3 Bacaan Sholawat Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Azzahra 0 Komentar

Hari jumat adalah hari raya umat islam dengan beragam keutamaan. Maka, sangat dianjurkan bagi kita untuk memperbanyak sholawat di Hari Jumat

INDIFFS.COM – Dalam Islam, hari Jumat adalah hari raya bagi umat Islam dengan beragam keutamaan di dalamnya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita selaku umat nya untuk memperbanyak sholawat di hari Jumat. Sebab, bersholawat sama dengan bentuk penghormatan dari seorang hamba untuk baginda Nabi Muhammad dengan Berdoa kepada Allah SWT dengan harapan mendapatkan berkah.

Hari Jumat sendiri akan mendatangkan banyak syafaat bagi siapa saja yang memanfaatkannya dengan bauk. Jumat adalah hari terbaik bagi umat Muslim. Tertuang dalam hadis Al Imam Ak Syaf’i dan al-imam Ahmad dari Sa’ad bin Ubadah meriwayatkan:

سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: “Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan Hari Raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya. Selama tidak meminta dosa atau memutus silaturrahim. Hari kiamat, juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.”

Memprbanyak shalawat di hari Jumat memiliki keutamaan tersendiri bagi siapa saja yang membacanya. Keutamaan Shalawat di Raja Hari tertuang dalam hadis yang dijelaskan oleh Baihaqi dalam Sunan al-Kubro berikut ini:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Artinya: “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR Baihaqi dalam Kitab Sunan al-Kubro)

Sholawat Hari Jumat

Bershalwat di hari Jumat akan membuat kita dekat dengan Nabi Muhammad SAW saat kiamat tiba. Memperbanyak juga akan menghasilkan pahala yang berlipat ganda. Untuk itu, berikut ini 3 sholawat yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW:

  • Sholawat Ibrahimiyah 
ا للَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آ لِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إ بْرَاهِيمَ و على آ لِ إ بْر ا هِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَا ر كْتَ عَلَى إبْرَ ا هِيمَ وَعَلَى آل إبرا هيم في ا لعا لَمِينَ إ نَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya: “Ya Allah, limpahkan rahmat-Mu pada Nabi Muhammad serta pada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan rahmat pada Nabi Ibrahim serta pada keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan juga keberkahan untuk Nabi Muhammad serta untuk keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan untuk Nabi Ibrahim serta untuk keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya pada seluruh alam semesta, hanya Engkaulah Yang Maha Terpuji lagi Maha Besar.”

  • Sholawat Nariyah 
اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Artinya: “Ya Allah, limpahkan lah shalawat yang sempurna dan curahkan lah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

  • Sholawat Nurul Anwar
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى نُوْرِ اْلأَنْوَارِ وَسِرِّ الأَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ اْلاَغْيَارِ وَمِفتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ نِالْمُخْتَارِ وَآلِهِ اْلأَطْهَارِ وَاَصْحَابِهِ اْلاَخْيَارِ عَدَدَ نِعَمِ اللهِ وَاِفضَالِهِ

Artinya: “Ya Allah, limpahkan lah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad SAW yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya.”

Nah, itu dia informasi mengenai sholawat di hari Jumat, mari kita manfaatkan hari baik ini dengan memperbanyak sholawat. Semoga kita bisa mendapatkan syafaat dari nya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru