2 Teks MC Pembawa Acara Peringatan Malam Nuzulul Quran

Admin 0 Komentar

Pada acara peringatan Nuzulul Quran biasanya terdapat teks MC atau pemandu acara yang memandu jalannya acara agar berjalan lancar.

INDIFFS.COM – Pada acara peringatan Nuzulul Quran biasanya terdapat teks MC atau pemandu acara yang memandu jalannya acara agar berjalan lancar. Contoh pembawa acara berikut ini digunakan sebagai referensi bagi pembawa acara untuk memandu acara peringatan malam Nuzulul Quran.

nuzulul quran adalah salah satu momen penting yang terjadi pada satu malam di bulan Ramadhan. kegiatan ini diadakan sebagai bentuk pengetahuan bagi umat muslim bahwa alQuran diturunkan pada bulan yang sangat mulia.

Teks MC Nuzulul Quran

Bagi kamu yang diamanahkan untuk menjadi MC di malam acara nuzulul quran, contoh dibawah ini bisa kamu jadikan referensi dan mudah kamu hafal. Berikut contoh pembawa acara kegiatan malam Nuzulul Quran di sekolah dan masjid yang dilansir dari Guru Penyemangat dan sumber lainnya:

1. Teks Pembawa Acara Peringatan Nuzulul Quran di Sekolah

Bismillah;
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillah. Alhamdulillahilladzii anzalnahu fi lailatil qadr. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ‘ala ali Sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK beserta wakilnya
Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Tata Usaha beserta perangkatnya
Yang terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK
Yang kami banggakan, siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK
Dan yang sama-sama kita muliakan, al-Ustadz…….yang pada saat ini telah hadir di tengah-tengah kita.

Pertama di atas segalanya, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat karena dengan nikmat-Nya lah kita bisa berkumpul di lapangan/ruangan ini dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kurang sesuatu apa pun.

Shalawat berbingkaikan salam kita hadiahkan kepada al-akhirul anbiya, kekasih Allah, Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia

Pada kesempatan yang mulia di bulan Ramadhan ini, izinkanlah saya membacakan susunan acara kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an 8 April 2023:

  • Pembukaan
  • Pembacaan Kalam Ilahi dan Saritilawah
  • Sambutan
  • Penampilan Nasyid/Shalawat/Asmaul Husna
  • Tausiyah Islam
  • Kuis
  • Doa
  • Penutup

Kita masuki acara pertama yaitu pembukaan. Agar mendapat berkah dari Allah SWT, marilah kita buka kegiatan hari ini dengan membaca basmallah. Bismillahirrohmaanirrohim.

Acara telah resmi kita buka. Kita beranjak menuju acara yang kedua yaitu pembacaan Kalam Ilahi dan Saritilawah.

Dalam hal ini Kalam Ilahi akan dibacakan oleh saudara………dan Saritilawah oleh saudara……..Kepada yang bertugas, disilakan.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang insyaAllah dirahmati oleh Allah SWT;

Kita masuki acara yang ketiga yaitu sambutan yang akan disampaikan oleh Bapak/Ibu Kepala SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK sekaligus membuka kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an secara resmi. Kepada Bapak/Ibu……..dipersilakan.

Kita masuki acara yang keempat yaitu penampilan Nasyid/Shalawat/Asmaul Husna dari tim…….Kepadanya dipersilakan.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Tibalah kita di acara inti yaitu tausiyah Islam dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an yang dalam hal ini akan disampaikan oleh Ustadz………….Kepada Ustadz………dipersilakan.

Alhamdulillah, itulah tadi penyampaikan tausiyah Islam oleh Ustadz……….. Semoga kita semua bisa memetik makna, hikmah, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Kita masuki acara berikutnya yaitu kuis yang dalam hal ini akan dipimpin oleh Bapak…….Kepada Bapak……..disilakan.

(Untuk pembagian hadiah kuis), dimohon ketersediaannya kepada Bapak/Ibu untuk memberikan hadiah kepada para pemenang kuis.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Kita beranjak menuju acara berikutnya yaitu doa. Doa akan dibacakan oleh saudara………Kepadanya dipersilakan.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang dirahmati oleh Allah SWT;

Acara demi acara telah dilalui dan tibalah kita pada acara yang terakhir yaitu penutup. Sebelum ditutup, saya selaku pembaca acara kegiatan memohon maaf apabila terdapat kata-kata dan ucapan yang salah.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

2. Teks Pembawa Acara di Masjid

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Alhamdulillahi robbil ‘alaamiin wassholatu wassalamu ‘alaa asrofil anbiyaa’ii wal mursaliin, wa’alaa alihi washobihi ajma’in. Robbi shrohli shodri wayashshirli amri wahlul ‘uqdatamilisani yafqohu qauli amma ba’du

Yang terhormat Ustadz yang hadir dalam kegiatan malam nuzul quran, yang senantiasa kami harapkan ilmunya dan kami muliakan.

Yang kami hormati Bapak Ketua RW Setempat, RT Setempat, Ketua Pengurus Masjid A beserta jajaran panitia peringatan nuzulul quran

Yang kami hormati sesepuh, alim ulama cerdik pandai dan tokoh masyarakat setempat.

Serta bapak ibu saudara saudari tamu undangan yang semoga senantiasa dimuliakan oleh Allah.

Hadirin yang berbahagia.
Puji syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa ta’aala, pencipta alam semesta yang tidak serupa dengan ciptaanNya, yang telah memberikan limpahan rahmat, taufiq, hidayah serta inayah-Nya, sehingga pada malam hari ini kita dapat menghadiri peringatan nuzulul quran di Masjid tercinta ini dalam keadaan sehat walafiat.

Sholawat serta salam marilah kita sanjungkan kepada junjungan kita Baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam yang kita harapkan syafa’atnya di hari akhir nanti, aamiin ya robbal ‘alamin.

Hadirin yang dirahmati Allah,
Ijinkan kami selaku pembawa acara, menyampaikan rangkaian acara Peringatan Nuzulul Qur’an yang akan berlangsung pada malam hari ini.

  • Yang pertama adalah pembukaan
  • Kedua, pembacaan ayat suci Al-quran
  • Ketiga, sambutan
  • Keempat, acara inti pengajian nuzulul quran
  • Kelima, sesi tanya jawab
  • Dan yang terakhir adalah doa penutup.

Demikian Susunan acara yang insyaallah akan kita laksanakan pada kesempatan ini.

Hadirin rahimakumullah
Memasuki acara yang pertama yaitu pembukaan. Marilah kita buka acara pada malam hari ini dengan bacaan bismillah bersama-sama. Bismillahirrahmanirrahim.

Melanjutkan acara yang kedua yaitu pembacaan ayat suci Al-quran surat Al A’raf ayat 204 yang akan disampaikan oleh saudari kita, marilah kita mendengarkan ayat suci al-qur’an dengan tenang sehingga kita mendapatkan rahmat dari Allah Subhanahu wa ta’aala.
Kepadanya dipersilakan.

Maha benar Allah dengan segala firman Nya, semoga dengan bacaan ayat suci Al Quran dapat menambah keimanan di hati kita. aamiin ya robbal ‘alamin.

Acara ketiga yaitu sambutan, yang akan disampaikan oleh Bapak Ketua RW Setempat, kepada bapak kami persilahkan.
Terimakasih atas sambutan yang diberikan.

Hadirin tamu undangan rohimakumullah
Tibalah saatnya akan kita simak Bersama Tausyiah yang akan disampaikan oleh Ustadz kita (sebutkan nama ustad yang mengisi).

Bagi hadirin yang memiliki pertanyaan mengenai pengajian nuzulul quran dipersilakan mencatat kemudian disampaikan di sesi Tanya jawab nantinya.

Dan mohon berkenan ustadz untuk memberikan doa di akhir tausiyahnya.
Langsung saja, kepada Ustadz kami persilakan.

Demikian tadi pengajian yang telah disampaikan oleh Ustadz, semoga apa yang beliau sampaikan dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, dan juga dengan mengkaji peristiwa turunnya Al-Qur’an membuat kita semakin cinta untuk mempelajari dan membaca Al Quran, dengan selalu memperhatikan tajwid yang baik dan benar dalam membacanya, aamiin ya robbal ‘alamin.

Hadirin yang dirahmati Allah
Marilah kita buka sesi tanya-jawab, kepada hadirin yang ingin bertanya seputar nuzulul quran. Kami akan membuka pertanyaan termin 1 dengan 3 pertanyaan kemudian akan dijawab oleh bapak ustadz.

Dipersilakan kepada bapak ibu yang akan bertanya bisa mengangkat tangan kemudian akan kami berikan micropone.

Tidak terasa kita menginjak acara yang terakhir yaitu penutup. Marilah kita tutup acara ini dengan bacaan Hamdalah bersama-sama. Alhamdulillahirabbil ‘alamiin..

Berakhirlah rangkaian acara peringatan nuzulul quran pada malam hari ini, semoga acara yang telah kita laksanakan mendapat catatan pahala dari Allah SWT Amiin yaa robbal alamin. Kepada ustadz disampaikan terimakasih.

Pada akhir acara ini kami selaku pembawa acara dan selurut panitia yang bertugas memohon maaf apabila terdapat tutur kata maupun tindakan yang kurang berkenan.

Wabilahi taufiq walhidayah. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian ulasan terkait contoh teks MC atau Pembawa Acara kegiatan peringatan malam Nuzulul Quran 2023 yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru