4 Contoh Teks Pidato 17 Agustus, Cocok Untuk Acara Sambutan

Hani Hnsa 0 Komentar

Kurang sepekan momen sakral 17 Agustus 2022 segera tiba, berikut contoh teks pidato 17 Agustus untuk memperingati HUT RI ke-77.

Indiffs – Kurang sepekan momen sakral 17 Agustus 2022 segera tiba, biasanya para pemangku jabatan mulai mempersiapkan sambutan singkat. Berikut contoh teks pidato 17 Agustus untuk memperingati HUT RI ke-77.

Contoh teks pidato 17 Agustus untuk memperingati HUT RI Ke-77 ini bisa dijadikan referansi saat memberikan sambutan kepada warga sekolah, kepada khalayak umum maupun para pejabat publik di hajat besar bangsa Indonesia pada 17 Agustus 2022 mendatang. Berikut contoh teks pidato 17 Agustus untuk memperingati HUT RI ke-77 sebagai sambutan pada 17 Agustus 2022 yang bisa kamu pelajari dan praktekkan.

Teks Pidato 17 Agustus

Contoh Pidato 1

Assalamualaikum WR.Wb.

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua. Yang saya hormati Bapak/Ibu kepala sekolah serta Bapak Ibu Guru serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadiran Tuhan yang maha Esa. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato saya yang bertemakan “Hari Kemerdekaan Republik Indonesia”.

Banyak orang mengatakan bahwa rasa kemerdekaan dimaknai berbeda oleh generasi kita. Katanya generasi kita hanya memaknai kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus saja, sebenarnya argumen atau pendapat tersebut kurang tepat.

Karena makna kemerdekaan tidak hanya kita rasakan atau maknai pada hari kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga pada semua hari-hari yang kita lalui bersama di negara kita tercinta ini.

Maka, jangan menganggap dan memaknai bahwa kita merdeka hanya pada tanggal 17 Agustus saja. Karena hal tersebut dapat menjatuhkan semangat kemerdekaan NKRI ini. Oleh karena itu, teman-teman semua marilah kita senantiasa mengingat dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dan yang telah memberikan kemerdekaan untuk kita semua. Jadi kita harus menumbuhkan rasa kemerdekaan itu setiap hari agar kita dapat mempertahankan Negara kita.

Demikian hal yang dapat saya sampaikan pada hari yang berbahagia ini. Semoga di momen Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 ini, bisa menjadi penyemangat untuk kita agar senantiasa menjadi bangsa yang semangat dan pantang menyerah untuk terus berkembang.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato 2

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Bapak kepala sekolah yang saya hormati, Bapak/Ibu guru, staf karyawan sekolah yang saya hormati, dan teman-teman yang saya cintai.

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato pada upacara hari ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia.

Hadirin sekalian, seperti yang kita tahu setiap tanggal 17 Agustus kita memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Marilah kita mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajah. Jasa para pahlawan kita begitu besar dengan rela mengorbankan diri untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai penerus bangsa hendaknya kita dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan kita yang terdahulu dengan semangat juang yang tinggi.

Kita dapat mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal yang positif. Sebagai pelajar kita harus berjuang dengan giat belajar untuk meneruskan perjuangan para pahlawan.

Kita harus memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, berteman tanpa membedakan ras, suku, dan agama serta selalu mencintai negara Indonesia. Satu di antara caranya adalah menggunakan produk-produk asli buatan Indonesia.

Kita sebagai generasi muda berperan sebagai penopang kehidupan bangsa di masa depan, hendaknya dapat terus mempertahankan kemerdekaan bangsa ini.

Jangan sampai kita kembali dijajah oleh negara lain. Kita harus menjadi generasi muda yang mencerminkan kecerdasan bangsa dan membawa perubahan yang baik untuk negara Indonesia tercinta ini.

Dirgahayu Republik Indonesia! Merdeka! Merdeka!

Terima kasih untuk semua perhatiannya, mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang berkenan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato 3

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Bapak/Ibu guru serta para tamu undangan.

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Swt. Tuhan semesta alam yang telah berkenan memberikan kita rahmat-Nya sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara peringatan hari kemerdekaan ini tanpa ada satu halangan apa pun.

Dalam suasana hari kemerdekaan Republik Indonesia ini, saya ingin menggelorakan semangat kemerdekaan yang saya rasa sudah terkikis terlalu banyak di jiwa para pemuda Indonesia.

Kita seluruh warga Indonesia masih ingat betapa hebatnya perjuangan-perjuangan pahlawan kita dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah.

Kita sebagai bangsa yang besar harus dapat menghargai jasa pahlawan-pahlawan. Namun, yang lebih penting lagi pada saat ini ialah mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif. Mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi diri kita, semua orang dan tentunya bagi bangsa Indonesia sendiri.

Marilah kita teruskan semangat para pahlawan kita itu dengan semangat patriotisme dan nasionalisme. Apakah artinya merdeka jika hidup bertambah sengsara dan bukan bertambah sejahtera.

Kita berusaha tetapi Tuhan yang menentukan. Namun, ingat Saudara-saudara, Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang jika manusia sendiri tidak mau berusaha mengubahnya.

Kemerdekaan yang kita peroleh juga merupakan rahmat dari Tuhan. Namun, jangan diharap Tuhan memberikan semua apa yang kita cita-citakan atau kita inginkan jika kita sendiri tidak mau mengusahakan nya.

Sekali lagi, marilah peringatan hari kemerdekaan kali ini kita isi dengan meningkatkan semangat perjuangan yang harus kita wujudkan sebagai semangat patriotisme dan nasionalisme untuk mengisi kemerdekaan ini.

Kiranya, hanya itu yang dapat saya sampaikan, jika ada salah-salah kata saya mohon maaf.

Akhirnya marilah berdoa dan berjuang, Tuhan bersama kita. Merdeka…!!!

Terima kasih dan Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato 4

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan staf karyawan sekolah, Serta teman-teman yang saya bangga-kan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini tanpa ada halangan suatu apa pun untuk mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Hari ini pada tanggal 17 Agustus 2012, kita merayakan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia.

Dengan mengikuti upacara bendera ini untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, saya berharap semoga kita bisa lebih lagi meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada Tanah Air.

Generasi muda saat ini memiliki peranan penting demi kemajuan negara kita di masa yang akan datang. Kita harus bisa saling memberi motivasi dan membangkitkan semangat para generasi muda untuk melakukan perubahan bangsa agar rakyatnya makin sejahtera.

Generasi muda Indonesia saat ini memiliki tugas yang penting untuk memajukan bangsa dalam segala bidang.

Marilah kita menjadi pemuda Indonesia yang memiliki semangat juang yang tinggi dan selalu bersikap optimistis untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Hal tersebut dapat diwujudkan dengan belajar yang rajin, mengikuti olimpiade-olimpiade untuk mengharumkan nama Indonesia.

Percayalah bahwa kita sebagai generasi muda dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk negara Indonesia tercinta. Semangat berjuang, semangat belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Merdeka! Merdeka!

Wasalammu’alaikum Wr. Wb.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru