2 Contoh Teks Pidato Peringatan Hari Santri Nasional 2022

Wiwin Indriani 0 Komentar

Contoh teks pidato untuk memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional yang bisa dijadikan sebagai referensi.

INDIFFS.COMHari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Peringatan ini biasanya dimeriahkan dengan berbagai kegiatan keislaman, seperti lomba pidato. Sebagai persiapan, kamu bisa menyusun materi pidato untuk peringatan Hari Santri Nasional dan berlatih dengan membuat teks dari sekarang.

Contoh Teks Pidato Hari Santri Nasional

Berikut ini adalah contoh pidato untuk peringatan Hari Santri Nasional yang dapat kamu jadikan sebagai referensi.

Contoh 1

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin wabihi nasta’inu ‘ala umuriddunya waddin washolatuwasalamu ala asrofil anbiya iwamursalin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’iin, amma ba’du.

Yang terhormat dan yang saya muliakan kepala (sebut nama kepala sekolah atau nama pengasuh pondok pesantren).

Yang terhormat para guru atau ustadz dan ustadzah.

Yang terhormat para tokoh agama, tokoh masyarakat. Serta santriwan santriwati pondok pesantren yang saya banggakan.

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa ta’ala, yang telah memberikan banyak sekali kenikmatan yang tak terhitung jumlahnya. Nikmat yang senantiasa kita rasakan, khususnya Nikmat Iman dan Islam. Sehingga kita semua dapat berkumpul dalam rangka memperingati hari santri nasional tahun 2022 ini dalam keadaan sehat tanpa suatu halangan apapun.

Sholawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi Besar kita Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wasallam. Kepada keluarga, sahabatnya, dan semoga sampai pada kita semua sehingga kita mendapatkan syafaat di hari kiamat nanti, Aamiin Yaa Robbal ‘alamin.

Keputusan presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri tanggal 22 Oktober 2015 yang bertepatan dengan tanggal 9 Muharram 1437 Hijriyah merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan.

Maka sekarang kisahnya menjadi sangat berbeda. Santri hari ini adalah santri milenial, santri kreatif, serta santri yang percaya dengan kemampuan diri.

Para hadirin yang saya banggakan,

Sudah bukan zamannya lagi jika ada santri yang tidak mengerti dengan teknologi, dan sudah bukan zamannya lagi jika santri tidak boleh berprestasi di bidang sains dan akademik lainnya.

Ada jutaan santri di Indonesia yang saat ini sedang menempuh ilmu. Meski mengambil peran penting untuk menggapai cita-cita Indonesia emas, sebenarnya akhlak adalah poin utama yang paling penting.

Kita sama-sama tahu bahwa tidak sedikit anak-anak muda yang mulai bobrok akhlaknya, mulai liar lidahnya dengan kata-kata kotor, serta mulai luntur perilaku hormatnya.

Ilmu pengetahuan memang penting, kecerdasan juga penting, tapi tetap adab maupun akhlak adalah nomor satu dan yang paling utama.

Maka dari itu, marilah kita semangati para santri untuk istiqomah di jalan kebaikan. Motivasilah para santri di mana pun mereka berada untuk terus belajar, menebar kebaikan, jihad fisabilillah, serta terus memperbaiki diri menuju taqwa.

Sekian dari saya, terimakasih atas perhatiannya.

Wasalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh 2

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin wabihi nasta’inu ‘ala umuriddunya waddin washolatuwasalamu ala asrofil anbiya iwamursalin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’iin, amma ba’du.

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa ta’ala, yang telah memberikan banyak sekali kenikmatan yang tak terhitung jumlahnya. Nikmat yang senantiasa kita rasakan, khususnya Nikmat Iman dan Islam. Sehingga kita semua dapat berkumpul dalam rangka memperingati hari santri nasional tahun 2022 ini dalam keadaan sehat.

Para hadirin yang Saya hormati,

Tanggal 22 Oktober selalu diperingati sebagai Hari santri nasional pada setiap tahunnya.

Peringatan hari santri ini tidak hanya dijadikan sebagai perayaan saja, namun harus dijadikan buktikan bahwa dengan adanya peringatan hari santri nasional ini para santri di nusantara bisa semakin eksis dan terdepan.

Namun, tak jarang banyak berita-berita yang kurang mengenakan yang memojokkan, bahwa santri itu terkenal dengan radikal, santri tidak NKRI dan banyak lagi. Ini sungguh tidak benar!

Mana ada santri tidak cinta negaranya sendiri? mana ada santri tidak bergerak hatinya melihat kekacauan negeri ini.

Mari kita putar waktu ke tahun-tahun kemerdekaan. Betapa semangatnya para santri dan Kiayinya untuk melawan para penjajah.

Betapa semangatnya para santri dan Kiayinya melafalkan kata merdeka. Semua demi apa? Demi kita bebas dari penjajahan, demi bangsa Indonesia merdeka.

Para santri dan santriwati yang saya cintai,

Semoga dengan adanya peringatan hari santri nasional ini mari kita lebih bersemangat dalam mencari ilmu agama, agar kita bisa selamat dunia dan akhirat. Dengan mesantren janganlah takut kita tidak bisa makan, kita tidak bisa memiliki pekerjaan tapi dengan niat yang ikhlas kita mencari ilmu agama nanti jalan untuk mendapatkan dunia juga akan mudah. Insyaallah.

Akhir kata, mohon maaf bila ada kesalahan, wabillahi Taufiq Wal Hidayah

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nah, itulah contoh pidato peringatan Hari Santri Nasional yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru