentang Isra Miraj yang disiarkan oleh para ulama ke masyarakat.

INDIFFS.COM – Dalam memperingati hari Isra Miraj biasanya akan ada kajian atau ceramah tentang Isra Miraj yang disiarkan oleh para ulama ke masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan kita dengan salah satu kisah Nabi Muhammad SAW yang istimewa.

Selain menceritakan sejarah perjalanan Rasulullah, ada pula ceramah dengan tema terbaru namun masih seputar tentang Isra Miraj yang bisa disampaikan. Isra Miraj sendiri merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Ceramah Isra Miraj

Mengutip dari berbagai sumber, berikut contoh teks ceramah tentang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang bisa menjadi referensi:

Contoh Teks 1

Assalamualaikum Wr Wb

Pertama-tama dan yang paing utama marilah kita panjatka puja dan puji ke dzat Alloh Ilahi Robby, yang mana atas berkat dan rahmat-Nya lah kita dapat berkumpul dan bermuwajahah di tempat majelis yang mulia ini.

Sholawat beserta salam semoga selamanya tercurah limpahkan kepada baginda termulia, habib tertinggi yang tak pernah korupsi, pucuk pimpinan alam, pendobrak kebathilan penghancur kemusyrikan, yakni habibana wa nabiyyana Muhammad SAW.

Tak lupa kepada para sahabatnya, tabiin dan tabiat nya dan mudah-mudahan sampai kepada kita selaku ummatnya yang senantiasa mengharapakan syafaatul udzma nanti di yaumil jaza.

Aamiinn ya Alloh ya Robbal ‘Alamiin.

Hadirin Rahimakumulloh
Mukjizat yang paling agung kepada Nabi Muhammad setelah Al-quran adalah peristiwa Isra dan Mi’raj, yang terjadi tanggal 27 Rajab bertepatan dengan 19 bulan sebelum Nabi Hijrah ke kota Madinah.

peristiwa ini diabadikan di dalam Al-Qur’an dalam firman Allah Qs. Al-Isra : 1 :

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidilharam ke Al Masjidil aqhsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Dalam perjalanan Isra dan Miraj kanjeng Rasul Saw menemui beraneka ragam kejadian/peristiwa yang luar biasa dimana Nabi Muhammad Saw pernah singgah di tempat tempat yang bersejarah dan mengandung hikmah manfaat bagi kita semua, diantaranya yaitu :

A.Beliau pernah melakukan Shalat Sunnah di beberapa tempat diantaranya :

  1. Beliau melakukan shalat sunnah di Madinah yang menjadi cikal bakal beliau Hijrah ke kota tersebut dan pusat
  2. penyebaran agama Islam.
  3. Madyan tempat hijrah Nabi Musa As
  4. Bukit Thursina, dimana Nabi Musa As menerima kitab suci Taurat
  5. Baitul Lahmi (Betlehem) tempat dilahirkannya Nabi Isya As
  6. Mesjid Al-Aqsha Tempat suci umat Islam yaitu sebelum Nabi melakukan Mi’raj.

B. Kedua Pada saat perjalanan antara Baitulahmi dengan Masjidil Aqsha Kanjeng Nabi Muhammad Saw dipertontonkan rupa-rupa Tamtsil (contoh) akhlaq perilaku manusia yang bagus dan yang buruk. Dimulai dengan dicegah dikejar oleh jin ifrit yang membawa api, namun beliau selamat berkat Do’a yang dituntun oleh Malaikat Jibril As. Ini menjadi suatu isyarat atau tanda bahwa dimana manusia akan melakukan suatu kebaikan maka akan diganggu oleh Setan.

Selanjutnya gambaran orang yang membelanjakan hartanya di jalan Alloh Swt seperti seorang petani yang menanam padi pada suatu hari, pada hari kedua sudah panen lagi. pada sesudah panen kemudian panen lagi dan tidak pernah terhenti terus memanen hasil pertanian nya tersebut. Diantaranya bahwa Tamtsil seorang pengusaha riba digambarkan seperti orang yang berenang di kolam darah yang dilempari oleh batu, kemudian batu tersebut ditelan oleh orang tersebut.

Sesudahnya Nabi Muhammad Saw melihat Tamtsil beraneka ragam, kemudian kanjeng Nabi Muhammad Saw tiba di Masjidil Aqsha yang merupakan Mesjid ketiga termulia yang disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw :”Tidak perlu berkunjung (berangkat) ke tempat manapun, kecuali ketiga mesjid yaitu : Masjidil Haram, Masjidil Kami (Nabawi), dan Masjidil Aqsha.” (Al-Hadist)

Hadirin Rahimakumulloh.

Dari uraian diatas dapat kita petik hikmah dan nilai-nilai pelajaran yang luar biasa dimana kita harus senantiasa menjalankan sunnah rasul, dan menjaga perilaku dan sikap dalam menjalani kehidupan di dunia ini, karena ingat dunia hanya sementara dan akhirat akan abadi untuk selamanya. dan perlu bagi kita mengenal dan melestarikan serta mengunjungi tempat-tempat suci ummat Islam yang penuh dengan berkah. Demikian Pidato dari saya, mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan.

Wallohu Yahdi Ila Sabiililhaq.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi wa Barokaatuh.

Contoh Teks Ceramah 2

Assalamu’alaikum wr.wb.Alhamdulillahirabbil alamin, washolatu wasalamu ala asyrafil’wal mursalin, wa’ala alihi washohbihi ajma’in Amma ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan syafaat nya kepada kita semua. Tak lupa shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan Nabi Agung Muhammad SAW.

Pada hari yang berbahagia ini marilah kita senantiasa mengingat kembali hari yang istimewa. Yaitu kisah perjalanan Nabi Muhammad yang terkenal dengan peristiwa Isra Miraj. Rasul telah menempuh perjalanan panjang saat keadaan beliau sedang tidak baik-baik saja. Sebab baru saja kehilangan kakek, paman dan istri tercintanya.

Meskipun keadaannya sedang bersedih beliau dengan senang hati mau menjalani perintah dari Allah. Peristiwa agung itu terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun 11 Hijriah. Dari sinilah kita dapat mengambil hikmah tentang sebuah rasa sabar atas segala cobaan yang diberikan oleh Allah.

Kesabaran beliau inilah yang seharusnya menjadi contoh bagi kita semua. Dalam menjalani kehidupan pasti akan selalu ada cobaan. Sebagai makhluk yang beriman hendaknya kita selalu berprasangka baik terhadap Allah SWT. Karena dibalik cobaan yang kita terima akan selalu ada hikmah terindah untuk kita.

Jika sedang mendapat cobaan atau musibah hendaknya kita selalu meminta pertolongan hanya kepada Allah. Karena Allah lah satu-satunya penolong. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah selama kita mau berdoa dan berusaha.

Allah berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 153 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar,”

Dari kisah perjalanan suci Nabi itu, terdapat pelajaran yang bisa kita petik. Salah satunya yaitu Allah menunjukkan tanda-tanda kebesaran-Nya kepada Nabi untuk mengobati rasa sedihnya. Diantaranya yaitu Nabi dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah, bertemu Nabi-Nabi sebelumnya, dapat melihat wujud asli malaikat Jibril, melihat surga neraka, hingga bertemu langsung dengan Allah ditempat tertinggi bernama Sidratul Muntaha.

Jama’ah yang berbahagia, semoga dengan peringan Isra Miraj ini kita semua dapat mengambil hikmah dari setiap musibah yang kita alami. Akan selalu ada pelajaran berhaga dibalik itu semua. Tak lupa jangan meninggalkan salat, sabarkan hati dan berdoalah meminta pertongan hanya kepada Allah. Sesungguhnya Allah adalah sebaik-baiknya penolong umat-Nya.

Demikian ceramah singkat dalam memperingati Isra Miraj. Semoga kita semua dapat menjadikan Nabi Muhammad sebagai suri tauladan kita. Amin ya Rabbal Alamin. Wassalamu’alaikun wr.wb.

Demikianlah 2 contoh ceramah yang bertema tentang Isra Miraj yang bisa kamu jadikan referensi, semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru