25+ Kumpulan Quotes Nasehat Menyambut Bulan Ramadhan 2023

Admin 0 Komentar

Kata- kata Islami & motivasi nasehat dalam menyambut bulan suci Ramadhan, bisa dibagikan dan menjadi pengingat bagi kita keluarga & sekitar.

INDIFFS.COM – Ramadhan segera tiba, hari yang penuh rahmat, magfirah dan pengampunan dari dosa, bulan yang selalu dirindukan para umat muslim seluruh dunia. Hanya di bulan inilah terdapat hari yang lebih baik dari pada seribu bulan. Mungkin beberapa nasehat dalam menyambut bulan Suci Ramadhan bisa menjadi penggiat yang dapat kita bagikan, baik untuk diri sendiri, keluarga maupun sekitar.

Ungkapan kata Islami untuk menyambut bulan Ramadhan merupakan bentuk antusiasme umat islam agar semakin semangat dalam menjalankan ibadah selama satu bulan kedepan.

Quotes Islami Nasehat Menyambut Ramadhan

Oleh karena itu, kita sebagai hamba harus mengucapkan rasa syukur karena telah dipertemukan kembali dengan bulan mulia ini. Berikut ini beberapa quotes islami sebagai nasihat dalam menyambut Ramadhan 2023.

Quotes Nasihat Dalam Hadits

Berikut ini beberapa quotes nasihat yang merupakan arti dari beberapa hadits:

  1. “Jika seorang Muslim keluar dari Ramadhan tanpa mendapatkan pengampunan dan kebaikan, dia benar-benar merugi.” – (Ibnu Hibban dan Al-Tabarani)
  2. “Berpuasalah kamu karena melihat tanggal (hilal) dan berbukalah kamu karena melihat tanggal (hilal). Apabila pandanganmu terhalang oleh awan, maka sempurnakanlah bilangan bulan Sha ban (menjadi 30 hari.” – (HR. Muslim)
  3. “Barang siapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” – (Ibnu Majah)
  4.  “Bulan Ramadhan lebih utama dari bulan-bulan lainnya, dan sepuluh malam terakhir lebih utama dari malam-malam lainnya.” – (Ibnu al-Qayyim)
  5. .”Barang siapa yang salat malam di dalamnya (bulan Ramadhan) karena iman yang tulus dan mengharap pahala dari Allah maka semua dosanya yang telah lalu akan diampuni.” – (Sahih Bukhari)
  6. “Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka seolah-olah dia berpuasa selamanya.” – Sahih Bukhari
  7. “Barang siapa yang berdiri (dalam salat malam sunnah) di Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” – (Shahih Bukhari.)
  8. “Barang siapa berpuasa satu hari karena Allah, Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka selama (jarak yang ditempuh oleh perjalanan) tujuh puluh tahun.” – (Sahih Bukhari)
  9. “Barang siapa yang salat tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai maka baginya dicatat seperti salat semalam suntuk.”  -(HR. At-Tirmidzi)
  10. “Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” – (HR. Ahmad)
  11. “Keberuntungan bagi seseorang yang memperbaiki dirinya sebelum datangnya Ramadhan.” – (Lathaiful Ma’arif, hlm. 138)
  12. “Siapapun yang berpuasa di bulan Ramadan dan kemudian ia berpuasa enam hari saat Syawal, seolah-olah ia berpuasa selamanya,” (HR Muslim).
  13. “Siapapun yang berpuasa selama satu hari demi Allah, maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka dengan jarak tempuh selama tujuh puluh tahun,” (HR Bukhari Muslim).
  14. “Puasa dan Alquran akan menengahi atas nama hamba Allah pada waktu hisab. Puasa akan berkata: “Ya Tuhanku! Saya mencegahnya dari makanan dan nafsu di siang hari, maka terimalah syafaat saya untuknya.” Dan Alquran akan berkata: ‘Ya Tuhanku! Saya mencegahnya tidur di malam hari, jadi terimalah syafaatku untuknya,” Dengan demikian syafaat keduanya akan diterima,” (HR Ahmad).
  15. “Nabi Muhammad SAW berusaha lebih banyak beribadah selama bulan Ramadan dibanding waktu yang lain. Dan dia mengabdikan dirinya kepada Allah lebih banyak ketika sepuluh malam terakhir pada bulan Ramadan dibandingkan pada saat awal bulan,” (HR Muslim).
  16. “Siapapun yang menjalankan puasa selama Ramadan karena keyakinan yang ikhlas dan berharap mendapatkan pahala dari Allah, maka semua dosanya di masa lalu akan diampuni,” (HR Bukhari Muslim).
  17. “Siapapun yang sholat malam (sholat tarawih) pada Ramadan karena iman dan harapan mendapat pahala, maka dosa-dosa yang telah lampau akan diampuni,” (HR Bukhari Muslim).
  18. “Puasa adalah perisai, jadi ketika salah satu dari kalian sedang berpuasa, ia tidak boleh memanjakan mulutnya dengan perkataan kasar atau meninggikan suaranya ketika marah. Jika seseorang menghinanya, biarkan dia berkata: aku sedang berpuasa,” (HR Muslim).
  19. “Setiap tindakan yang dilakukan anak Adam akan dilipatgandakan, tindakan yang baik akan dilipatgandakan pahalanya hingga 700 kali. Allah SWT berfirman: Dengan syarat berpuasa yang dilakukan karena Aku (Allah) maka Aku akan memberinya pahala. Karena mereka meninggalkan keinginannya demi Aku.” Ada dua kebahagiaan bagi orang berpuasa, pertama ketika dia berbuka, dan yang lain ketika dia bertemu Tuhannya, dan bau mulut orang berpuasa lebih baik di hadapan Allah daripada aroma minyak misk,” (HR Bukhari).
  20. “Salat lima waktu dan dari satu sholat Jumat ke Jumat berikutnya, dan dari Ramadan ke Ramadan berikutnya adalah pengampunan dosa yang telah lalu dan menjauhkan dari dosa yang lebih besar,” (HR Bukhari).
  21. “Barang siapa yang membaca hanya satu ‘ayat’ di bulan suci Ramadhan, dia akan diberikan penghargaan seolah-olah dia telah membaca Al-Qur’an penuh di bulan-bulan lainnya.” – (Nabi Muhammad)
  22. “Nabi adalah yang paling dermawan dari semua orang dan dia biasanya menjadi lebih murah hati saat bulan Ramadan ketika Jibril menemuinya. Jibril menemuinya setiap malam selama bulan Ramadan untuk menyimak bacaan Alquran bersama Nabi. Sehingga Rasul Allah itu lebih murah hati daripada angin yang berhembus cepat,” (HR Bukhari).
  23. “Siapapun yang sholat malam pada malam lailatul qadar karena iman dan berharap mendapat pahala, maka dosa-dosa yang telah lalu akan diampuni,” (HR Bukhari).
  24. “Nabi Muhammad SAW melakukan itikaf di dalam masjid selama sepuluh hari pada bulan Ramadan, pada tahun ia meninggal ia beritikaf selama dua puluh hari.” (HR Bukhari).
  25. “Ramadhan adalah bulan yang awalnya adalah rahmat, yang tengahnya adalah ampunan, dan yang ujungnya adalah kebebasan dari api.” – (Nabi Muhammad)

Quotes Nasihat dalam Ayat Suci Al-Qur’an

Kamu juga bisa mencoba kata-kata berikut ini. Quotes nasihat berikut merupakan kutipan daru arti surah dalam ayat Suci Al-Qur’an:

  1. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertakwa.” – Surah Al-Baqarah – 2:183.
  2. “Allah telah menjadikan Lailatul Qadar di bulan ini (Ramadhan), yang lebih baik dari seribu bulan.” – Surah Al-Qadar – 97:1-5.
  3. “Makan dan minumlah sampai jelas bagimu benang putih siang dari benang hitam (malam). Kemudian lengkapi puasanya hingga terbenamnya matahari.” – Surah Al-Baqarah – 2:187.
  4. “Hai orang-orang yang beriman. Puasa diwajibkan kepadamu sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu, agar kamu dapat belajar kesadaran akan Tuhan dan rasa takut yang menahan diri.” – Surah Al-Baqarah – 2:183.
  5. “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”- Surah Al-Baqarah – 2:185.

Demikianlah beberapa quotes mengenai Ramadhan yang bijak dan penuh akan makna mendalam. Semoga dengan kata-kata rasulullah SAW ini, kita semakin menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tak hanya di bulan Ramadhan saja, namun juga selamanya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru