3 Bahaya Menggunakan Lipstik Kadaluwarsa, Jangan Berani Coba!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Jangan coba sesekali menggunakan lipstik kadaluwarsa, tentunya ini sangat bahaya bagi kamu dan akan mempengaruhi kesehatan kulit

INDIFFS.COM – Tak jarang ditemui, banyak perempuan yang tidak sadar lipstik yang ia gunakan telah kedaluwarsa. Hal ini karena ia tidak pernah melihat tanggal expired-nya. Tentunya kebiasaan ini bisa menimbulkan konsekuensi bahaya akibat menggunakan lipstik kadaluwarsa.

Karena memang sama seperti benda-benda lain, lipstik juga memiliki masa kedaluwarsa. Jika tanpa sengaja kamu menggunakan lipstik tersebut, maka terdapat sejumlah hal yang bisa mengancam kesehatan mu terutama pada bibir.

Adapun umur penyimpanan lipstik ini, baik merek lipstik premium atau berkualitas tinggi rata-rata bertahan antara 12 hingga 18 bulan. Untuk itu, perlu memperhatikan masa expired dan hindari penggunaan lipstik yang telah kadaluwarsa.

Bahaya Menggunakan Lipstik Kadaluwarsa

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa akibat yang akan di dapatkan jika menggunakan lipstik yang telah expired:

Rasa Gatal di Sekitar Mulut

Kamu akan merasa gatal di sekitar area mulut, apabila kamu menggunakan lipstik yang telah expired. Hal ini terjadi karena lipstik yang sudah kedaluwarsa bisa menyimpan bakteri dan iritasi yang akan menyebabkan rasa gatal di area mulut.

Selain itu, lipstik juga memiliki kandungan lanolin yang merupakan komposisi kompleks dan bisa secara mudah menyebabkan reaksi alergi seperti kekeringan, gatal, serta rasa sakit.

Menyebabkan Tumor Payudara

Kebiasaan menggunakan lipstik expires ini terlihat sepele, namun bisa berakibat fatal yakni bisa menyebabkan tumor payudara. Bukan tanpa alasan melainkan kandungan pengawet dan senyawa berbahaya dalam lipstik merupakan karsinogen.

Pada saat lipstik ini kedaluwarsa, kandungan ini semakin berbahaya dan bisa menjadi penyebab tumor payudara. Sejumlah hal itu merupakan bahaya yang dapat muncul dari penggunaan lipstik kedaluwarsa.

Menimbulkan Masalah Kesehatan

Kandungan lanolin yang ada dalam lipstik yang telah kadaluwarsa memiliki daya serap yang kuat. Dimana kandungan Lanolin ini mampu menyerap debu, bakteri, virus, dan beberapa ion logam berat di udara dan menyebarkannya ke bibir.

Pada saat seseorang minum dan makan, mereka dapat membawa zat berbahaya ini ke dalam mulut hingga masuk ke dalam tubuh. Tentunya ini akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, pewarna batu bara yang digunakan di semua lipstik adalah karsinogen. Dimana kandungan zat tersebut di dalam lipstik diketahui melebihi kandungan yang diizinkan dalam makanan.

Ciri-Ciri Lipstik Kadaluwarsa

Untuk mencegah penggunaan lipstik yang telah expired, sebaiknya kamu perlu mengetahui beberapa ciri atau tanda pada lipstisk yang telah kadaluwarsa.

Perubahan Warna Pada Lipstik

Ciri lipstik kedaluwarsa yang pertama ialah terjadi perubahan warna. Saat memasuki masa kedaluwarsa, warna lipstik akan berubah warna, entah lebih gelap atau pucat. Hal ini menandakan bahwa lipstik sudah tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, pastikan produk pewarna bibir kamu tidak mengalami perubahan warna.

Muncul Jamur Pada Lipstik

Apabila ditemukan jamur pada lipstik, kamu harus berhati-hati. Ini karena munculnya jamur pada lipstik merupakan tanda bahwa produk telah memasuki masa kedaluwarsa. Tidak hanya pada permukaan lipstik, jamur juga biasa muncul pada tutup atau botol produk. Jika kamu melihat jamur pada produk lipstik Anda, maka segera hentikan pemakaian.

Perubahan Tekstur Pada Lipstik

Ciri Lipstik kadaluwarsa selanjutnya ialah terjadi pada permukaan lipstik. Dimana ketika sudah memasuki tanggal expired lipstik ini berubah tekstur baik itu lebih lunak atau lebih kering. Tak hanya itu lipstik yang expired, akan mudah rapuh, ada tekstur licin seperti berminyak. Tentunya perubahan tekstur tersebut membuat lipstik jadi sulit diaplikasikan pada permukaan kulit.

Mengeluarkan Bau Aneh

Saat memasuki masa expired atau masa kadaluwarsa, lipstik akan menimbulkan bau yang berbeda dari biasanya seperti apek atau tidak sedap. Jika tanda lipstik kedaluwarsa ini terjadi pada produk kamu, maka segera buang dan jangan gunakan lagi.

Demikian beberapa bahaya yang akan di dapatkan apabila menggunakan lipstik yang telah kadaluwarsa. Tentunya bukan mempengaruhi penampilan bibir kamu, tapi ini juga akan berpengaruh pada kesehatan kamu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru