4 Cara Ampuh Mengobati Lutut Sakit dengan Alami di Rumah!

Resa Azzahra 0 Komentar

Rasa sakit dilutut memang akan membuat aktivitas kita menjadi terganggu. Untuk itu kamu perlu tau cara mengobati lutut sakit berikut ini!

INDIFFS.COM – Lutut memiliki peran penting dalam mendukung segala aktivitas harian, mulai dari berdiri, jalan hingga lari. Namun, lutut sakit saat menekuk dapat menyebabkan terganggu nya aktivitas. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara untuk mengobati lutut sakit agar aktivitas tetap berjalan dengan lancar.

Sebenarnya ada beragam kondisi yang dapat menyebabkan lutut sakit saat menekuk, dan salah satunya adalah bursitis, yakni peradangan pada bursa yang merupakan kantong berisi cairan pelumas sendi. Hal ini dapat muncul tiba-tiba dan mengganggu semua aktivitas. Namun, umumnya beberapa hal ini dapat menjadi penyebab lutut sakit:

  • Cedera yang menimpa bagian lutut, ligmen, tulang rawan dan tendon, sehingga membuat lutut mengalami ketegangan serta kerusakan yang diakibatkan oleh rasa sakit ketika menekuk maupun bergerak.
  • Bagian MENISKUS robek yang dapat menyebabkan lutut sakit. Maniscus sendiri merupakan lapisan tulang rawan yang memiliki fungsi sebagai pelindung serta stabilitas persendian yang ada pada lutut.
  • Pengapuran sendi bisa menjadi penyebab lutut sakit saat menekuk. Penyakit osteoporosis yang menimbulkan penipisan pada bantalan persendian sehingga lutut akan terasa kaku, sakit dan bengkak.
  • Keseleo atau terkilir di bagian ligmen dapat menyebabkan munculnya rasa sakit pada lutut saat menekuk, hal ini karena ligmen memiliki fungsi sebagai bagian yang dapat menstabilkan lutut yang dapat bergerak bebas.

Cara Mengobati Lutut Sakit

Untuk mengetahui beberapa cara untuk menghilangkan rasa sakit pada lutut, kamu dapat mengetahuinya dengan beberapa cara berikut ini:

1. Kompres Dengan Air Dingin

Mengompres lutut dengan air dingin dapat meredakan rasa sakit pada lutut. Kompres area lutut yang sakit selama 30 menit dan ulangi setiap 1 jam sekali. Cara ini cukup aman untuk mengobati lutut serta meredakan rasa sakit di area sekitarnya. Efek suhu dari air dingin ini dapat mengurangi pembengkakan, peradangan serta rasa nyeri. Lakukan dengan rutin setiap harinya agar mendapatkan hasil terbaik.

2.  Istirahatkan

Hentikan semua aktivitas yang dapat membuat lutut sakit, karena akan terasa sakit ketika menekuk oleh aktivitas tertentu yang melelahkan sendi. Untuk itu, guna mengembalikannya ke kondisi semula, maka mengistirahatkan lutut-mu dan hindari aktivitas berat seperti mengangkat beban berat dan lain halnya. Istirahat-kan dengan cukup untuk menjaga lutut kembali pulih.

3. Tinggi-kan Lutut yang Sakit

Meninggikan lutut yang sakit dapat digunakan untuk mengurangi bengkak pada lutut yang sakit ketika menekuk. Posisikan lutut di atas bantal yang lebih tinggi dari pada dada. Cara ini dapat mengembalikan peregangan sendi agar tidak terasa sakit dan lebih rileks. Untuk hasil lebih maksimal sebaiknya lakukan ini untuk pencegahan setelah menyelesaikan semua aktivitas berat.

4. Pijat Lutut Dengan Ringan

Saat lutut sedang sakit, memberikan sedikit pijatan ringan dapat membantu untuk menurunkan tingkat kesakitan. Kamu dapat melakukannya dengan posisi duduk sembari meluruskan kedua lutut serta kaki. Kepalkan kedua tangan, lalu ketuk perlahan bagian paha bawah, atas dan tengah. Ulangi hal ini sebanyak 10 kali.

Setelah itu, gunakan 4 jari untuk menepuk lutut secara perlahan ke atas dan bawah. Lakukan sebanyak 8 kali ke seluruh bagian lutut. Dan letakkan telapak tangan tepat di bagian atas paha, pijat bagian paha lalu kembali lagi ke paha. Lakukan cara ini perlahan dengan memberikan sedikit tekanan.

Demikianlah beberapa cara untuk mengobati lutut sakit yang dicoba dirumah Semoga dapat membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru