3 Makhluk Mitologi Jepang yang Sering Muncul di Anime

Admin 0 Komentar

Sebagian besar di serial ini dibuat berdasarkan makhluk mitos. Apa saja makhluk mitologi Jepang yang sering muncul di anime?

Indiffs – Sejumlah makhluk mitologi Jepang sering muncul di anime. Mereka bisa menjadi karakter pendamping, antagonis, atau bahkan protagonis serial tersebut. Penggambaran makhluk-makhluk ini juga unik dengan beberapa di antaranya dengan mudah masuk ingatan para penggemar.

Jepang adalah sebuah negara yang kaya budaya dengan segala macam kaitannya, termasuk mitos. Mereka juga sangat menghargai dongeng mitologi ini. Tak heran jika banyak karya sastra dan budaya pop mengangkat cerita mitologi tersebut, anime pun tidak kebal dari ini.

Di anime, banyak cerita yang menampilkan makhluk mitologi ini. Keberadaan mereka dipercaya adanya oleh masyarakat setempat. Salah satu anime yang menampilkan banyak makhluk mitologi Jepang ini adalah Naruto. Sebagian besar Bijuu di serial ini dibuat berdasarkan makhluk mitos ini. Apa saja makhluk mitologi Jepang yang sering muncul di anime? Berikut ulasannya!

Shikigami

Makhluk Mitologi

Shikigami – Zerochan

Makhluk ini adalah makhluk mitos populer Jepang yang kerap muncul di anime. Makhluk ini tidak kasat mata meski bisa dilihat oleh sejumlah orang mereka bisa dilihat semua orang dengan memasukkan mereka ke boneka kertas kecil yang dilipat-lipat. Ada juga shikigami yang memperlihatkan diri mereka dalam bentuk hewan atau burung.

Shikigami kerap ditemui di anime. Di Inuyasha, ada dua shikigami yang memiliki bentuk manusia, yaitu Konchou dan Asuka. Di Spirited Away, shikigami terlihat mengejar dan menyerang Haku. Di Jujutsu Kaisen, Megumi Fushiguro menggunakan energi terkutuknya untuk memanggil shikigami yang berbentuk hewan. Shikigami ini dia pakai sebagai senjata.

Jorogumo

Makhluk Mitologi

Jorogumo – wordpress.com

Menurut legenda, jorogumo adalah jelmaan perempuan setengah laba-laba. Makhluk ini bisa hidup hingga ratusan tahun, haus darah dan bisa menyerang manusia. Dia tinggal di gua atau hutan belantara dan suka menjebak manusia dengan jaringnya hingga korban tak bisa melawan. Jorogumo akan memainkan instrumen musik untuk menarik mangsanya.

Karakter jorogumo yang cukup Pupuler di anime adalah Ohagi dari Dororo. Hyakkimaru bertemu dengan makhluk itu ketika sedang memangsa seorang pria. Setelah Hyakkimaru melukainya dia berubah menjadi wanita dan lari ke desa. Selain Ohagi, Keitu dari Rosario + Vampire dan Black Maria dari One Piece juga termasuk jorogumo.

Tengu

Makhluk Mitologi

Tengu – Suki Desu

Makhluk ini muncul dalam banyak bentuk berbeda. Tapi, biasanya mereka tampil dengan bentuk rata manusia. Hanya, mereka memiliki sayap dengan hidung panjang atau paruh. Wajahnya merah dan terlihat mengerikan, mereka juga sering dianggap makhluk jahat. Namun,n legenda mengatakan mereka sebenarnya adalah penunggu gunung yang akan memberikan petunjuk arah kepada orang yang tersesat.

Di anime, tengu bisa muncul dengan sangat berbeda. Di sejumlah serial, tengu tidak memiliki hidung panjang atau paruh, mereka bahkan tampil menarik. Contohnya adalah Hatotu dan Kakuriyo no Yadneshi. Karakter anime lain yang juga berbasis tengu adalah karakter dari GeGeGe no Kitaro.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru