4 Fakta Tentang Lautan Yang Sudah Dijelaskan Dalam Al Quran

Wiwin Indriani 0 Komentar

Terdapat fakta lautan yang ternyata sudah dijelaskan di dalam Al Quran. Berikut ini fakta lautan yang terdapat dalam Al Quran.

INDIFFS.COM – Para ahli sudah melakukan serangkaian penelitian dan sukses mengungkapkan beberapa fakta unik yang menakjubkan mengenai lautan, meski belum seluruhnya terungkap. Ternyata, fakta-fakta tersebut telah disebutkan dalam Al Quran. Salah satu keajaiban yang dimiliki oleh Al Quran adalah terpelihara keaslian nya dan tidak berubah sedikitpun sejak pertama kali diturunkan. Apa saja fakta lautan yang terdapat dalam Al Quran? simak di bawah ini.

Fakta Tentang Lautan yang Dijelaskan dalam Al Quran

Allah SWT menciptakan laut dengan segala macam keindahannya di dalamnya. Hal tersebut tentu sudah di jelaskan dalam Al Quran. Berikut ini fakta tentang lautan yang sudah dijelaskan dalam Al Quran:

  • Kegelapan di Dasar Lautan

Kegelapan Di Dasar Lautan

Kegelapan Di Dasar Lautan – ISLAM KAFAH

Pada kedalaman laut 1000 meter, cahaya sudah tak ada lagi. Tidak hanya gelap, kondisi ini juga disertai dengan adanya gelombang di dasar lautan. Sekitar tahun 1900 M, para peneliti mengungkapkan adanya kegelapan dan gelombang di dasar laut.

Dalam Al-Qur’an hal ini telah diterangkan lebih dulu lewat surah An-Nur ayat 40 yang berbunyi,

اَوْ كَظُلُمٰتٍ فِيْ بَحْرٍ لُّجِّيٍّ يَّغْشٰىهُ مَوْجٌ مِّنْ فَوْقِهٖ مَوْجٌ مِّنْ فَوْقِهٖ سَحَابٌۗ ظُلُمٰتٌۢ بَعْضُهَا فَوْقَ بَعْضٍۗ اِذَآ اَخْرَجَ يَدَهٗ لَمْ يَكَدْ يَرٰىهَاۗ وَمَنْ لَّمْ يَجْعَلِ اللّٰهُ لَهٗ نُوْرًا فَمَا لَهٗ مِنْ نُّوْرٍ ࣖ

Artinya: “Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barang siapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikit pun.”

  • Api di Dasar Laut

Api Di Dasar Laut

Api Di Dasar Laut – sumsel.tribunnews.com

Fenomena api yang berada di dasar lautan ini pertama kali ditemukan ketika terjadi Perang Dunia II. Ketika itu, banyak ahli yang meneliti dan menjelajahi samudera maupun lautan untuk mencari bahan-bahan mineral. Mereka kemudian menemukan fakta mengejutkan yang mana ada banyak gunung api di dasar laut. Fenomena ini sudah lebih dulu dikatakan dalam Al Quran surat Ath Thur ayat 1-6 berikut,

وَالطُّوْرِۙ . وَكِتٰبٍ مَّسْطُوْرٍۙ . فِيْ رَقٍّ مَّنْشُوْرٍۙ . وَّالْبَيْتِ الْمَعْمُوْرِ. وَالسَّقْفِ الْمَرْفُوْعِۙ . وَالْبَحْرِ الْمَسْجُوْرِۙ

Artinya: “Demi gunung (Sinai), dan demi Kitab yang ditulis, pada lembaran yang terbuka, demi Baitulma’mur (Ka’bah), demi atap yang ditinggikan (langit), demi lautan yang penuh gelombang yang didalm tanahnya terdapat api.”

  • Terdapat Sungai di Dasar Laut

Sungai Dalam Laut

Sungai Dalam Laut – An Adventurous World

Salah satu sungai dalam lautan yang terkenal ialah Cenote Angelita yang ada di Meksiko. Dalam Al-Qur’an sendiri dijelaskan dalam surah Al-Furqan ayat 53 yang artinya:

 وَهُوَ الَّذِيْ مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ هٰذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ وَّهٰذَا مِلْحٌ اُجَاجٌۚ وَجَعَلَ بَيْنَهُمَا بَرْزَخًا وَّحِجْرًا مَّحْجُوْرًا

Artinya: ”Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.”

  • Dua Laut yang Bertemu Tapi Airnya tidak Menyatu

Dua Laut yang Bertemu Tapi Airnya tidak Menyatu

Selat Gibraltar – Tribunnews.com

Fenomena dua laut yang bertemu namun airnya tidak menyatu terjadi di Selat Gibraltar. Hal ini dijelaskan dalam Al Quran surat Ar Rahman ayat 19-20 berikut ayatnya,

مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ يَلْتَقِيٰنِۙ . بيْنَهُمَا بَرْزَخٌ لَّا يَبْغِيٰنِۚ

Artinya: “Dia membiarkan dua laut mengalir yang (kemudian) keduanya bertemu, di antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing.”

Nah, itulah fakta tentang lautan yang sudah dijelaskan di dalam Al Quran dan nyata adanya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru