21 Desember Tak Boleh Keluar Rumah Karena Solstis, Benarkah?

Hani Hnsa 0 Komentar

Isu kiamat ramai di Tiktok setelah banyaknya video yang menyebutkan bahwa Indonesia akan mengalami sebuah fenomena solstis (solstice).

INDIFFS.COM – Akhir-akhir ini ramai isu mengenai kiamat pada 21 Desember 2022 mendatang. Isu kiamat ini ramai di Tiktok setelah banyaknya video yang menyebutkan bahwa Indonesia akan mengalami sebuah fenomena solstis (solstice).

Pada video viral di TikTok, postingan tersebut menampilkan kalimat yang menyebutkan, “Tidak boleh keluar malam tanggal 21 Desember 2022”. Video ditutup dengan sebuah tangkapan gambar berita yang tidak jelas berasal dari media mana.

Adanya isu mengenai kabar fenomena ini yang bisa sebabkan kiamat lantas membuat sebagian warganet khawatir akan hal tersebut. Apalagi, akhir-akhir ini sering terjadi banyak bencana di dunia. Isu-isu mengenai kiamat juga sering bermunculan sejak 12 Desember 2012 lalu.

Menanggapi deret keriuhan tersebut, Pelaksana Tugas Kepala Pusat Riset Antariksa Emanuel Sungging menjelaskan masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir dengan fenomena solstis.

“Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, setiap tahun juga terjadi. [Fenomena solstis] Buat masyarakat di utara menjadi patokan sudah masuk musim dingin,” kata Emanuel.

Dikutip dari The Franklin Institute, Solstis merupakan fenomena alam ketika posisi Matahari relatif terhadap lintang Bumi. Fenomena ini terjadi dua kali setiap tahunnya (21 Juni dan 21 Desember), ketika Matahari di titik paling utara dan paling selatan. Hal ini menandai awal musim dingin atau awal musim panas. Fenomena ini dinamakan solstis karena para astronom zaman kuno melihat Matahari tampak diam saat momen ini.

Fenomena ini berpengaruh terhadap waktu di Bumi, yakni pada siang dan malam ini yang akan terasa lebih panjang dari biasanya. Di Indonesia, fenomena 21 Desember ini akan berpengaruh terhadap musim hujan.

Dampak Fenomena Solstis

Namun, benarkah tidak boleh keluar pada malam hari saat fenomena Solstis terjadi? Adakah bahayanya untuk Indonesia?

Pada 21 Desember 2022, matahari musim panas di Belahan Bumi Selatan bersinar secara vertikal dan bergerak 23 derajat. Dengan begitu, orang-orang yang berada di bagian Bumi Selatan akan melihat Matahari tepat di atas kepala pada tengah hari. Sementara, matahari di Indonesia akan terlihat seperti gradual. Jadi, fenomena Solstis pada 21 Desember 2022 ini tidak berbahaya untuk Indonesia.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru