2 Doa Masuk Pasar Dan Mal Agar Senantiasa Dilindungi Oleh-Nya

Admin 0 Komentar

Saat hendak pergi kepasar atau mal sebaiknya kita panjatkan doa masuk pasar agar senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari bahaya negatif

INDIFFS.COM – Doa masuk pasar mungkin masih terdengar tidak terlalu familiar. Nyatanya, doa ini sangat berguna karena dapat membuat kegiatan belanja menjadi berkah. Karena pasar pernah disebutkan sebagai tempat yang paling buruk. Namun, pasar bukan menjadi tempat yang haram atau tidak boleh untuk dikunjungi.

Buruk tersebut dalam artian karena pasar adalah tempat dimana para penjual bersaing dalam aktivitas duniawi dan berpotensi untuk saling menjatuhkan satu sama lain, sehingga memungkinkan untuk seseorang menjadi lalai kepada Tuhan-Nya.

Pasar juga mungkin bisa menjadi salah satu tempat orang-orang yang melakukan kecurangan hanya demi keuntungan dan tempat dimana orang berlaku mubazir. Maka dari itu, ketika hendak masuk pasar kita perlu untuk membacakan doa. Selain itu, diriwayatkan dalam hadis Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَا

‘ahabu albilad ‘iilaa allh masajiduha, wa’abghad albilad ‘iilaa allh ‘aswaquha

Artinya: “Tempat yang paling disukai Allah adalah masjid-masjid nya, sedangkan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasar nya.”

Doa Masuk Pasar Dan Mal

Pusat pembelanjaan seperti pasar dan mal menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat dalam sehari-hari. Ada banyak kemungkinan kita bertemu dengan berbagai macam orang. Maka dari itu, doa ini wajib di panjatkan ketika hendak memasuki pasar maupun mal agar bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT. Berikut bacaan doa memasuki pasar:

1. Doa Masuk Pasar 

Sebagai umat Muslim, kita dianjurkan untuk membacakan doa ketika hendak memulai kegiatan. Sama hal nya ketika akan memasuki pasar, berikut doa yang dapat kita panjatkan dengan tujuan agar selalu mengingat Allah SWT dan dijauhkan dari bahaya:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Laailaaha illaaLlaahu wahdahu laa syariikalahu, lahu-l-mulku wa lahu-l-hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu biyadihi-l-khair wahuwa ‘alaa kulli syai-in qadiir

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah. Maha Tunggal. Tiada sekutu bagi-Nya. Dialah pemilik kekuasaan dan segala pujian, yang menghidupkan dan mematikan. Dia Maha Mampu atas segala sesuatu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan bahwa barangsiapa yang mengucapkan bacaan tersebut maka Allah mencatat untuknya satu juta kebaikan dan menghapus untuknya satu juta keburukan serta meninggikan untuknya satu juta derajat. Hadits ini termaktub dalam riwayat at-Tirmidzi, dari Sayyidina Umat ibn Khattab.”

2. Doa Masuk Pasar Ajaran Rasulullah

Dalam riwayat lain disebutkan, Rasulullah ketika memasuki pasar membaca:

باسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إنِّي أسألُكَ خَيْرَ هَذِهِ السُّوقِ وَخَيْرَ ما فِيها وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّها وَشَرّ مَا فِيهَا اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ أنْ أُصِيبَ فِيْهَا يَمِيْناً فاجِرَةً أوْ صَفْقَةً خَاسِرَةً

Bismillaah allaahumma innii as-aluka khaira haadzihi-s-suuqi wa khaira maa fîhaa wa a‘uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fîhaa. Allaahumma innii a‘uudzubika an ushiiba fîhaa yamiinan faajiratan au shafqatan khaasiratan

Artinya: “Dengan nama Allah, ya Allah, aku memohon kebaikan dari pasar ini dan kebaikan dari apa yang ada di dalamnya. Aku berlindung dari keburukan pasar ini dan keburukan apa yang ada di dalamnya. Ya Allah, aku berlindung dari sumpah palsu dan transaksi yang merugikan”. (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkar, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

Itulah doa ketika akan memasuki pasar atau mal agar senantiasa dilindungi oleh Allah SWT serta diberikan keberkahan dalam beraktivitas. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru