4 Doa Nabi Sulaiman Dalam Sehari-hari, Doa Ke-2 Banyak Dicari

Admin 0 Komentar

Doa Nabi Sulaiman bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Simak kumpulan doa Nabi Sulaiman yang bisa kamu amalkan dan rasakan manfaatnya.

Indiffs– Nabi Sulaiman, beliau merupakan nabi yang cerdas, kaya raya, saleh dan berkuasa. Beliau di berikan mujizat dari Allah untuk dapat berbicara dengan jin serta hewan. Walaupun mempunyai banyak karunia, hal ini tak membuat Nabi Sulaiman berhenti berdoa kepada Allah SWT. Doa yang dilafalkan oleh Nabi Sulaiman pun tercantum dalam Al-Qur’an.

Berbicara dengan hewan hingga memimpin pasukan jin dan burung hud-hud yang diceritakan dalam surah An-Naml ayat 17,

وَحُشِرَ لِسُلَيْمَٰنَ جُنُودُهُۥ مِنَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ وَٱلطَّيْرِ فَهُمْ يُوزَعُونَ

Artinya: “Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan).”

Doa Nabi Sulaiman dapat diamalkan setiap Muslim yang ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana diketahui, para nabiyullah memiliki kisah dan mukjizat yang berbeda-beda satu sama lainnya.

Nabi Sulaiman AS merupakan salah satu nabi yang memiliki mukjizat luar biasa. Selama masa hidupnya, ia mengajarkan banyak doa yang bisa kita panjatkan dalam keseharian.

Doa Nabi Sulaiman

Penasaran doa-doa apa saja? Ini dia kumpulan doa nabi Sulaiman AS. yang telah dirangkum untukmu.

1. Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Hewan dan Jin

Nabi Sulaiman AS yang diberikan mukjizat yang sangat unik, yakni bisa berbicara dengan hewan serta jin. Beliau juga memiliki pasukan tentara khusus yang terdiri dari hewan dan jin untuk berperang. 

Kemampuan untuk menundukkan hewan buas serta jin ini merupakan mukjizat dari Allah SWT. Dan beliau tak pernah lupa untuk selalu memohon kepadanya agar mendapatkan jalan dalam menundukkan hewan dan jin. 

Berikut doa yang beliau panjatkan dalam Qs. An Naml ayat 30-31:

إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ أَلَّا تَعْلُوا۟ عَلَىَّ وَأْتُونِى مُسْلِمِينَ

Innahu min sulaimaana wa innahu bismillaahir-raḥmaanir-raḥiim. Allaa ta’lu ‘alayya wa`tunii muslimiin.

Artinya: “Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya isinya: ‘Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadap ku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri,” (Qs. An Naml:30-31).

2. Doa Nabi Sulaiman Untuk Kekayaan

Di dalam Al- Quran sudah di jelaskan, bahwa beliau pernah meminta 3 permohonan pada Allah SWT, dan salah satunya adalah meminta agar tidak ada seorang pun sesudahnya yang memiliki kerajaan seperti dirinya. Doa meminta kekayaan ini bisa di panjatkan pada QS. An-Najm ayat 48 berikut dan baca sebanyak 313 kali setiap hari:

  • Surat An-Najm Ayat 48, baca sebanyak 313 kali.
 وَاَنَّهٗ هُوَ اَغْنٰى وَاَقْنٰى ۙ

Waannahٗ hu aaghna waaqna ۙ

Artinya: “Dan sesungguhnya Dia yang memberikan kekayaan dan kecukupan.”

  • Doa Agar Rezeki Dilancarkan
رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ 

Rabi aghfir li wahab li mulkan laa yanۢbaghi liaahad minۢ baediۚ ainak aant alwahaab

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

3. Doa Mensyukuri Nikmat Allah

Nabi Sulaiman menyadari, semua kenikmatan yang dirasakan nya berasal dari kasih sayang Allah kepadanya, sehingga akan menjadi sombong bila manusia tidak bersyukur kepada Allah SWT atas semua nikmat dalam hidupnya.

Beliau selalu memanjatkan doa dalam QS. An-Naml ayat 15 sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah, yang berbunyi:

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ وَسُلَيْمَٰنَ عِلْمًا ۖ وَقَالَا ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّنْ عِبَادِهِ ٱلْمُؤْمِنِينَ

Walaqad ‘atayna dawuۥd wasulayman eilman waqala ٱlhamd lillah ٱlladhia faddalana ealaa kathir mmin eibadih ٱlmuminin

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman”. (Qs. An Naml: 15).

4. Doa Diberi Kemudahan Dalam Urusan

Nabi Sulaiman AS tidak pernah lupa mengucap basmallah dalam setiap perbuatannya, termasuk saat menjalankan strategi politik. Berikut adalah doa yang dibaca beliau dalam surat An Naml ayat 30:

اِنَّهٗ مِنۡ سُلَيۡمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِۙ

Innahuu min Sulaimaana wa innahuu bismil laahir Rahmaanir Rahiim

Artinya: “Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,”

Dan itulah kumpulan doa Nabi Sulaiman yang dapat diamalkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru