3 Doa Agar Terhindar Dari Siksa Kubur: Arab, Latin Dan Artinya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Bekal yang dapat dibawa ke alam kubur kelak adalah amal ibadah dan bacaan doa agar terhindar dari siksa kubur.

INDIFFS.COM – Siksa kubur atau azab merupakan sesuatu yang pasti dan sebagai umat Islam wajib mempercayai. Salah satu bekal yang dapat dibawa ke alam kubur kelak adalah amal ibadah dan bacaan doa terhindar dari siksa kubur. Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk berlindung dari siksa kubur, bahkan beliau tidak pernah lepas berdoa setelah sholatnya untuk memohon dijauhkan dari siksa kubur tersebut.

Doa Terhindar dari Siksa Kubur

Supaya kita terhindar dari siksa kubur kelak, terdapat beberapa bacaan doa yang dapat kita panjatkan.

1. Doa Selamat Dari Fitnah Kubur

Doa ini lebih sering diucapkan Rasulullah dalam tasyahud akhir menjelang salam, yaitu sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allahumma inni audzubika min ‘adzabi jahannama wa min adzabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamati, wa min syarri fitnatil masihid dajjal.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari siksa jahannam, dari fitnah kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari fitnah al-masikh ad-Dajjal” (HR Muslim dari Anas dan Abu Hurairah)

2. Doa Meminta Ampunan

Berikut ini adalah bacaan doanya:

للَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مِنْ عِنْدِكَ مَغْفِرَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Allahumma inni zhalamtu nafsii zhulman katsiiiran walaa yaghfirudzdzsunuuba illa anta faghfirlii min indika maghfiratan innaka antal ghafuururragiim

Artinya: “Ya Allah, sebenarnya saya sudah menzalimi diriku sendiri dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang dapat memaafkan dosa selainnya Kamu, karena itu ampunilah buatku dari sisi-Mu, sebenarnya Kamu Maha Pemberi ampun kembali Maha Pengasih”

Doa tersebut merupakan doa yang diberikan oleh Rasulullah SAW ke Sayyidina Abu Bakar, pada hadist bukhari no 6839:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سُلَيْمَانَ حَدَّثَنِي ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي عَمْرٌو عَنْ يَزِيدَ عَنْ أَبِي الْخَيْرِ سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرٍو أَنَّ أَبَا بَكْرٍ الصِّدِّيقَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلِّمْنِي دُعَاءً أَدْعُو بِهِ فِي صَلَاتِي قَالَ قُلْ اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مِنْ عِنْدِكَ مَغْفِرَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Artinya:

“Sudah bercerita ke kami Yahya bin Sulaiman sudah bercerita kepadaku Ibn Wahb sudah menyampaikan kabar kepadaku Amru dari Yazid dari Abul Khair dia dengar Abdullah bin Amru jika Abu Bakar Ashshiddiiq radhiallahu’anhu berbicara ke Nabi SAW:

“Wahai Rasulullah, ajarilah saya doa yang saya panjatkan dalam shalatku!” Nabi juga berbicara, “ucapkanlah: Allahumma inni zhalamtu nafsii zhulman katsiiiran walaa yaghfirudzdzsunuuba illa anta faghfirlii min indika maghfiratan innaka antal ghafuururragiim

(Ya Allah, sebenarnya saya sudah menzalimi diriku sendiri dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang dapat memaafkan dosa selainnya Kamu, karena itu ampunilah buatku dari sisi-Mu, sebenarnya Kamu Maha Pemberi ampun kembali Maha Pengasih)

3. Doa Sapu Jagat

Bacaan doa ini terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 201:

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fi duniaa hasanah wa fil aakhirati hasanah waqinaa ‘adzaa bannaar

Artinya: “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”. (QS. Al Baqarah: 201).

Nah itulah beberapa doa yang dapat kita panjatkan agar terhindari dari siksa kubur. Semoga Allah SWT selalu mengabulkan doa-doa kita.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru