4 Doa Sebelum Melaksanakan Sholat: Lengkap Arab, Latin & Artinya

Azzahra 0 Komentar

Bacaan doa yang dapat dipanjatkan sebelum sholat agar mendapatkan kekhusyuan. Berikut ini bacaan lengkap latin beserta artinya, yuk amalkan!

INDIFFS.COM – Sholat sendiri merupakan tiang agama. Umat Islam wajib untuk melaksanakan sholat 5 waktu. Sholat juga memiliki syarat dan rukun yang perlu dipenuhi agar sholat sah. Selain itu, ada juga bacaan doa yang dapat dipanjatkan sebelum sholat agar mendapatkan kekhusyuan.

Hal ini bertujuan untuk menghormati Allah SAW sebagai pencipta alam semesta. Maka, umat islam dianjurkan untuk membacakan do’a sebelum shalat agar terhindar dari godaan syaiton serta gangguan.

Bacaan Doa sebelum sholat

Sebelum mendirikan shalat, ada baiknya kita membaca doa perlindungan balatentaranya selalu menggoda orang yang shalat dengan cara membisikkan, mengingatkan hal yang terlintas dan membuat angan-angan.

Sebagai bentuk usaha atau ikhtiar agar sholat menjadi khusyuk, umat Muslim senantiasa dianjurkan untuk membaca doa sebelum mengerjakan sholat, agar terhindar dari godaan syaitan. Berikut doa agar sholat khusyuk.

Doa Sebelum Shalat

اللَّهُمَّ آتِنِي أَفْضَلَ مَا تُؤْتِي عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ إِنِّي نَوَيْتُ بِذَلِكَ الْعِلْمَ وَالْمَعْرِفَةَ وَالْيَقِيْنَ

Allahumma atini afdlala ma tu’ti ‘ibadakash shalihin. Inni nawaitu bidzalikal ‘ilma wal ma’rifata wal yaqina.

Artinya: ” Ya Allah, berilah aku seutama apa yang Engkau berikan pada hamba-hamba-Mu yang shaleh. Sesungguhnya aku berniat dengan itu pada ilmu, pengetahun dan keyakinan.”


Dari Kumpulan Doa Sehari-hari Kemenag (2013)

رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ

Rabbi a’uudzibika min hamazaatisy syayaathiini wa a’uudzubika rabbi an yahdhuruun.

Artinya: “Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku.”


Dari (HR. Ahmad)

للَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعْ وَمِنْ وَقَلْبٍ لا يَخْشَعْ وَمِنْ عَمَلٍ لَا يُرْفَعْ وَمِنْ نَفْسٍ لَاتَشْبَعْ وَمِنْ دُعَاءٍ لَايُسْتَجَبُ لَه

Allahumma Inni a’udzubika min ilmin la yanfa’ wa min qalbin la yakhsya’ wa min amalin la yurfa’ wa min nafsin la tasyba’, wa min du’ain la yustajabu lahu.

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepadamu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, amal yang tidak terangkat, nafsu yang tidak pernah puas dan doa yang tidak didengar.” (HR. Ahmad)


Dalam Jitab Al Mu’jam yang ditulis oleh Ibnu Al Muqri

بِسْمِ اللهِ مُوَجّهَا لِبَيْتِ اللهِ مُؤَدِّيَا لِفَرْضِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Bismillahi muwajjihan li baitillahi muaddiyan li fardlillahi ‘azza wa jalla.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, dengan menghadap ke Baitullah dan menunaikan kewajiban kepada Allah ‘Azza wa Jalla.”


Demikianlah informasi mengenai doa sebelum melaksanakan Shalat agar tetap khusyu. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru