4 Penyebab Set Top Box Meledak, Nomor 1 Sering Dilakukan

Resa Azzahra 0 Komentar

Sebelum terjadi sesuatu, sebaiknya ketahui beberapa penyebab set top box atau STB meledak. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai pencegahan.

INDIFFS.COM – Penyebab set top box atau STB meledak ini perlu diperhatikan. Pasalnya tengah viral dugaan STB meledak di media sosial, katanya STB terus menerus digunakan sehingga overheat dan menciptakan percikan api.

Ada juga yang mengira, bahwa penyebabnya dapat dibagi dua. Yakni dari faktor eksternal di luar perangkat, seperti installiasi listrik dengan grounding kurang baik atau masalah internal perangkat itu sendiri. Sebab hal tersebut, dapat mempengaruhi perangkat listrik yang ada dirumah ketika tegangan naik melebihi batas.

Penyebab yang sering diabaikan adalah kurang nya perhatian pada hal-hal kecil. Hal tersebut berpengaruh pada kualitas dari Set Top Box, yang sedang dipakai padahal pengaruhnya sangat besar.

Penyebab Set Top Box Meledak (STB)

Berikut ini ada beberapa alasan serta penyebab Set Top Box cepat rusak, berikut diantaranya:

1. Tidak Dimatikan Saat Listrik Padam

Penyebab yang satu ini sering diabaikan, padahal keadaan tersebut bisa membuat berbagai macam barang elektronik yang menempel pada stop kontak menjadi korsleting. STB konslet tidak akan menampilkan gambar, menangkap sinyal satelit bahkan bisa sampai meledak.

Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut dan cabut ketika keadaan padam listri, sehingga STB awet digunakan dalam jangka waktu lama.

2. Dekat dengan Perangkat Elektronik

Perangkat elektronik yang dapat menghantarkan panas, sebaiknya hindari dari STB. Sebab, dapat mengganggu frekuensi sinyal dan membuat STB cepat panas. Hal ini juga membuat STB tidak awet dan cepat rusak pemakaiannya. Sebagai pencegahan, hindari penyimpanan barang elektronik seperti telpon genggam atau menyimpannya dia atas kulkas.

3. Menyalakan TV Saat STB OFF

Jika ingin keadaan STB dan tv baik-baik saja, hindari pengguna TV Digal pada saat STB off, dikarenakan bisa menyebabkan kerusakan bagian dalam STB hingga menyebabkan panas yang berpengagruh pada perangkat. Sehingga tidak dapat menyebabkan kerusakan lebih fatal pada perangkat Tv Digital. Penyebab yang lainnya, yakni tak memperhatikan kepersihan STB yang akhurnya dibiarkan kotor karena debu yang bersarang.

4. Kualitas Set Top Box

STB memiliki harga yang beragam, mulai dari harga Rp150.000 sampai Rp500.000 yang tentunya memiliki kualitas yang berbeda. Diharapkan juga untuk lebih berhati-hati dalam menggunakannya, karena STB abal-abal dapat membuat tv meledak ketika kelamaan menonton.

Itulah mungkin beberapa penyebab Set Top Box atau STB meledak ketika digunakan. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru