3 Doa Agar Tidur Nyenyak: Arab, Latin, Beserta Dengan Artinya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Ada beberapa solusi yang bisa membuat seseorang bisa tidur dengan nyenyak, salah satunya yaitu dengan membaca doa susah tidur. 

INDIFFS.COM – Ada banyak faktor yang membuat seseorang susah tidur. Kelelahan juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh membutuhkan istirahat. Jika terus berlanjut, kondisi kurang tidur ini dapat mengganggu kesehatan. Ada beberapa solusi yang bisa membuat kita bisa tidur dengan nyenyak, salah satunya yaitu dengan membaca doa susah tidur.

Doa Agar Tidur Nyenyak

Terdapat beberapa doa yang bisa kita panjatkan agar tidur dengan nyenyak sebagaimana doa yang diajarkan Rasulullah SAW kepada para sahabatnya.

1. Doa Susah Tidur

Sahabat Rasulullah SAW yakni Khalid bin Walid mengalami susah tidur. Diriwayatkan oleh Muhammad bin Yahya bin Haban, Khalid mengadukan masalahnya pada Rasulullah SAW yang kemudian menganjurkannya membaca doa ini:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

A’udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wa min hamazatis syayatini wa an yahdhurun

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

Riwayat ini sebagaimana dituturkan oleh Abu Thayyib al-Adzim Abadi juga dapat dirujuk di dalam kitab Ibn Sunni.

2. Doa Meminta Dilindungi Dari Kejahatan

Riwayat ini juga berkaitan dengan riwayat Khalid sebelumnya. Namun dengan doa yang berbeda.

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَمَا أَظَلَّتْ وَرَبَّ الأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَّتْ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِّ جَمِيعِ الْجِنِّ وَالإِنْسِ ، وأَنْ يُفْرَطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ أَوْ أَنْ يُؤْذِيَنِي عَزَّ جَارُكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلا إِلَهَ غَيْرُكَ

Allhumma robbis samaa waati wamaa adzhollat wa robbal aroddhiina wa maa aqollat wa robbas sayaa thiini wa maa adhollat kun lii jaaroon min syrrijamii’il jinni waa insii, waan yuf rotho ‘alayya ahadun minhum au an yu’ dziyanii ‘azza jaa ruka wa jalla tsanaauka walaa ilaaha goyruka.

Artinya: “Ya Allah Tuhan langit dan apa yang dinaungi, Tuhan Bumi dan apa yang diangkat, Tuhannya para setan dan apapun yang disesatkan, Jadilah Engkau (wahai Tuhanku) yang berada di sisiku (melindungiku) dari seluruh kejahatan jin dan manusia, dari tindakan berlebih-lebihan mereka atau dari gangguan salah satu dari mereka. perlindungan-Mu sangatlah agung demikian pula juga pujian kepada-Mu, dan tiada Tuhan selain-Mu.”

3. Doa Minta Ditenangkan Tidurnya

Melansir dari NU Online, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW. Menurutnya, ia semalaman tidak bisa tidur. Kemudian Rasulullah SAW mengajarinya doa berikut:

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Allaahumma ghaaratin nujuum wa hada’atil ‘uyuun, wa anta hayyun qayyuumun, laa ta’khudzuhuu sinatun wa laa naum. Yaa hayyu, ya qayyuum, ahdi’ laylii wa anim ‘aynii.

Artinya: “Tuhanku, bintang-bintang telah “tenggelam”, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.”

Zaid pun mengikuti anjuran Rasulullah. “Alhamdulillah, Allah hilangkan kegelisahan yang kuhadapi jelang istirahat di tempat tidur,” kata Zaid. Doa tersebut dicantumkan Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar. Agar bisa tidur nyenyak, kita juga dapat membaca doa di atas.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru