3 Tips Mengelola Keuangan Untuk Hadapi Ancaman Resesi 2023

Hani Hnsa 0 Komentar

Menanggapi resesi 2023, Wayan Nuka Lantara, PhD, memberi tips cara mengelola keuangan pribadi untuk menghadapi ancaman ini.

INDIFFS.COM – Menteri Keuangan, Sri Mulyani, memproyeksikan ekonomi dunia akan mengalami resesi pada 2023. Menanggapi hal itu, pakar perbankan, keuangan, dan investasi dari UGM, I Wayan Nuka Lantara, PhD, memberi tips cara mengelola keuangan pribadi menghadapi ancaman resesi ini.

Jokowi mengatakan, hingga saat ini masih belum bisa dikalkulasikan kekuatan resesi global dan pengaruhnya terhadap situasi ekonomi. Selain itu, beberapa negara termasuk Inggris saat ini juga tengah mengalami krisis di sektor finansial, termasuk krisis mata uang. Indonesia sendiri saat ini juga termasuk negara yang mengalami pelemahan rupiah akibat pengetatan likuiditas global.

Wayan menyampaikan bahwa resesi yang akan terjadi ke depan dikarenakan lonjakan inflasi sebagai dampak dari konflik Rusia-Ukraina. Peningkatan inflasi tersebut diikuti oleh kebijakan pengetatan moneter oleh bank sentral di negara Eropa dan Amerika dengan menaikkan tingkat bunga acuan yang akan berdampak juga pada kebijakan yang diambil bank sentral di negara lainnya.

Cara Kelola Keuangan Untuk Hadapi Resesi 2023

Lantas, bagaimana cara mengelola keuangan pribadi menghadapi ancaman resesi ini? Wayan mengimbau masyarakat untuk tetap tenang sembari melakukan revisi pada rencana keuangan yang sebelumnya sudah dibuat. Menurutnya, upaya penyiapan dana darurat penting dilakukan, namun perlu juga dibarengi upaya pada lainnya.

1. Lakukan Identifikasi Ulang Pada Pos-Pos Pengeluaran

Disaat yang sama sembari mencari celah untuk melakukan penghematan pada pos-pos pengeluaran yang kurang penting atau yang bisa ditunda. Saat disinggung apakah masih aman melakukan investasi di tengah situasi yang serba tak menentu. Wayan menyebutkan bahwa investasi selama ini terbukti menjadi cara yang efektif untuk melawan dampak negatif inflasi.

Namun, pilihan investasi yang cocok untuk mengantisipasi terjadinya krisis ekonomi global adalah menggeser bobot dana investasi kita lebih banyak pada aset investasi yang tergolong aman (safe haven).

Ia mencontohkan jenis investasi yang aman dilakukan antara lain deposito, emas, surat berharga yang diterbitkan oleh negara. Jika ingin melakukan investasi di saham, ia menyarankan sebaiknya investasi pada saham-saham yang bergerak pada sektor industri yang defensif, tetap bisa bertahan meskipun ada krisis.

2. Cari Alternatif Tambahan

Salah satu tips yang dianjurkan Wayan adalah mencari alternatif tambahan penghasilan di luar gaji tetap. Di antaranya seperti memanfaatkan hobi untuk bisnis atau berjualan online.

3. Investasi

Wayan menyebutkan, investasi selama ini terbukti menjadi cara yang efektif untuk melawan dampak negatif inflasi. Caranya, dengan mengarahkan budget investasi kepada instrumen yang tergolong aman.

Itulah tips mengelola keuangan untuk menghadapi resesi 2023 menurut Wayan. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru