3 Cara Minum Pil KB Untuk Memancing Haid & Cara Alami

Resa Azzahra 0 Komentar

Untuk mempercepat haid salah satu cara minum Pil KB juga bisa untuk memancing haid juga. Agar dapat memahami lebih jelas, simak ulasannya!

Indiffs – Pil KB adalah salah satu alat konstrasepsi yang sering digunakan untuk mencegah kehamilan. selain sebagai alat kontrasepsi. Untuk mempercepat haid salah satu cara minum Pil KB juga bisa untuk memancing haid juga. Agar dapat memahami lebih jelas, simak selengkapnya..

Saat ini ada dua jenis pil KB yang tersedia: pil KB kombinasi dan pil KB progesteron. Pil KB kombinasi mengandung estrogen dan progesteron, sementara pil KB progesteron tidak memiliki kandungan estrogen.

Pil ini memiliki gabungan antara hormon buatan estrogen dan progesteron, yang bekerja dengan merangsang serviks menebal, sehingga mencegah sperma bertemu sel telur. Dengan demikian, proses pembuahan tidak terjadi.

Sedangkan Pil KB progesteron yang disebut juga sebagai ‘pil mini’, yang bekerja dengan menebalkan lendir leher rahim dan menipiskan bagian rahim supaya sel telur tidak bisa menempel.

Minum pil KB kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin diyakini menjadi salah satu cara paling efektif untuk memancing dan mempercepat datangnya haid.

Di bawah ini adalah cara minum pil KB untuk memancing haid haid sesuai dengan varian paketnya. Konsultasikan dengan dokter untuk varian yang tepat sesuai kondisi Anda.

Cara Minum Pil KB untuk Memancing Haid

Hampir sama seperti cara minum pil KB pada umumnya, manfaat dari pil KB untuk memancing haid bisa didapat dengan keteraturan jadwal minum. Ini berarti Bunda sebaiknya tak terlewat minum pil KB setiap harinya.

Bahkan jika perlu agar tak lupa, buatlah alarm pengingat sehingga jadwal minum pil KB bisa dilakukan di jam yang sama.

1. Pil KB Paket 21 Hari

Minum satu pil aktif setiap hari selama 21 hari (tiga minggu) berturut-turut. Perlu diingat, jangan minum pil apa pun setelahnya selama tujuh hari (minggu ke-4).

Setelah itu Anda akan mendapatkan menstruasi selama minggu 3 minggu pertama saat tidak minum pil apa pun. Penting untuk meminum setiap pil dalam kemasan 21 hari karena tidak ada pil pengingat (bebas hormon).

2. Pil KB Paket Pil 28 Hari

Cara minum pil KB untuk memancing haid paket pil 28 hari tidak jauh berbeda dengan paket 21 hari, paket pil KB 28 hari juga memiliki 21 pil KB aktif, sementara 7 lainnya adalah pil tiruan atau plasebo. Cara minum pil KB untuk memancing haid dengan paket pil 28 ini diminum satu kali dalam sehari. Setelah 21 hari, Mom melanjutkannya dengan minum pil tiruan.

3. Pil KB Paket 91 Hari

Beberapa pil KB kombinasi tersedia dalam kemasan atau paket 12 minggu (tiga bulan) berturut-turut yang diikuti dengan satu minggu pil pengingat bebas hormon. Hal ini bertujuan agar Anda hanya mengalami menstruasi setiap tiga bulan sekali. Hormon akan mencegah kehamilan bahkan jika Anda berhubungan seks selama meminum pil pengingat.

Cara Mempercepat Haid Lainnya

Selain mencoba cara minum pil KB. Ada beberapa cara lain yang bisa di terapkan untuk mengatasi telat haid, sebagai berikut :

1. Konsumsi Kunyit dan Jahe

Kunyit mempengaruhi kadar progesteron dan estrogen dalam tubuh, sehingga dipercaya dapat melancarkan siklus haid. Selain kunyit, jahe juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi telat haid. Ini dikarenakan jahe diyakini mampu menginduksi haid sehingga menyebabkan kontraksi di dalam uterus. Anda juga dapat mengkonsumsi keduanya dengan cara dijadikan minuman atau dicampur dengan teh.

2. Konsumsi Nanas

Buah nanas yang memiliki enzim bromelain yang dapat berpengaruh terhadap hormon estrogen dan hormon lain. Tidak hanya itu, bromelain juga membantu mengurangi peradangan. Dengan begitu, nanas bisa membantu mengatasi telat haid yang kaitannya dengan peradangan.

3. Mencukupi Gizi

Dengan mencukupi gizi yang seimbang secara tidak langsung membuat hormon tidak bermasalah. Membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat dapat menjaga produksi hormon agar tidak terganggu.

Sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi jauh lebih baik, haid pun bisa lancar dan lebih cepat. Apalagi cara mempercepat haid selesai ini sangat aman dan mudah dipraktikkan. Air mineral pun penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Mulai hindari merokok, konsumsi minuman beralkohol, minum kopi berlebihan, dan begadang.

4. Konsumsi Wortel

Wortel sangat terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya. Termasuk bisa digunakan sebagai cara mempercepat haid selesai.

Karena adanya vitamin C dan kalsum yang berfungsi untuk membantu hormon yang ada dalam tubuh, sehingga tak mengalami gangguan. Denfan rutin meminum jus wortel dengan sedikit gula maupun tanpa gula bisa dijadikan bahan alami untuk mengatasi masalah haid.

5. Memenuhi Vitamin C

Cara yang terakhir yang perlu diimbangi dengan memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh. Vitamin C termasuk salah satu jenis vitamin yang rasanya lezat. Selain lezat, vitamin C ternyata bisa membantu meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron. Hal ini akan membuat uterus atau rahim berkontraksi. Dinding rahim akan luruh karenanya. Namun, konsumsinya tetap harus diperhatikan. Tidak boleh lebih dari porsi harian vitamin C yang seharusnya dikonsumsi karena bisa membahayakan kesehatan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru