3 Cara Agar Mimpi Bertemu dengan Baginda Rasulullah SAW

Admin 0 Komentar

Terdapat beberapa amalan sekaligus cara yang harus dilakukan seorang mukmin agar bisa mimpi bertemu dengan Baginda Rasulullah.

INDIFFS.COM – Salah satu impian terbesar bagi seorang Muslim ialah dapat menghadirkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam mimpinya. Bahkan, seseorang melakukan beberapa cara agar dapat mimpi bertemu dengan Rasulullah.

Karena memang, seseorang yang bermimpi bertemu dengan Nabi tidak dapat disepelekan, karena mimpinya adalah mimpi yang benar secara syara’.

Mengingat ada salah satu janji yang disebutkan dalam hadist berikut,

مَنْ رَآنِي فِي المَنَامِ فَسَيَرَانِي فِي اليَقَظَةِ، وَلاَ يَتَمَثَّلُ الشَّيْطَانُ بِي

“Barang siapa melihatku di dalam mimpi maka ia akan bertemu denganku dalam keadaan terjaga dan setan tidak dapat menyerupaiku”. (HR al-Bukhari)

Tentunya, setiap muslim yang taat pasti ingin sekali bisa bertemu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meskipun hanya lewat mimpi.

Cara Mimpi Agar Bertemu Dengan Rasulullah

Berhubung saat ini sudah memasuki peringatan Maulid Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, berikut ini ada beberapa amalan sebagai cara agar bisa mimpi bertemu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dikutip dari berbagai sumber:

1. Menurut Imam Al Ghozali dalam Kitab Ihya Ulumuddin

Amalan pertama yang harus dilakukan bagi seorang muslim agar dapat berjumpa dengan Rasulullah dalam mimpi ialah dengan memperbanyak membaca sholawat.

Salah satu sholawat yang sebaiknya dibaca menurut imam Al Ghozali dalam Kitab Ihya Ulumuddin ialah sebagai berikut,

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ

Allahumma sholli’alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummy wa a’laa alihi wa shohbihi wasallim

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.”

Ini sebagaimana dijelaskan dalam riwayat berikut yang artinya,

“Barang siapa yang istiqomah membaca sholawat inni sehari semalam sebanyak lima ratus kali, ia takkan mati sebelum bertemu Rasulullah SAW dalam keadaan terjaga,”

2. Menurut Syekh Abdul Qodir Jaelani dalam Kitabnya Al Ghunyah

Adapun amalan selanjutnya yang bisa di bacakan ialah dengan membacakan sholawat berikut,

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ

Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat-Mu kepada Muhammad, seorang Nabi yang ummi”.

Ini sebagaimana riwayat hadist berikut yang artinya,

Rasulullah bersabda: “Barang siapa sholat pada malam Jumat, dalam setiap rakaat membaca surah Al Fatihah dan ayat kursi satu kali dan lima belas kali kemudian pada akhir sholat bersholawat serbu kali, maka ia akan melihat-Ku dalam mimpi sebelum datang Jumat yang lain,”
Selain itu, “dan barang siapa yang melihatku maka dia akan masuk surga dan diampuni segala dosanya yang telah lewat dan yang akan menyusul,”.

3. Amalan Sebelum Tidur

Amalan selanjutnya yang bisa dilakukan agar dapat bermimpi dengan baginda Rasulullah, ialah sebagaimana dikutip dari kitab Al Mawaid fi Syatta Al Fawaid yaitu:

 من أراد أن يرى النبي صلّى الله عليه وسلّم أو أحد من الموتى أو غير ذلك فليتوضأ وليلبث ثيابه ولينم على يمينه ويقرأ وهو مضطجع والشمس وضحاها والليل إذا يغشى والإخلاص سبعا سبعا ثمّ يقول (اللَّهُمَّ أَرِنِيْ فِى مَنَامِيْ كَذَا وَكَذَا وَاجْعَلْ لِيْ مِنْ أمْرِيْ فَرَجًا وَمَخْرَجًا وَأرِنِي فِي مَنَامِيْ مَا اسْتَدَلَّ بِهِ عَلَى اسْتِجَابَةِ دَعْوَتِيْ) يفعل ذلك سبع ليال متوالية فإن لم ير شيئا فليعلم أنه قد أساء فى أمره. مجرب صحيح. وقد أجازني فى قراءة هذه الفائدة -الحبيب عبد الله بن أبي بكر العطاس والحبيب شيخ بن محمد الحبشي.

“Barang siapa yang ingin bermimpi bertemu Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam atau salah seorang dari orang yang telah meninggal atau selainnya, maka berwudhulah dan pakailah baju lalu tidurlah dengan sisi kanan dan membaca Surat Asy-Syams, al-Lail, dan Al-Ikhlas masing-masing dibaca tujuh kali dalam keadaan tidur miring, lalu membaca doa berikut: “Allahumma arinii fii manami (sebutkan nama orang yang ingin ditemui dalam mimpi) waj’al li min amri farajan wa makhrajan wa arini fi manami ma istadalla bihi ‘ala istijabati da’wati”

Amalan tersebut dilakukan selama tujuh hari berturut-turut. Jika orang yang mengamalkan tidak bermimpi hal yang ia inginkan, maka ketahuilah bahwa ada yang keliru dalam hidupnya.

Demikian beberapa amalan sekaligus cara agar bisa berjumpa dengan Nabi di dalam mimpi. Tentunya, dari amalan di atas masih banyak lagi, dan tak akan habis amalan untuk bertemu dengan baginda Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena para ulama tentu akan menulis sebagaimana pengalaman pribadi masing-masing dan tentu juga dengan cara amalannya yang berbeda-beda.

Semoga kita diberikan anugerah oleh Allah untuk dapat bermimpi bertemu Nabi Muhammad, sebagai wujud ketaatan dan rasa cinta kita kepada beliau. Aamiin yaa Rabbal ‘alamin.

Wallahua’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru