2 Resep Croffle Viral Yang Gurih dan Renyah, Anti Gagal!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut resep croffle salah satu makanan kekinian yang banyak diminati, selain rasanya yang crispy cara pembuatan nya pun sangat mudah.

INDIFFS.COM – Croffle ini seperti makanan sejenis waffle yang telah populer di kalangan masyarakat. Awalnya, resep croffle ini dibuat oleh seorang koki Prancis dan menjual nya di sebuah Kafe, pada tahun 2017. Namun, seiring perkembangan zaman makanan ini menjadi makanan populer dan kekinian yang telah di jual di berbagai kafe. 

Tak hanya itu, croffle ini sebenarnya merupakan camilan makanan yang dibuat dari adonan croissant yang dimasak dengan menggunakan alat mencetak waffle. Untuk itu, bentuk dari croffle sendiri merupakan gabungan dari croissant dan waffle. Tekstur yang disajikannya pun renyah di bagian luar serta bagian dalam, penasaran bagaimana resep croffle ini? Berikut cara membuat croffle mudah di jamin lezat.

1. Resep Croffle Simple

Resep Croffle Sederhana

Resep Croffle – Sethlui.com

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 20 gram gula pasir
  • 20 gram mentega beku
  • 6 gram susu skim
  • 4 gram ragi instan
  • 2 butir telur ayam
  • 100 gram air hangat
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Adapun cara membuat Croffle sederhana ini sangat mudah dan praktis, langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah, tuangkan air hangat serta ragi ke dalam satu wadah, dan aduk hingga merata. Diamkan sebentar sampai raginya berbuih.
  2. Selanjutnya, langkah lain yang harus kamu lakukan ialah masukan tepung terigu, gula pasir, susu krim dan garam di dalam wadah lain. Lalu, aduk semua bahan tersebut sampai tercampur hingga merata serta masukan telur ke dalam adonan tersebut.
  3. Jika sudah, aduk hingga rata adonan tersebut menggunakan spatula. Pastikan adonan tersebut tercampur merata dan padat.
  4. Selanjutnya, tuangkan adonan ke atas meja yang sudah di lapisi plastik, uleni dengan baik dan elastis. Diamkan selama 30 menit hingga mengembang, pastikan di simpan di dalam wadah yang tertutup.
  5. Jika sudah, pipihkan mentega beku dengan rolling pin. Dan masukan ke dalam ziplock serta simpan di dalam kulkas selama 15 menit.
  6. Jika sudah di diamkan selama 15 menit di dalam kulkas, giling kembali adonan tersebut agar tidak membeku terlalu padat.
  7. Selanjutnya, siapkan alat walffle di atas meja, dan panaskan sebentar. Olesi cetakan tersebut dengan sedikit mentega. Letakkan adonan tersebut di atas cetakan waffle dan ratakan. Tunggu hingga beberapa saat, jika warna sudah kecokelatan segera angkat, sajikan pada piring. Dan croffle siap dinikmati, kamu juga bisa menambahkan sirup atau es krim sebagai pelengkap

2. Resep Croffle dengan Puff Pastry Instan

Resep Croffle dengan Puff Pastry Instan

Resep Croffle dengan Puff Pastry Instan – Resep Pedia

Berikut cara membuat croffle dengan Puff Pastry Instan, yang bisa kamu lakukan.

Bahan-bahan:

  • 750 gram puff pastry instan
  • Tepung terigu secukupnya (untuk taburan)
  • Mentega secukupnya (untuk olesan) 
  • Gula pasir secukupnya (untuk taburan)
  • Air matang (untuk celupan)

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah, letakkan selembar puff pastry di alas memasak yang telah di taburi tepung terigu. Jika sudah potong Puff tersebut menjadi bentuk segitiga sesuai bentuk selera.
  2. Jika sudah dibentuk segitiga, gulung putt tersebut hingga menyerupai bentuk Croissant, dan lakukan hingga puff tersebut habis.
  3. Selanjutnya, pindahkan ke dalam wadah lain dan tutup puff tersebut dengan plastik warp dan diamkan selama 5 sampai 25 menit hingga adonan tersebut.
  4. Setelah itu, panaskan cetakkan waffle dengan api kecil, yang telah di olesi mentega. Kemudian, ambil adonan puff tersebut dan celupkan ke dalam campuran air gula pasir.
  5. Tahapan selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah, masukan adonan tersebut ke dalam cetakan waffle serta tutup cetakan tersebut dan tunggu selama 3 hingga 3 menit, lalukan bulak balik cetakan agar croffle matang secara merata.
  6. Jika sudah matang,angkat lalu sajikan dalam piring. Dan croffle siap untuk dinikmati.

Nah itulah 2 resep croffle yang bisa Anda lakukan di rumah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru