4 Cara Mencegah Osteoporosis Terjadi di Usia Muda!

Admin 1 Komentar

Salah satu komplikasi dari osteoporosis adalah patah tulang, terutama di tulang belakang dan tulang pinggul. Yuk, simak penjelasannya.

Indiffs – Salah satu komplikasi dari osteoporosis adalah patah tulang, terutama di tulang belakang dan tulang pinggul. Patah tulang dapat menyebabkan nyeri, gangguan dalam bergerak, dan penurunan produktivitas.

Selain itu, patah tulang belakang dapat menyebabkan kondisi lain, seperti nyeri punggung. Postur tubuh bungkuk, dan tinggi badan yang berkurang. Untuk mencegah terjadinya osteoporosis, langkah utama yang harus dilakukan adalah menghindari atau mengatasi faktor risiko nya. Lalu, apa ya kira kira yang bisa dilakukan jika tidak ingin mengalami osteoporosis? Yuk, simak penjelasannya.

Perbanyak Asupan kalsium

Kalsium adalah nutrisi yang baik untuk mempertahankan tulang yang sehat dan kuat serta mencegah patah tulang karena osteoporosis. Maka itu, jangan sampai kamu kekurangan kalsium di dalam tubuh. Setidaknya, penuhi kebutuhan kalsium harian kamu.

Jika kamu termasuk ke dalam kelompok usai 18- 50 tahun, tubuh membutuhkan 1000 miligram (mg) kalsium setiap hari. Setelah wanita menginjak usia lebih dari 50 tahun dan pria memasuki usia 70 tahun, kebutuhan kalsium kamu meningkat, yaitu hingga 1200 mgย  setiap hari.

kamu bisa memenuhi kebutuhan kalsium sebagai upaya pencegahan terhadap tulang dengan dengan menkonsumsi makanan kaya kalsium, seperti berbagai produk olahan susu yang rendah lemak, kacang almond, sayuran hijau, dan sebagainya. Kamu juga bisa menkonsumsi suplemen kalsium jika merasa tidak bisa memenuhi kebutuhan kalsium dari makanan. Namun, lebih baik penggunaan suplemen ini di konsultasi kan terlebih dahulu dengan dokter.

Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga – Detikcom

Pencegahan terhadap penyakit tulang ini bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Semakin aktif kamu bergerak dan berolahraga, kepadatan dan kekuatan tulang akan semakin meningkat.

Oleh karena itu, aktivitas fisik selama masa kanak-kanak dan remaja sangat di anjurkan karena menjadi bekal agar tulang tetap kuat di masa depan. Pada usia 30 tahun kepadatan tulang mencapai pundak maksimal nya.

Salah satu cara olahraga terbaik untuk mencegah osteoporosis yaitu dengan melakukan latihan beban (weight bearing) dan latihan ketahanan. Jenis olahraga ini bisa dilakukan untuk pencegahan penyakit tulang untuk anak anak hingga dewasa.

Jaga Berat Badan Sehat

Jaga Berat Badan Sehat – PuncakMedia

Selain dengan makan makanan yang bergizi dan berolahraga, menjaga berat badan juga tak kalah penting untuk menjaga kesehatan tulang. Pasalnya, orang yang berat badannya kurang berisiko osteopenia dan osteoporosis.

Berat badan rendah merupakan faktor utama penyebab turunnya kepadatan tulang dan pengeroposan tulang. Biasanya, hal ini terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopause sebagai efek penurunan hormon estrogen.

Hindari Merokok

Hindari Merokok – klikdokter

Menurut National Osteoporosis Foundation, kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko penyakit tulang. Maka itu, jika kamu seorang perokok, lebih baik berhenti dan praktek-kan gaya hidup sehat untuk tulang, misalnya menkonsumsi makanan penguat tulang.

Jangan sampai kamu menunggu munculnya gejala penyakit ini terlebih dahulu untuk menerapkan hidup sehat dan berhenti merokok. Tentu lebih baik mencegah daripada harus menjalani pengobatan untuk tulang keropos.

Tanggapan

1 Komentar
  • Aksa berkata:

    Good

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Konten Terkait

    Konten Terbaru