4 Doa Hari Jumat Lengkap Dengan Arab, Latin, Dan Artinya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Jumat merupakan hari yang istimewa, namun terdapat doa juga yang dilakukan Rasulullah dan diajarkan oleh para Ulama.

INDIFFS.COM – Jumat merupakan hari yang istimewa serta dikenal dengan sebutan sayyidul ayyam. Pada hari dan malam Jumat, banyak amalan-amalan yang dianjurkan bagi umat Muslim. Salah satunya dengan memanjatkan doa di hari Jumat. Menurut riwayat, Nabi Muhammad SAW selalu membaca doa khusus di hari yang mulia dan penuh keutamaan ini. Selain itu, para ulama juga mengajarkan doa-doa yang dapat kita amalkan pada hari Jumat.

Doa Hari Jumat

Berikut ini terdapat doa-doa spesial hari Jumat yang dilakukan Rasulullah dan diajarkan oleh para Ulama:

1. Doa Pagi Hari Jumat

Salah satu doa yang dapat dibaca pada pagi hari Jumat adalah sebagai berikut:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahalladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu, wa atuubu ilaihi.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya.”

Para ulama menganjurkan membaca doa tersebut sebanyak tiga kali. Ini merupakan amalan yang tidak berat, namun memiliki keutamaan yang luar biasa sebagai riwayat hadist berikut ini:

وروينا في كتاب ابن السني، عن أنس رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال من قال صبيحة يوم الجمعة قبل صلاة الغداة : أستغفر الله الذي لا إله إلا هو الحي القيوم وأتوب إليه ثلاث مرات غفر الله ذنوبه ولو كانت مثل زبد البحر

Artinya: Diriwayatkan kepada kami dari Ibnu Sinni dari Anas ra, dari Nabi Muhammad saw bahwa ia bersabda, “Siapa saja yang berdoa di pagi hari Jumat sebelum shalat pagi dengan ‘Astaghfirullaahalladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu, wa atuubu ilaihi‘ sebanyak tiga kali, niscaya Allah mengampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan” ( Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 71).

2. Doa Keberkahan Untuk Sesama

Berikut ini bacaan doa agar diberi keberkahan hari Jumat untuk sesama:

أدام الله لكم بركة الجمعة دهوراً، وألبسكم من تقواه نوراً، جمعة مباركة

Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.

Artinya: “Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.”

3. Doa agar Dicukupkan Rezeki

Adapun bacaan doa Jumat berkah agar selalu dicukupkan rezeki, berikut ini bacaannya:

اللهم عليك توكلت فارزقني واكفني، وبك لذت فنجني مما يؤذيني، أنت حسبي ونعم الوكيل، اللهم رضني بقضائك، وقنعني بعطائك، واجعلني من أوليائك

Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj’alni min awliyaika.

Artinya: “Ya Allah SWT, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu.”

4. Doa agar Dikabulkan Keinginan

Berikut ini bacaan doanya:

يا رب في يوم الجمعة وعدت عبادك بقبول دعواتهم، سأدعو لقلب قريب من قلبي: اللهم ارزقه ما يريد وارزق قلبه ما يريد واجعله لك كما تريد، اللهم قدر له ذلك قبل أن تأذن شمس الجمعة بالمغيب

Ya Rabbi fi Yaumil Jumat wa ‘adta Ibadaka bi qabuli da’wahum, sa ad’u liqalbin qaribin min qalbi: Allahummarzuqhu ma yuridu warzuq qalbahu ma yuridu, waj’alhu laka kama turidu, Allahumma qaddirlalhu dzalik, qabla an tu’dzina syamsul Jumat bil maghib.

Artinya: “Ya Allah SWT, pada hari Jumat ini, kau berjanji pada hamba-hambaMu untuk menerima doa mereka, aku akan berdoa dari hati yang terdalam. Ya Allah SWT, berikanlah apa yang kuinginkan, dan berkatilah hatiku dengan apa yang kuinginkan. Dan jadikan diriku ini milik-Mu seperti yang dirimu inginkan, sebelum matahari hari Jumat tenggelam.”

Demikian doa hari Jumat yang dapat kita amalkan sebagai umat Muslim. Semoga kita semua termasuk orang yang mendapatkan rahmat dan ampunan Allah SWT berkat kemuliaan hari Jumat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru