3 Pemenang Acara Musik Group K-Pop yang Jadi Kontroversi

Hannii 0 Komentar

Acara Musik K-Pop di stasiun televisi nasional jadi salah satu ajang pertarungan para grup yang baru saja merilis single atau album mereka.

IndiffsAcara Musik alias music show K-Pop di stasiun televisi Nasional jadi salah satu ajang pertarungan para grup K-Pop yang baru saja merilis single atau album mereka. Setidaknya ada enam program musik mingguan yang rutin memberikan penghargaan per minggunya kepada para idol dan grup K-Pop. Mereka yaitu The Show di SBS MTV (Selasa), Show Champion di MBC M (Rabu), M Countdown di Mnet (Kamis), Music Bank di KBS2 dan KBS World (Jumat), Show! Music Core di MBC (Sabtu), dan Inkigayo di SBS (Minggu).

Dalam program ini, biasanya ada 2-3 nomine yang bertarung dibabak final. Nilai mereka akan ter-tampang di layar, dengan beberapa kategori sebagai ukuran, seperti penjualan digital, penjualan album fisik, jumlah penayangan di YouTube dan televisi, voting penonton, serta penilaian juri. Nah, berikut ini 3 kasus saat pemenang acara musik mingguan mengundang kontroversi penonton!

Blackpink vs GFRIEND

Acara Musik

Blackpink vs GFRIEND – YouTube

Dalam Show Champion yang tayang pada 22 Juli 2020, GFIEND yang mengusung lagu Apple menang atas Blackpink yang membawakan How You Like That. Saat itu, pesaing lainnya ada Exo-SC (1 Billion Views), Zico (Summer Hate) dan Hwasa MAMAMOO (Maria). Saat itu, kemenangan GFRIEND dipertanyakan karena How You Like That milik Blackpink dinilai lebih populer dibanding Apple.

Blackpink vs EXO-SC

Acara Musik

Blackpink vs EXO-SC – Kpop Chart

Lagi-lagi kasusnya terjadi dalam Music Bank, kali ini saat penayangan pada 24 Juli 2020. Kala itu, BLACKPINK lewat How You Like That didaulat sebagai pemenang setelah bertarung melawan EXO-SC lewat 1 Billion Views. Namun nyatanya, Music Bank salah melakukan penghitungan untuk kategori penyiaran. Kesalahan ini membuat nilai total untuk BLACKPINK lebih besar dibanding EXO-SC, padahal semestinya boy group tersebut yang menang. Karena kesalahan ini, Music bank menyampaikan permohonan maafnya secara resmi.

Kep1er vs Nayeon TWICE

Acara Musik

Kep1er vs Nayeon TWICE – Soompi

Pada penayangan Music Bank edisi 1 Juli 2022, girl group Kep1er mengalahkan Nayeon TWICE yang baru saja merilis album solo nya. Kemenangan ini lantas menimbulkan kecurigaan penonton karena Nayeon dianggap lebih baik dalam penjualan digital dan fisik serta kemunculan di YouTube serta penyiaran di media.

Namun dalam hasil yang terlihat di layar, Nayeon hanya mendapatkan angka satu poin. Netizen pun menduga bahwa Music Bank memanipulasi poin Nayeon untuk kategori penyiaran tersebut.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru